Mie Godog Jawa

Mie Godog Jawa
Mie rebus dengan ayam, bakso, sayur, ditumis bersama aneka aneka bumbu...

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi...

Postingnya kemaleman, ceritanya hari ini pagi-pagi udah jalan-jalan di seputar Bandung.. iya kita memang agak unik, kalo hari kerja jalan-jalan, kalo wikend, diem aja di rumah... Soalnya Bandung kalo wikend, macetnya menggila akibat diinvasi turis-turis domestik. Bandung masa kini memang sudah Heurin ku tangtung... Makanya yang tinggal di Bandung harus ngalah, nyari kesenangan di hari yang lain. Dan saya beruntung karena jam kerja Daddy yang relatif flexible karena pengangguran homeworker jadi di hari apapun tak ada bedanya. Tapi bagaimana pun ya... dibikin asyik aja... jalanan gak berasa macet, tidak begitu sulit nyari parkiran, mau makan di kafe atau di manapun asal bukan jam makan siang, pasti pada lowong, nggak perlu nunggu lama. Kalo ke supermarket gak perlu nguler, kalo mau ke tempat rekreasi nggak crowded, ya asyik aja gitu... Nah karena acara jalan-jalan itu, makanya hari ini cuma bikin mie godog aja buat sore nya. Terus kenapa ini namanya mie godog jawa? emh... kalo itu saya juga kurang tau, mungkin karena mie ini memang populernya di Jawa. 

Belakangan banyak banget temen-temen foodblogger yang posting mi godog ini, saya aja yang belum heheh... padahal bikinnya sih lumayan sering, meski tiap kali bikin, komposisinya tidak selalu sama, pasti ada aja bedanya, disesuaikan dengan ketersediaan bahan yang ada di rumah. Kadang pakai ayam, kadang pake bakso kadang pake sawi atau kol, dan kali ini pake jamur tiram buat sayurannya. Tetap enak dan gurih.

Kalo diliat-liat dari penampakannya ini namanya mie godog kurang air heheh... Jadi memang airnya tidak begitu banyak, udah gitu gak dimasukin semua, jadi kesannya agak kering gitu...tentu kalo temen-temen suka yang lebih berkuah, silahkan tambah airnya. O yah satu resep di bawah ini buat satu setengah porsi ya.. seporsinya buat saya, setengahnya buat Kirei, makanya porsinya mini sekali... dan karena dijepretnya udah sore dengan cuaca yang mendung menggulita, jadi tema potonya, mari kita gelap-gelapan... [tetap pede meski dijepret dengan kualitas lensa kit yang pas-pasan heheh...]



Mie Godog Jawa


Mie Godog Jawa


MIE GODOG JAWA


  Mie Godog Jawa








60 gr mie kering, rebus setengah matang, tiriskan
2 lembar daun sawi putih
3 buah jamur tiram, suwir-suwir
1 buah paha ayam atas, rebus, suwir-suwir, sisihkan airnya
5 buah bakso, kerat-kerat, rebus sebentar
1 tangkai daun bawang iris halus
1/4 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt garam
1 sdm kecap
1 sdt kecap asin
1 sdm saus sambal
2 btr bawang merah, iris
Cabe rawit tambahkan sesuai selera
1/4 sdt merica
1 btr telur
1/2 buah tomat, potong-potong
150  ml air rebusan ayam [tambahkan jika terlalu kering]
Minyak untuk menumis




Bumbu yang dihaluskan
2 buah bawang putih
2 btr kemiri
1/2 ruas jari jahe
1 buah cabe kriting






Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang merah hingga harum. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, masak hingga harum kemudian sisihkan di pinggir wajan, lalu masukan telur, kemudian diorak arik hingga matang. Masukan tomat, cabe rawit, jamur, sawi, daun bawang dan ayam suwir, masak hingga layu. Masukan air, garam, merica, kecap manis, kecap asin, saus sambal, kaldu bubuk, aduk. Terakhir tambahkan bakso yang sudah direbus dan mie, cicipi kuahnya. Paskan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat. Sajikan selagi panas.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. Pertm kali lihat sempt bingung..mi godog kok mi goreng gini bentuknya hehe...eh ternyata hehe.....pas nih lg hujan mbk

    BalasHapus
  2. Mb, kalo di Jawa, mie godog yg kuahnya dikit itu namanya mie nyemek, jadi bukan goreng tp bukan godog jg, hihihi...pokoknya enaklah. Tks sharing resepnya. Fotonya cakep mesti mendung gelap gulita ya, mb?
    -ida-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak Ida...
      oo berarti ini slah judul ya hahahahha...
      bsering denegr juga mie nyemek tapi baru tau kalo maksudnya nyemek itu karena kurang kuah hihi..
      makasih ya mbak...:)

      iya lagi hujan di luar, ini dipoto di dalam, jadinya ngeri begini heheh

      Hapus
  3. malem2 liat kaya ginian jadi lapeeerrrr.....mantap bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak isna hihihi...
      rajin banget atuh meni ol malem2.... :D

      Hapus
  4. Ceu.... itu pake cabe kriting yah....?


    Nie mau nanya...
    Kritingnya kriting gantung atau kriting ikal ya...?
    Mohon pencerahannya ya ceu...

    Hatur nuhun lah,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. emh... jiga na mah galing gantar ceu..:D
      *apal teu gantar? hehehhe

      Hapus
    2. Maaaaju tak gantaaaarrr membela yg benarrr....

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^