Kukis Sagu Kelapa

Kukis Sagu Kelapa
Kukis dengan bahan utamanya  terbuat dari tepung sagu dan kelapa parut sangrai... 

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...

Kukis sagu kelapa ini saya buat kemarin. Cuma buat memanfaatkan kelapa parut yang tidak sempat saya olah. Kelapanya disangrai sebentar hingga kering, sebelum digunakan untuk campuran kukis ini. Kalo temen-temen gak mau repot, silahkan gunakan kelapa kering siap pakai saja. Kukis ini rasanya gak begitu manis, dan karena pakai santan juga jadinya gurih banget. Teksturnya renyah tapi lumer di mulut. Kalo dibandingkan dengan sagu kejunya NCC, maka tekstur kukis ini lebih kokoh, tidak serapuh sagu keju. Tapi soal rasa, sama-sama enak...

Di kampung saya di Sukabumi, ada kue kering yang mirip sekali dengan kukis sagu ini. Tapi bahan utamanya terbuat dari tepung tapioka. Pemakaian tepung tapioka itu, membuat teksturnya lebih keras, gak lumer seperti yang terbuat dari tepung sagu. Tapi kalo aroma dan rasanya mirip banget, hanya saja lebih manis. Jadi kalo temen-temen penyuka kukis manis, silahkan tambahkan sedikit gula nya aja ya...

Sebenarnya bentuk kukis ini melingkar dan bergaris-garis. Tapi setelah saya coba memakai spuit, awalnya terbentuk garis-garis yang bagus. Tapi setelah 5 atau 7 kali semprotan, kelapanya nempel-nempel di bagian yang begeriginya, menyumbat gitu, jadinya pas disemprot, hasilnya gak lagi cantik. Makanya saya gak pake spuit, saya masukin aja adonannya ke dalam plastik segitiga, kemudian dipotong ujungnya, dan langsung disemprot ke loyang. Jadinya gak begitu cantik....



Kukis Sagu Kelapa

Kukis Sagu Kelapa

Kukis Sagu Kelapa

Kukis Sagu Kelapa


KUKIS SAGU KELAPA
Source: Sajiansedap


Kukis Sagu Kelapa




100 gram margarin 
50 gram mentega  
100 gram gula tepung 
1/4 sendok teh garam 
1 butir telur 
50 gram santan kental instan 
75 gram kelapa kering, blender
250 gram tepung sagu, sangrai 10 menit dengan api kecil
1/2 sendok teh baking powder [saya skip]






Kocok margarin, mentega tawar, gula tepung, dan garam 1 menit. Tambahkan telur dan santan kental instan. Kocok lagi hingga rata. Masukkan kelapa kering. Aduk rata. Tambahkan tepung sagu dan baking powder [jika pakai] sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga. Semprot adonan melingkar dengan spuit di loyang yang dioles margarin. Oven dengan api bawah  suhu 140 derajat Celsius 30 menit sampai matang.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. iya bener teh, di kampung sini juga ada kukis jaduuuuuull banget, warnanya putih agak garing tapi lembut di mulut, aaahh apa sih tuh namanya yah..? ada serat2 kelapa parutnya, manis rada gurih juga khas rasa santen...

    nanti deh kutanyain ibuku...

    *PR mendadak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem teh coba tanyain, kalo diaku mah namanya kueh aci..:)

      Hapus
  2. Kayaknya enak ya mba,roti kelapanya enak,talam jagungnya enak,kue kerang enak,ada resep keripik bawang ekonomis ga mba Ayu?✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak Ika, Insyaalloh besok saya posting tapi bentuknya stick gt , silahkan saja diganti jadi kripik [dibentuk tipis]. Dibikinnya dah lama cm blm sempet keposting Resepnya simple aja, tungguin yah hihihi...

      Hapus
  3. Hallo juga mba Ayu,btw  nya non aktif ya mba?ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ,جَزَاكُمُ اللَّهُ خيْراً كَثيْرًا

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, tab nya ngedrop. jadi kalo gak dicolokin ke charger ya mati. Jadi pada gak aktif deh:( maap. add fb aku aja mbak.. ayurespatih@gmail.com...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^