Kueh Keria

Kueh Keria
Ubi yang dicampur dengan tepung kemudian digoreng lalu dilapis gula....

Assalamua'laikum...
Wilujeng siang....

Masih penasaran dengan yang dibesta-besta, jadi saya coba bikin kueh Keria ini. Kueh ini memang lebih populer di negeri sebelah jadi mungkin ada temen-temen yang nggak begitu familiar dengan kueh ini. Bikinnya relatif mudah, dengan bahan yang sederhana.... tapi rasanya lumayan enak. Agak chewy dalemnya tapi luarnya kering karena dilapis gula. Kayak apa ya rasanya...? pokoknya enak.

Dulu sering liat kueh ini diblognya kak Roz Homekreation. Kalo menurut kak Roz, pokoknya kompossi antara tepung dan ubinya itu tergantung dari tingkat kelembaban ubinya. Tambahkan tepung sampai adonan ubinya bisa dibentuk aja. Jadi kalo ubinya agak basah, berarti tepungnya juga agak banyak. Kayak yang saya bikin nih, ubinya basah, jadi tepungnya juga banyak. Nah resep dibawah, adalah hasil modifikasi saya...
______
*Update: dapet masukan dari ummi Aisyah, katanya kalo tepungnya kebanyakan jadinya alot, jadi sebaiknya tepung terigunya tambahkan secukupnya aja... ^^



Kueh Keria
Kueh Keria


KUEH KERIA UBI KUNING


Kueh Keria






200 gr ubi kuning/ungi yang sudah direbus dan dihaluskan
70-100 gr tepung terigu
1 sdm munjung tapioka
Minyak untuk menggoreng

Pelapis
75 gr gula pasir
30 ml air
1/4 sdt vanilli bubuk





Campurkan ubi, tepung terigu dan tapioka. Aduk hingga rata dan bisa dibentuk. Ambil adonan kemudian ratakan, lalu cetak. Lakukan sampai habis. Panaskan minyak, goreng adonan hingga matang. Angkat, tiriskan.



Kueh Keria
Penampakan sebelum digoreng

 
Pelapis: Campurkan gula, vanilli dan air. Nyalakan kompor dengan api sedang, masak hingga berbuih dan mengental, kemudian masukan ubi yang sudah digoreng, kecilkan api  aduk hingga rata dan gula mengkristal. Matikan api. Sajikan.

 Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. wah..cantiknya kuih keria dia....bukan sennag nk buat kuih ni tau ayu...kalo terlebih tepung nanti keras dan liat...nampaknya tangan ayu memang pro ..berjaya dapat texture yg perfect!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo begitu ya ummu... hm... punya saya juga jangan2 alot kalo didiemin lama... ini tadi langsung abis pas jadi belum alot... makasih ummi buat masukannya...^^

      Hapus
  2. baru tau ttg kue ini :D tfs mba,pengen nyoba juga buat ah. Fotonya itu menggiurkan sangat, bikin pengen jilat2 layar lappie, hihihiihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaa... saya juga baru nyobain mbak ihihi... makanya blank banget untung dikasih saran tuh sama ummi aisyah, dan dengan tidak bermaksud menyesatkan pembaca, jadi sebaiknya ikuti saran dari ummi aisyah tepungnya jangan banyak2 ya kalo mau nyoba yaa... biar gak alot... :D

      iishh aku suka mati agya kalo dibegituin wkwkwkw...

      Hapus
  3. hmm enak, coba dijual mungkin laku tu mbak. hehe

    BalasHapus
  4. Anak2ku kurang suka keria begini mba, 'bikin donat yg kayak biasa aja ma' gitu katanya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebayangnya pasti anak2 mikirnya ini donat bantet hihi...
      sama sih saya juga di rumah anak2 lebih suka donat yang biasa, yang makan cuma saya aja... :D, mungkin emang dasarnya hobi makan jadinya enak aja kalo menurut si emak hihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^