Goreng Singkong

Goreng Singkong
Singkong goreng biasa...

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...

Wikend lagi nih... alhmdulillah... jadi kita bikin camilan yang simple-simple aja kayak goreng singkong ini. Padahal bikinnya udah lamaaa banget. Tapi saya bekuin di freezer, dan baru kegoreng lagi kemarin. Saolnya bikinnya lumayan banyak. Jadi saya simpan aja di wadah kecil-kecil, satu wadah untuk sekali goreng. Praktis kan, repotnya cuma sekali doang pas di awal.

Ada macem-macem cara bikin singkong goreng, dan semuanya pernah saya cobain. Cara yang biasa dan yang paling sederhana yaitu setelah singkong dikupas, dikasih bumbu, didiamkan sebentar supaya bumbunya meresap dulu baru digoreng. Adalagi cara yang kedua, setelah singkongnya dibersihkan, dipotong-potong, kemudian langsung digoreng tanpa dikasih bumbu lagi. Nanti sambil menggoreng kita menyiapkan bumbu nya yang dicampur dengan baking soda, dan air es. Jadi ketika singkongnya sudah setengah matang, singkong diangkat dari penggorengan, kemudian langsung direndam ke dalam campuran bumbu, baking soda dan air es itu tadi. Dibiarkan beberapa saat hingga singkong tampak agak mekar, kemudian diangkat dari rendaman dan diriskan, baru digoreng lagi hingga matang. Cara yang ketiga, ini cara yang saya pakai kemarin. Pertama singkong dibersihkan, kemudian dicampur dengan bumbu lalu dikukus sampai matang. Setelah itu didinginkan, kemudian dibekukan ke dalam freezer, lalu digoreng.

Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari ketiga cara tersebut. Untuk cara yang pertama memang lebih praktis tapi, kalo menurut saya sih, hasilnya kurang renyah. Meskipun sebenarnya kerenyahan hasil gorengan singkong juga ditentukan oleh jenis singkongnya itu sendiri. Tapi perlakuan dalam cara memasak juga bisa membuat hasilnya jadi lebih renyah, seperti halnya cara yang kedua. Penambahan baking soda, dan perendamannya di dalam air es dengan kondisi singkong setengah matang, membuat singkong jadi lebih renyah, padahal misalkan singkong yang dipakai jenisnya tidak begitu renyah. Tapi kekurangannya, kita harus memasukan zat tambahan yang bagi beberapa orang, justru dihindari, dan tentu saja agak repot. Lalu kenapa saya memilih cara yang ketiga? saya memilih cara ini supaya bisa disimpan lebih lama. Selain itu, dengan cara dikukus dulu lalu dibekukan, sama juga akan membuat teksturnya lebih renyah, ketimbang yang digoreng masih dalam kondisi segar. Kekurangannya, singkong tidak bisa dinikmati saat itu juga karena harus melalui beberapa tahapan memasak.

Haiyaaah... bikin goreng singkong aja belibet kayak gini hihi... sekedar info aja sih, barangkali ada temen-temen yang butuh info ini... oo yah karena singkong ini dibikinnya dah lama banget jadi saya sendiri sudah tidak ingat persisnya berapa takaran dari tiap bumbu yang dimasukan. Tapi saya kasih bahan-bahannya aja yah, untuk takarannya silahkan kira-kira sendiri.. karena seperti yang saya bilang tadi, ini cuma goreng singkong, setiap orang pasti sukses bikinnya...^^



Goreng Singkong


Goreng Singkong


GORENG SINGKONG


Goreng Singkong







Singkong, kupas, potong-potong
Garam
Kaldu bubuk, bila suka
Minyak untuk menggoreng




Bumbu yang dihaluskan
Bawang putih
Kunyit
Ketumbar






Lumuri singkong dengan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan garam dan kaldu bubuk, bila pakai. Diamkan sebentar kemudian kukus hingga matang. Angkat dari kukusan, biarkan dingin di suhu ruang. Masukan ke dalam wadah kemudian masukan ke dalam freezer hingga beku. Keluarkan dari freezer, biarkan mencair, baru goreng hingga matang. Untuk menambah citarasanya silahkan tambahkan perasa keju bubuk, atau barbekue, atau sesuai selera, bisa juga disajikan dengan mayonaise.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



2 comments :

  1. ari saya mah biasa pake resep yang itu tuh, yang singkongnya digoreng setengah mateng trus diceburin ke bumbu rendaman dengan bwg putih and ketumbar yang banyak, direndem sampe mekar baru digoreng...
    emang sih, singkongnya harus yg beneran bagus...
    zaman dulu ibuku pernah jualan ginian nih teh...


    *novel singkat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo ada yg jual aku mah beli aja deh heheh...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^