Donat Madu

Donat biasa cuma pemanisnya ditambah madu....

Assalamua'laikum....
Wilujeng sonten...

Donat itu,  makanan yang saya sukai tapi yang paling saya hindari. Terakhir bikin donat ada sekitar 2 tahun yang lalu atau lebih mungkin.... alesannya karena donat kandungan gula nya tinggi, bahkan sebelum ditambah toping, dan lebih parah lagi digoreng pula! bayangkan saja perbuah itu kalorinya berapa. Sementara saya, kalo makan donat, gak cukup dua atau tiga buah, pokoknya sampe kenyang susah berhenti. Cari aman, jadi saya jarang bikin. Paling-paling, kalopun bikin adonan donat, biasanya dipanggang jadi roti, nggak digoreng, yah minimal gak kerendem minyaklah...

Tapi kalo denger anak minta gak tahan juga sih ya, kasian. Gara-garanya Kirei dibeliin bantal donat yang toppingnya lucu-lucu... biasanya Kirei sama Aiko kalo lagi iseng sering main gigit-gigitan bantal donat itu, sambil ngebayangin donat asli kayaknya. Kasian banget kan liatnya hahahah... Jadi ya meski saya sedang dalam program penurunan BB *yang tiada akhirnya itu, tetep saya bikinin donat.

Resep donat ini aslinya milik Ny. Ema Lim, yang saya dapat dari blognya teh Diah Raki dapur 3d [nuhun nya teh...^^]. Judul aslinya sih donat empuk, tapi saya ganti jadi donat madu, soalnya pemanisnya pake madu. Meski gak ngaruh juga sih, susah bedainnya, sama aja kalo menurut saya yang pake madu atau pun gula. Kalo dari segi tekstur, lumayan empuk tapi masih lebih empuk donat kentangnya NCC. Entah mungkin karena saya gak pake improver dan shortening jadinya kurang maksimal, tapi secara keseluruhan enak...^^


Donat Madu

Donat Madu


Donat Madu

Donat Madu


 DONAT MADU
 Source: Dapur 3D

Donat Madu








220 gr tepung terigu protein tinggi [misalnya cakra kembar]
37 gr tepung terigu protein sedang [misalnya segitiga biru]
20 gr gula
8 gr ragi instan
8 gr susu bubuk
112 gr air hangat
1 btr telur
30 gr madu
25 gr shortening/ mentega putih [saya pakai margarin]
1/2 sdt bread improver [skip]






Campur semua bahan kering lalu masukkan telur dan madu lalu campur sampai berbutir-butir. Kemudian masukan air sedikit demi sedikit uleni sampai kalis kemudian tambahkan shortening dan garam uleni sampai kalis elastis. Diamkan sekitar 30 menit atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat.


Kempiskan adonan, giling tipis adonan setebal 1cm, potong adonan dengan cetakan donat sampai adonan habis. Istirahatkan adonan yg sudah berbentuk donat selama 1-2 jam atau sampai mengembang 2x lipat. Panaskan wajan datar dengan minyak yang banyak, goreng donat sekedar kuning saja [kalo saya sampai kecoklatan, kulitnya jadi garing] dan balikan ke sisi yang lainya, angkat dinginkan dan beri topping sesuai selera.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. Teh Ayu..salam kenal..kumaha damang teh?
    nemu website teteh ga sengaja waktu cari resep selai srikaya..eh lihat posting resep yang lain tertarik dgn donat madu ini..secara kan terkenal tuh namanya donat madu cihanjuang..malah sampai ada jg di batam..tp blm pernah nyicip he he..
    nah waktu baca cerita ttg Kirei dan Aiko yg suka gigitin bantal donat dan ngebayangin mkn donat jd ngakak..ha ha ha..lucu..
    eh teh ntar kl mood aku mau cb resep selai srikaya teteh ya..ijin ya..nuhun pisan..
    monic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sae teh Monic... sawangsulna?:)
      heuheu kalerasan caket ka cihanjuang, tapi tara pernah meser donat madu teh hihi...
      ieu saleresna sanes donat madu, judul asli na mah donat empuk, mung kumargi ngaggo madu, janten ku abdi digentos, diebatna donat madu...:)

      hihi... muhun, langki ngadamel donat, kumargi bilih tambih baruleud ieu murnagkalih...
      Selai srikaya nu dina resep ieu raos pisan, pami aya waktos mah cobian teh...^^

      Hapus
    2. he eh teh..sigana raos pisan euy selai srikaya ieu..pami aya waktos dicobain ku abdi..

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^