Chicken Crispy Saus Barbeque

Dada ayam fillet crispy disajikan dengan suas barbeque...
Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi....

Postingan kilat nih... makan tadi siang. Gambarnya mengerikan hehehe.. gak pake styling karena dijepretnya pas mau dimakan banget. Udah gitu baru dapet 4 jepretan batre kameranya abis.. ya sutrala.. seadanya aja, tapi tetep saya posting, biar kalo bikin lagi gak lupa resepnya. Soalnya suka sama tekstur tepung krispy nya yang pas banget, sausnya juga enak, rasanya pas. Manis, pedes dan agak asam...

Penyajiannya gak usah ditambahin saus sambal lagi, karena udah pedes. Terus saya tambahin acar mentimun, wortel dan bengkoang buat pelengkapnya, plus kentang goreng juga. Makanan yang tinggi kalori dan natrium, gak apa-apa sesekali, asal jangan sering-sering aja... dan jangan lupa seimbangkan asupan harian kita dengan sayuran dan buah yang agak banyak setelah menyantap menu-menu makanan macam beginian.... ^^


CHICKEN CRISPY SAUS BARBEQUE








Bumbu tepung [campur rata]
150 gr tepung terigu
10 gr tepung beras
30 gr tapioka
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk


Pencelup
3 sdm bumbu tepung, larutkan dengan beberapa sendok air, aduk hingga kental


Bumbu rendaman ayam [diamkan minimal 15 menit]
250 gr dada ayam fillet, iris tipis melebar
1 sdt kecap asin 
2 siung bawang putih [parut]
1/2 sdt merica


Saus barbeque
1 sdm margarin
1 buah bawang bombay, iris melingkar
1 sdm saus barbeque siap pakai [saya pake merk Delmonte]
4 sdm saus pedas manis
2 sdm saus tomat
3/4 jeruk nipis, peras airnya
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kecap asin
2 sdm kecap manis
1 sdt gula pasir
1 cup air
1 sdt tepung maizena dengan beberapa sendok air


Pelengkap
Kentang goreng
Acar serut mentimun, bengkuang dan wortel




Ayam crispy
Ambil satu potong ayam, masukan ke dalam adonan pencelup lalu gulingkan di tepung bumbu hingga terlihat kriting, langsung goreng hingga matang di minyak yang agak banyak dengan suhu sedang. Lakukan sampai habis. Angkat tiriskan.
 
Saus
Tumis bawang bombay hingga harum, masukan air. Tambahkan sisa bahan lain. Masak hingga meletup-letup. Masukan larutan maizena. Cicipi. Paskan rasanya dengan selera masing-masing.

Penyajian
Sajikan ayam crispy bersama dengan saus, kentang goreng dan acar.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. Hmmm.... pasti yum yum nih teh...

    Pengumuman:
    Diriku lg terbaring lemah nih.. hehehe... lemes bgt, enaknya minum apa ya...? Makanan terasa pait semuah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangeeeud....

      wah sakit apa nih, alamat bakalan langsing tuh, apalagi pada pararait gt...
      minum jus jeruk aja atuh teh....

      Hapus
    2. Pasca demam iyeu teh...

      Amin....100x ari langsing mah.. hahaha...
      Iyeu anu munculna diare jeung batuk...

      Hapus
    3. ooo minum nya aer putih ma oralit aja kalo gt heheh.. mudah2an cepet sembuh ya....

      Hapus
  2. aaaa, kemaren aku habis makan ini teh, enaakkkkk

    BalasHapus
  3. aku dah nyoba ini mbak.. takjub ak sm kriuk kriuknya heehe.kykx bakal jd resep andalan nih.kmrn bkin buat mkn malam lngsung ludes.sausnya aku pake saos asam manis pake nanas.tengkyu mbak dah posting resep yg maknyus hehehe.kpn2 mw bkin lg biar bs kuposting jg hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mbak sama2... aku jg suka sama teksturnya yg kriuk itu...
      kalo saosnya bebas, kebayang tuh pake saus nanas....mantaap...:)

      Hapus
  4. Mba aku mau tanya, ayamnya sblm di masukin ke pencelup itu di rendem dulu ya sm kecap asin, bawang putih dan merica?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^