Ayam Suwir Bumbu Kecap


Ayam Suwir Bumbu Kecap

Ayam goreng yang disuwir, kemudian ditumis bersama aneka bumbu dan kecap...

Assalamua'laikum...
Wilujeng siang....

Menu iseng... dibikinnya entah kapan, dah lupa. Pokoknya waktu itu daddy yang pesen pengen dibikinin ayam suwir. Bumbunya rada-rada mirip sama ayam yang biasa buat bikin mie ayam gitu, bedanya ini ayamnya digoreng dulu baru disuwir-suwir... terus nggak begitu berkuah, ya berkuah sih tapi gak begitu banyak. Entahlah pesenan juragan mau yang kayak gitu, saya mah nurut saja...

Enak? ya jelasss... kalo mau dikreasikan bisa pake jamur kancing atau jamur merang. Dimakannnya sama nasi anget plus amping melinjo dan kering kentang... yum....yum... mudah-mudahan jadi inspirasi buat menu makan malam atau besok barangkali..?....^^


AYAM SUWIR BUMBU KECAP


Ayam Suwir Bumbu Kecap








500 gr ayam, goreng, suwir-suwir, buang tulangnya
2 tangkai daun bawang, iris halus
1 buah tomat, potong kotak
2 cm lengkuas, geprek
2 lmbr daun salam
3/4 sdt gula
5 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 gelas air
1 sdt saus tomat
Minyak untuk menumis




Bumbu yang dihaluskan
4 btr kemiri
3 siung bawang putih
5 btr bawang merah
1 cm jahe
1/2 sdt ketumbar






Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, tambahkan lengkuas dan daun salam. Masukan ayam, daun bawang dan air. Masak sambil diaduk. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, kecap manis dan kecap asin, saus tomat serta potongan tomat. Masak hingga kuah menyusut, cicipi, paskan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. enak banget kayaknya ini mbak masakannya... jadi ngiler deh

    BalasHapus
  2. Siip... mantep nih mamih.. pesen 2 porsi ye... gv pedes...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bu dah abis, harus antri dl kalo mau pesen hihihi...

      Hapus
  3. Whuenaaak tuenan e Mbak Ayune. Opo meneh ditambah sego panas saka ricecooker, whuah suedap tuemen Rek!

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^