Talam Jagung

Talam jagung
Jagung yang diblender bersama tepung beras, gula, tapioka, santan dan telur, kemudian dikukus dan dilapis santan...


Sampai saat ini saya masih belum punya cetakan kue talam. Jadinya tiap kali bikin talam, pasti dimasukin loyang aja. Bukannya pelit sih, tapi kebanyakan di pasaran cetakannya itu dibuat dari plastik yang warna warni gonjreng itu lho. Saya masih ragu apakah cetakan yang harganya gak lebih dari 7ribuan dapet selusin itu, BPA free atau nggak. Negri juga kan ya, apalagi cetakannya ntar dikukus gitu... Makanya tiap kali ke pasar dan nemu cetakan itu, pasti maju mundur, yang ujung-ujungnya gak jadi beli heheheh... Mungkin kalo pengen lebih aman harus beli cetakan yang dari keramik... atau selama belum nemu, pakai loyang biasa saja lah...

Talam jagung ini modifikasi dari talam labu dan ubi nya mbak Hesti, yang resep aslinya dari mbak Ira Rodrigues. Hanya saja resepnya sudah dirombak habis-habisan hihi.. maap ya mbak-mbak. Soalnya kan jagung berbeda dengan umbi-umbian, baik dari tingkat kemanisan, tekstur atau pun tinggkat kekentalannya. Jadi perlu disesuaikan lagi. Selain itu, saya juga lebih suka dengan talam yang agak kenyal, makanya jumlah tapiokanya juga saya tambah.

Hasilnya, talam jagung ini enak banget. Apalagi lapisan santannya saya buat agak asin, jadi pas di kunyah, ada sensasi manis dan asin yang lebih menggigit. Tentunya bagi yang tidak suka lapisan santan yang asin, kurangi saja garamya. 


Talam jagung


TALAM JAGUNG

Talam Jagung







Lapisan jagung
250 gr jagung pipil
120 gr gula pasir
40 gr tepung beras
35 gr tepung tapioka
2 btr telur
1/4 sdt garam
180 ml santan kental


Lapisan santan
200 ml santan
40 gr tepung terigu
10 gr tepung tapioka
1/4 sdt garam





Lapisan santan
Campurkan semua bahan, aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Kemudian sisihkan.

Lapisan jagung
Blender jagung dengan santan sampai halus sekali. Masukan sisa bahan lain, proses lagi sampai halus dan semua bahan tercampur rata. Matikan blender, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak. Kukus selama kurang lebih 20 menit. Jangan lupa membungkus tutup kukusan dengan serbet. Setelah itu, tuang lapisan santan. Kukus lagi sampai matang. Angkat, dinginkan. Kemudian potong-potong.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. Aaarrkkkk lm saya g mkn talam..menggiurkan nih pagi2 mbk :)

    BalasHapus
  2. Ga mslh cetakannya, mau cucing atopun loyang... toh akirnya sy doyan aja kl buatan teteh mah...

    Wahahaha....

    *mdh2an d bagi kuenya... amiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. xxixixi..
      abis sm kirei & aiko teh, mereka suka banget, padahal biasanya gak doyan kue benyek2 macam gini..:D

      Hapus
  3. ♏ϐάκ Ayu itu jagung diblender halus Ъќ ªϑª ampasnya ♏ϐάκ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, masih ada ampasnya... Makanya diblendernya sehalus mungkin. Tapi pas dimakan gak ganggu kok, mekipun ada ampasnya. Cuma kalo mbak Ika gak doyan ada ampasnya mungkin bisa disaring dulu. Jadi jagungnya diblender sama santan, saring, terus abis itu sari jagung nya diblender lagi sama bahan lain...:)

      Hapus
  4. berguna tuh buat yang gak punya cetakan mbak hehehe.. klo ak masih belom sempet2 jg nih bikin kue talam.padahal pngn bgt.terutama yg ubi ungu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... ayo cobain mbak resep dari mbak hesti, ntar saya jg nyoba yg pake ubi hihi..*adanya jagung...:D

      Hapus
  5. cantik warnanyaa....jadi mirip talam labu kuning ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummu mirip talam labu, cuma ini karena ada ampasnya jadi agak berserabut,,:D

      Hapus
  6. Mba Ayu saya lagi proses kukus setelah dilapisi santan berapa menit lagi ya?sudah diangkat satu kok lengket banget tidak bisa keluar cetakan,adonannya cair ya mba sebelum dimasaknya?makasih,rasanya enak bgt,مَا شَآءَاللّهُ ,jagung dibuat bakwan,puding memang enak,anak2 juga suka الْحَمْدُ للَّهِ

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya sekitar 15 menitan lha, atau mungkin kurang mbak...
      iya adonannya cair, dan kalo saya setelah diangkat dari kukusan, ditunggu dingin dl baru dikeluarin dari cetakan...biar santannya set:)
      bener mbak saya juga suka sama talam ini, enak...^^

      Hapus
  7. Makasih ya mba,mba Ayu bagi pin  boleh atau wa?biar klo lg praktek Ъќ ϐΐsä ǰãϑϊ tanya2,'عَفْوًا ,جَزَاكُمُ اللَّهُ خيْراً كَثيْرًا

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeh...
      tapi maaf kalo jawabnya lama, saya jarang pegang gadget :D
      ini pin sy 74FDB4CD.

      heheheh..

      Hapus
  8. Sudah saya invite ya mba,مَا شَآءَاللّهُ ,putrinya chubby bgt kek anak Jepang ya,tetanggaku nyicip talamnya dikit2 katanya kue apa bun,enak,الْحَمْدُ للَّهِ ,makasih resep2 enak n sehatnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak udah ku accept..:)
      hihihi makasih...
      Alhmdulillah kalo semua suka...^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^