Tahu Aci

 
Tahu pong yang diisi dengan adonan tepung kanji dan tahu, kemudian di goreng...


Camilan iseng beberapa hari yang lalu. Jadi kemarin-kemarin saya ngedownload Tabloid saji yang versi digitalnya di aplikasi adroid. Nah kebetulan lagi edisi masakan ala Tegal. Salah satunya tahu aci ini. Bikinnya gampang, pikir saya, dan mirip-mirip sama cireng, bedanya yang ini pake tahu. Tapi resep ini udah saya modif sesuka hati, gak persis kayak yang di tabloid saji. Misalnya, diadonan acinya saya tambahin tahu kuning yang dihaluskan gitu. Biar lebih kerasa aja sih tahunya. Meskipun pas digoreng, gak beda-beda banget  sama yang gak dikasih tahu hihi...

Hasilnya, kalo dari segi rasa sih lumayan. Cuma yang bikin kurang sreg itu teksturnya yang persis kayak lem digoreng. Jadi si acinya itu nepika ngelay-ngelay kitu lah.. kalo bahasa Sundanya..  Mungkin karena jumlah airnya kebanyakan. Entah kalo misalnya ngegorengnya lama, jadi biar kering luar dalem gitu, mungkin jadinya gak se-chewy itu. Tadinya mau saya goreng sampai bener-bener kering, cuma takut meletus jadi biarin lah masih basah ge dalemnya, da masih bisa dimakan, minimal gak alot...*ngabeberah manah...






TAHU ACI










6 buah tahu pong, potong bentuk segi tiga
100 gr tepung sagu
100 ml air mendidih
2 siung bawang putih, parut halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
1/3 sdt merica
1/4 sdt garam
1 tangkai daun bawang, iris halus
1 buah tahu kuning, hancurkan
Minyak untuk menggoreng







Campurkan tepung sagu, gula, garam, merica, tahu, daun bawang dan bawang putih, aduk rata. Kucuri dengan air mendidih, aduk hingga rata memakai sendok, jangan pake tangan yah, panas soalnya. Masukan adonan ini ke dalam tahu, kemudian goreng hingga kering. Angkat, sajikan dengan sambal kacang atau cabai atau sambal apa saja lah sesuai selera.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. uwaaaa...enak bangettt,cireng aja enak apalagi ditambah tahu,nyemmm ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tahunya enak, garing banget, tapi pas ngigit acinya, kayak makan goreng lem berbumbu heheh

      Hapus
  2. uniknya tahu ni..tahu pong tu seperti tahu biasa yg 4 segi tu ke ayu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummi tahu segi4 yang warnanya coklat dalemnya kosong itu lho:)

      Hapus
  3. Kalau dl d tempat jajanana pas sma tahu begini namanya tahu slawi..nagih deh makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. emh, tahu slawi? baru denger hehhe...
      kalo itu dalemnya kering ga? atau kayak cireng gt?
      soalnya yg ini mah chewy banget..:D

      Hapus
    2. chewy juga teh, tapi di dalam tahunya adonan acinya dikit truz ga dikasi campuran tahu.

      Hapus
    3. ooo berarti isiannya kebanyakan kayaknya....:D
      kin deui mah moal di tahuan atuh ah...xixixix

      Hapus
  4. toosss...saya juga mbikin, Mbak....udah lebih dari seminggu yang lalu tapi....fotonya blm diupload...hehe...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^