Semur Ayam Kentang

Semur Ayam Kentang
Ayam yang dimasak dengan bumbu kecap dan rempah...


Menu makan siang kemarin. Anak-anak dan saya tentunya, makan dengan lahap. Dan kabar baiknya, kepala saya sudah tidak pusing-pusing lagi. Jadi, kalo makan sih tetep yah sehari cuma sekali, cuma porsi lauk dan sayurnya dua kali lipat dari biasa. Kalo nasi ya segitu-gitu aja. Terus kalo sore camilannya telor ceplok yang disajikan pake garam dan merica yang dimakan langsung sebagai camilan. Udah gitu kangkung dan bayam jadi menu yang selalu ada tiap hari plus labu kukus dan pisang. Ya gitu deh... hasilnya lumayan lha, gak pusing-pusing lagi. Tapi meski porsi lauknya ditambah berat badan tetep turun *meski cuma dikit-dikit... karena pola makan saya masih ketat seperti biasa, belum tercapai target sih hihihihi... 

Bikin semur ini, ayamnya saya goreng dulu sebentar, biar gak terlalu empuk karena ayamnya dimasak dengan api kecil agak lama. Kalo misalnya pake ayam kampung, kayaknya gak masalah deh kalo langsung dimasak tanpa digoreng dulu. Cuma ini ayam pedaging biasa yang cepet matang. Tapi kalo temen-temen mau nyoba terus dirasa ribet kalo harus digoreng dulu, ya gak usah deh yah, langsung aja cemplungin. 


Semur Ayam Kentang

SEMUR AYAM KENTANG


Semur Ayam Kentang






500 gr ayam
1/2 buah jeruk nipis
6-7 sdm kecap manis
1 batang sereh, geprek
2 cm lengkuas, geprek
2 cm kayu manis
750 ml air
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula
1/2 sdt pala bubuk
2 buah kentang, potong-potong
Minyak



Bumbu yang dihaluskan
4 btr bawang merah
3 siung bawang putih
5 btr cengkih
2 btr kemiri
2 cm jahe





Kucuri ayam yang sudah dibersihkan dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas, tiriskan, lalu goreng sebentar, sisihkan.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, masukan pala, merica, lengkuas dan sereh, masak sebentar, kucuri dengan air. Biarkan hingga mendidih. Masukan kentang dan ayam. Tambahkan kecap, gula, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga kuah menyusut dengan api kecil sambil sesekali diaduk-aduk. Cicipi. Bila rasanya sudah pas, angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. aarrghhh...sedep bener,catet ah....makasih resepnya mbk ayu^^

    BalasHapus
  2. my kids faveret too...tp versi sy yg simple aja...tak de letak rempah! hihihi..versi lazy mommy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi iseng, biasanya sy juga pake yg simple tanpa rempah, ini lagi rajin aja inget sama semur yang di rumah mertua banyak rempahnya:D

      Hapus
  3. aaaahh.. ini mah kedoyanannya bocah2ku teteh...
    cuma kalo aku pasti ditambahin jahe n kunyit... hehehe...
    tjakeeeuupp... gambarnyah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini juga pada doyan smeua...
      jahe mah pake, yang gak pake itu kunyit, gak tau kelaupaan kali ya hihihi

      Hapus
  4. kenapa makannya cuma sekali sehari Mbak?? btw props nya baru niiih....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena banyak yang harus dimakan, jadinya kekenyangan, gak muat makan yang lain2 lagi hihihi...

      nggak um, yang sendok itu udah ada 4 thn-an, kalo pancinya udah dr setahun yg lalu belinya, cuma karena sy bukan penggila props jadi jarang dipake hehhe

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^