Samosa Tanpa Daging

Samosa
Kulit lumpia dengan isian kentang tumbuk dan aneka sayur yang dimasak dengan bumbu kari...


Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...


Bikin samosa ini dah lama, sekitar dua mingguan lah. Tergoda banget waktu liat postingan mbak Endang yang bikin samosa ini. Isiannya pake kentang tumbuk yang dimasak pake bumbu kari dengan tambahan wortel dan rajangan daun bawang yang banyak. Udah kebayang donk... luarnya renyah, isiannya empuk. Meskipun isiannya gak pake daging sama sekali, tapi tetep gurih dan enak.

Sayangnya, karena saya pake nya kulit lumpia, ketika digoreng, minyaknya terserap banyak banget. Padahal udah direkatkan pake terigu juga sih, tapi tetep aja karena bentuknya segi tiga kan ada bagian yang terbuka di atasnya. Jadi itu tuh kayak lubang masuk buat minyaknya. Entah kalo dicelup ke telur terus dipanir dulu apa minyaknya gak terserap sebanyak itu... Untuk mengurangi kadar minyaknya mungkin bisa dilakukan dengan cara ditiriskan lebih lama dengan posisi dibalik, di mana bagian lipatan yang terbukanya menghadap ke bawah, supaya minyaknya cepat turun.



Samosa


Samosa



SAMOSA TANPA DAGING
[resep sudah dimodifikasi ala saya]


Samosa






16 lembar kulit lumpia siap pakai
2butir kentang, kupas dan potong dadu
1 buah wortel,  potong kotak kecil
2 batang daun bawang, rajang halus
1 sendok makan tepung terigu cairkan dengan sedikit air, untuk merekatkan kulit lumpia
Minyak untuk menggoreng



1 buah bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sendok teh bubuk kari instan
1/2 sendok teh bon cabe
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sdt gula pasir
3/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional), skip jika anda vegetarian
Minyak untuk menumis








Siapkan wajan, panaskan 2-3 sendok makan minyak goreng. Tumis bawang bombay hingga harum. Kemudian masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Tuangkan bumbu kari instan siap pakai dan bon cabe, tumis dengan api kecil hingga harum dan bumbu matang.


Isian Samosa


Masukkan wortel, aduk dan tambahkan air, masak hingga wortel empuk. Masukkan daun bawang, merica, gula, garam dan kaldu bubuk, aduk rata. Masak hingga semua bahan matang dan empuk. Tuangkan kentang tumbuk dan aduk hingga semua adonan tercampur dengan baik. Adonan harus kental dan tidak basah, sebelum siap digunakan. Jika masih basah, teruskan memasak sambil diaduk hingga adonan kering. Cicipi rasanya, pas kan sesuai selera.  Angkat, dinginkan.

Siapkan kulit lumpia, ambil 1 1/2 sdm isian, letakan di sisi kulit, kemudian lipat berbentuk segi tiga. Lakukan sampai habis. Panaskan minyak. Sebelum digoreng, rekatkan setiap sisinya dengan terigu yang sudah diencerkan. Goreng hingga kecoklatan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. samosa..?
    martabak unyil itu mah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aya kitu martabak unyil?
      karek apal saya mah heheh

      Hapus
    2. si unyil dagang martabak?
      si Usro dagang apa dong...?

      Hapus
  2. Oo...ini samosanya ya Mbak.... tempo hari saya mbikin lumpia, tapi kulitnya ga bisa garing pas digoreng,nggorengnya pake minyak seuprit soalnya...hehehe....kehabisanminyak, nekat mbikin lumpia :DDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yg kemarin2 sy ceritain itu...:D
      ooo gt? kalo kurang minyak jadi kurang garing ya...hm...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^