Sambal Goreng Tongkol Teri & Pete

Sambal Goreng Tongkol Teri & Pete

Mari kita bergembira ria kembali dengan teri dan pete hihihi.... Karena saya tidak makan ikan segar dan hanya beberapa jenis ikan asin atau pun teri saja yang bisa saya makan, makanya yang sering nongol teri lagi teri lagi. Paling-paling tongkol asin kayak gini. Karena kalo makan tongkol segarnya mana tahan... Kalo yang udah diasinin kan aromanya cenderung lebih enak dan tidak berbau amis. Begitu juga teri... khususnya teri nasi ya. Gak begitu amis. Saya biasanya nyetok lumayan banyak, biar pas mau bikin menu yang ada terinya tinggal dieksekusi. Soalnya agak susah nyarinya nih di tukang sayur, kadang ada, kadang ngga, jadi sekalinya ada diborong semua *heheh maruk...

Menu kali ini adalah sambal goreng tomat biasa aja sih, cuma dipakein pete. Biasanya saya menyajikan sambel ini dengan tongkol goreng atau  teri nasi yang digoreng kering. Tapi beberapa hari yang lalu mbak Diah Didi [diahdidi.com] posting ikan pindang kalo gak salah yang dimasak dengan sambel tomat ini, terus dikasi pete. Bener-bener bikin ngiler... Cuma saya gak begitu bisa makan ikan pindang, jadi pake tongkol asin aja. Tapi pas belanja ke tukang sayur tongkolnya keabisan, cuma tinggal 6 potong, itupun dengan ukuran mini-mini. Makanya biar rame dan banyak, saya tambahin teri goreng hehehe... toh sama-sama asin dan enak juga kalo dicampur sambel goreng. 

Hasilnya? serius enak bangeeed... Makasih mbak Diah buat inspirasinya yah. Resep dibawah modifikasi saya, atau kalo ada yang kurang, silahkan diracik lagi lah sama temen-temen... Pastinya semua tau kan yah, cara bikin sambel tomat goreng....^^



Sambal Goreng Tongkol Teri & Pete


SAMBAL GORENG TONGKOL, TERI & PETE


Sambal Goreng Tongkol Teri & Pete






6 potong tongkol asin, goreng
100 gr teri nasi, goreng kering
1 papan pete, kupas, potong-potong
1/2 buah jeruk nipis, peras airnya
1/2 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula merah
1/4 sdt gula pasir
Minyak 



Bahan sambel [goreng semua bahan]
10 buah cabe kriting
4 buah cabe rawit
6 buah bawang merah
1 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt terasi
1 1/2 buah tomat





Goreng bumbu sambel, kemudian ulek. Panaskan minyak, masukan bumbu sambel goreng yang telah dihaluskan, tambahkan petai, gula, garam kaldu bubuk dan air perasan jeruk nipis. Masak hingga kadar airnya menyusut dan sambal tampak lebih kemerahan. Masukan teri dan tongkol, aduk rata. Cicipi. Paskan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat, sajikan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. Sekalian tambahin tahu tempe oncom jengkol kerang udang cumi ...

    ...kayanya Bandung lg banjir pete nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. atuh jadi sambel gambes..:D

      iya teh tapi anger we mahil, masih 3500 an, padahal mun di lembur saya mah 5 rb dapet 5 papan lamun pas musim teh..xixiix

      Hapus
    2. Mahil oge msh we d cari2...

      Mendinf jengkol sy mah... tp yg d masak sndiri syaratnyah.. hehehe...

      Di die mah 10rb dpt 3papan...

      *kata tetangga... ^_^

      Hapus
    3. hihi beda gopek atuh ceu...:D

      Hapus
  2. fotonya bagus, depth of field bikin gambar menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. nuhun kang..:D
      mayan lah buat amatiran... heheh

      Hapus
  3. saya ga terlalu doyan pete, tapi kalau Ibu saya yang masak, ga pernah saya tolak ^^
    dan sejak menikah saya ga pernah belanja pete :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg gak makan petenya, agak pahit kalo menurt saya.. cuma suka sama aromanya, ntar petenya disimpen dipinggir piring trs dikasihin ke suami hihihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^