Roti Pizza Isi Kari Kentang


Roti Pizza Isi Kari Kentang
Adonan pizza dibentuk roti, kemudian dikasih isian kentang berbumbu kari...



Assalamua'laikum...
wilujeng enjing...

Kenapa ini disebutnya roti pizza? karena saya pakai adonan pizza yang dibentuk roti, tapi takaran gulanya saya kurangi, agak kurang cocok kalo kemanisan. Soalnya kalo pake adonan roti yang biasa saya buat, terlalu lembut. Saya lagi pengen makan roti yang teksturnya gak begitu lembut, meskipun pas udah jadi tetep aja sih hasilnya ya lembut-lembut juga hihihi.... dan untuk isiannya saya pakai seperti isian samosanya mbak Endang JTT cuma yang ini pake tambahan buncis plus daging ayam. 

Hasilnya? lumayan... meskipun kalo dirasa-rasa kayaknya lebih enak kalo adonannya dipanir terus di goreng. Tapi, karena saya lagi gak pengen makan makanan yang digoreng-goreng, makanya dipanggang aja... biar gak berminyak... tapi sendainya temen-teman mau nyobain yang digoreng atau dikukus mungkin? jadi kayak bakpao gitu, silahkan saja... 


Roti Pizza Isi Kari Kentang



Roti Pizza Isi Kari Kentang


ROTI PIZZA ISI KARI KENTANG


Roti Pizza Isi Kari Kentang









200 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
30 ml minyak
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
180 ml air hangat
6 gr ragi instan

Madu untuk olesan


Isian [pasnya setengah resep dari ini]
200 gr kentang, rebus haluskan
150 gr buncis
150 gr wortel
100 gr dada ayam fillet, potong kecil-kecil
1 buah bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang
2 tangkai daun bawang, iris
1 sdt kecap asin
Gula pasir
Garam
Kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt bon cabe
1 sdt bumbu kari bubuk
Minyak untuk menumis
Air secukupnya









Isian
Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan sedikit minyak, masukan bumbu kari, masak hingga harum. Masukan ayam, masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel. Masukan air, rebus setengah matang, tambahkan buncis. Masak hingga empuk. Masukan gula, garam, kecap, merica, kaldu bubuk dan bon cabe serta daun bawang. Jika airnya sudah mulai menyusut, masukan kentang. Aduk rata, cicipi, masak hingga tidak berair lagi. Matikan api, sisihkan.


Roti 
Campurkan bahan kering, kecuali garam, aduk rata. Kucuci dengan air hangat. Uleni hingga kalis. Tambahkan garam, uleni lagi hingga elastis. Bulatkan. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali lipat. lumuri tangan dengan terigu, kempiskan adonan bagi menjadi 12 buah. Ambil adonan, kemudian pipihkan, beri isian, tutup, kemudian bentuk sesuai selera. Tata di atas loyang yang sudah dialasi kertas baking. Lakukan sampai habis. Biarkan mengembang beberapa saat, lalu oles permukaannya dengan madu,   kemudian panggang di suhu 180'C di rak tengah selama kurang lebih 15 menit. 5 menit pertama memakai api atas bawah, 5 menit kemudian pakai api atas saja. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. Blognya bagus banget, mba..
    resep2nya juga manteppp..
    :)

    BalasHapus
  2. ari sayah mah si otangnya gak bisa bikin si roti jadi cokelat gitu atasnya teh... jadi suka males ajah ngeliatnya, kalo dipanggang kelamaan malah jadi kering rotinya...

    teteh pake microwave yah...???


    _____________________minjemdooong.._________________^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak teh aku pake oven listrik biasa bukan microwave... soalnya ada peneliatian yang katanya menyebutkan kalo gelombang micro dari microwave itu berbahaya untuk kesehatan... wallohua'alam...

      tapi aku jg punya otang, kadang aku juga kalo bikin roti pake otang dan bisa gosong [maksudnya atasnya jadi kecoklatan] kok. Jadi caranya gini teh, rotinya disimpan di rak paling atas, terus manggangnya seloyang aja jgn banyak2... apinya agak dibesarin, tapi awas ntar gosong ...
      kalo sy selalu berhasil pake cara itu teh..:)

      Hapus
    2. Wah... boljug nie idenya...
      Bolehlah nti d coba cara begitu teh...

      Kalo soal rasa mah enak, lembut, cuma jadj kecewa krn penampilannya ky blm mateng... boleh cape2 nguleni eh pd ga suka... walhasil cari org lain untuk jadi korban ngabisin...

      Dan itu jd slh satu alasan smpe skrg ga nge-roti...
      Haha.....

      Hapus
    3. heem teh, cobain deh:)
      hihihi mudah2an kalo pake cara tsb berhasil, anak2 jadi pada doyan. Kalo di saya, rerotian pasti laku, apalagi kalo isiannya asin:)

      Hapus
  3. aihhhh,sluurpptt,,,kalo roti yang gurih atau isinya asin saya suka cocol pake saos sambal mbk,enakkkkkkkkk bangettt...kayak ini nih,bikin ngilerrrr... >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya...
      tapi yang ini isiannya dah pedes, pake bon cabe soalnya :D

      Hapus
  4. kunjungan sore nih mbak
    saya suka banget mbakkkk.. mau donkk -_-
    saya bawa pulang ya satu :D

    BalasHapus
  5. klo anak2 suka roti manis...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ah saya mah pada doyan semua yg manis sama yang asin..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^