Puding Kopi

Puding Kopi
Puding susu biasa dengan tambahan kopi...


Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing.... dina raraga ngarojong kana salah sahiji program pak Wali Kota Bandung, yen dina dinten rebo aya nu di sebatna rebo nyunda, tah dina postingan dinten ieu minimal atuh pembukaaanna nganggo basa Sunda... nanging hapunten pami basa Sunda na rada jarijipen ieu teh kumargi abdi mah Urang Jampang, teu patos tiasa nyarios atanapi nulis bahasa Sunda nganggo undak usuk basa anu mantes... hihi. Kumaha damang dulur-dulur? Alhmdulillah simkuring ge sae pisan dinten ieu. Sanaos di Bandung, panon poe jiga nu wegah pisan katingalna. Rada angkeub... tapi mugi-mugi teu janten halangan kana aktivitas urang sadaya... hayu ah bilih panjang teuing malapah gedangna, urang langsung weh ngabahas postingan dinten ieu. 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Puding ini terjadi akibat kecelakaan hihi... Jadi malam kemarin ada tukang susu murni keliling, kayaknya dari Lembang deh... Tumben juga sih malam-malam masih jualan. Akhirnya saya beli 2 bungkus, harganya 9000 ribuan*gak ada yang nanya, dengan isi sekitar 600 ml per bungkus. Bungkusan pertama langsung direbus terus ditambahin gula sama coklat bubuk. Langsung habis. Udahnya Daddy menwa hahaha [u know menwa? mencret wae aka diare gitu] untunglah anak-anak sih nggak, padahal sama-sama minum. Mungkin Daddy aja yang pencernaannya terlalu sensitif. 

Sisa susunya tinggal sebungkus lagi, tadinya mau dibikin puding susu putih aja. Buat Aiko sama Kirei. Pas lagi direbus saya nyobain icip-icip sedikit, ih ternyata bau amis banget, saya sampe gak tahan dan takutnya anak-anak gak doyan. Tadinya mau saya tambahin coklat bubuk, pas diliat eh ternyata abis dibikin campuran susu pas malemnya itu. Ya sudah karena panik, saya clingukan cari bahan yang lain dan kebetulan yang paling deket jangkauan itu kopi nya daddy. Karena susunya gak bisa ditinggal lama-lama*khawatir susunya pecah, maksdunya... saya ambil aja terus langsung dimasukin ke panci. Soalnya kemarin-kemarin saya bikin puding capucino juga gitu, langsung nymplung aja.  Dengan riang gembira, saya aduk-aduk pudingnya. Tapi lama-lama saya baru inget kalo kopi itu *kopi susu yang diiklanin sama bang Iwan Fals adalah tipe yang berampas bukannya kayak kopi capucino kemarin yang gak ada ampasnya. Jadinya.... Ulalala... si puding berbintik-bintik gitu...

Awalnya saya ragu, jangan-jangan ampas kopinya bakalan bikin seret ditenggorokan. Udah pasrah aja, saya masukin cetakan terus didinginkan di suhu ruang baru  di simpan di lemari es. Besoknya saya icip-icip, ih ternyata enggak seret.... lancar jaya meluncur ditenggorokan. Dan aroma kopinya kerasa banget.. ini sih kayak bukan makan puding, tapi kayak lagi ngopi dengan tampilan puding, soalnya aromanya tajem banget dan rasa kopinya bener-bener keras. Pokonya sensasi kopinya supeeer sekali. Mungkin karena si ampasnya itu yang ikutan direbus juga kali yah... Kesimpulannya? enak pemirsa! tapi kabar buruknya anak-anak gak bisa makan... karena khawatir entar pada melek semua. Ujung-ujungnya suami saya yang jadi korban buat ngabisin si puding hihihi...

Kalo temen-temen penasaran mau nyoba gimana rasanya tapi agak ragu karena ampas kopinya itu, saran saya mungkin sebaiknya kopi diseduh dulu dengan air panas, kemudian diendapkan. Setelah ampasnya turun semua baru deh diambil airnya dan dibuat campuran puding. Tapi saya sendiri belum nyoba sih, ini cuma kira-kira aja. Jadinya gak begitu yakin kalo pake cara tersebut aroma dan rasa kopinya bakalan setajam yang dimasukin plus ampasnya kayak percobaan saya ini. Tapi seandainya besok-besok mau bikin lagi, pastinya saya mau nyoba cara yang itu... karena jujur saya suka sekali dengan puding ini, padahal saya bukan peminum apalagi penggila kopi... Buat yang penasaran, pokoknya selamat bereksperimen deh ya... :D


Puding Kopi

PUDING KOPI


Puding Kopi








600 ml susu cair
100 ml susu kental manis putih
100 gr gula pasir
400 ml air
2 sdt agar-agar
2 sdt jelly bubuk
1 sachet kopi susu instan [sekitar 31 gr, saya pakai merk TOP kopi]





Campur semua bahan, aduk hingga rata. Nyalakan kompor masak dengan api kecil hingga mendidih. Teruskan memasak beberapa saat baru matikan api. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air terlebih dahulu supaya mudah mengeluarkannya. Biarkan uap panasnya ke luar baru masukan ke dalam lemari es. Keluarkan dari cetakan, sajikan dingin.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Akhirnya merk kopinya d sebut jg...

    Mayaaaannn nih teh buat jajanan... dr pd yg d goreng2 nulu... hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. enya teh, meh pemirsa tidak bertanya tanya hihihi...
      asli teh enak kopi pisan lah...

      Hapus
  2. ntar kayaknya semua resep pudingnya mbak diah ku contek nih hahahaha... enak kayaknya tu mbak. ni boleh ku contek jg kan mbak xixixixi... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak. Ini namanya ketidaksengajaan membawa berkah hihi.. kalo misalkan sengaja mana berani saya nyoba2 masukin kopi berampas gitu ke dalam puding hihi... tapi justru malah enak..:D

      Hapus
    2. klo yg gak berampas kira2 enak jg gak ya hehehehe...

      Hapus
    3. nah itu dia saya juga bertanya2 mbak.. tapi seandainya ada tukang susu murni lewat lagi saya mau nyobain lagi yg gak diampasin... sayang belom lewat jg nih:(

      Hapus
  3. saya ga pernah ngopi...biasanya suami yang suka ngopi, tapi disimpen di lab di kampusnya, buat kalo nglembur ngerjakan tugas....hehe :)
    btw pudingnya cantiiik ... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummu, saya juga gak doyan ngopi.. heheh suka haus gitu, ngopi kok kayak minum air, diteguk banyak hihihi...

      makasih..^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^