Ayam Panggang Madu


Ayam panggang dengan balutan saus madu....


Beberapa waktu yang lalu, teh Vina Revi  memposting resep ayam barbaque yang nampak sangat-sangat lezat... jadi besoknya saya pesen ayam pejantan, pengen bikin juga ceritanya. Tapi resepnya gak persis sama sih, ada yang saya skip, misalnya hoisin sausnya, karena saya gak punya *gak tau malah itu tuh saus apaaan... terus, karena beberapa waktu lalu dapet kiriman madu dari mama, saya ganti deh gula nya pake madu. Jadi, substitusi gula ke madu ini, berimbas ke judul juga ternyata, yang asal judul aslinya ayam barbeque, jadi ayam panggang madu hehehe...

Bagi yang pengen bikin ayam panggang sesuai dengan resep aslinya silahkan meluncur ke blognya teh Vina yah. Soalnya yang saya tulis di sini versi  yang udah dimodif gitu... Hasilnya enak, ada asem manisnya, anak-anak suka. Kalo saya, karena kebiasaan bikin ayam panggang itu harus langsung dipanggang ke kompor atau bara, makanya pas abis dioven, dioles pake margarin trs dipanggang bentar di kompor, biar ada efek-efek bau gosongnya. Tapi kalo ribet mah, gak usah deh yah, ini juga udah enak kok, serius...^^



Ayam Panggang Madu & Nasi Liwet


AYAM PANGGANG MADU


Ayam Panggang Madu & Nasi Liwet






2  Paha ayam + 2 dada [saya pakai ayam pejantan]
1/2 buah jeruk nipis
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm saus tomat
1 sdm kecap asin
1 cm jahe, parut
3 siung bawang putih, parut/haluskan
2 sdm minyak [saya pakai minyak jagung]
3 1/2 sdm madu
1 sdt saus sambal
1/2 sdt garam






Bersihkan ayam, kucuri dengan jeruk nipis, merica, garam dan minyak. Aduk rata. Diamkan selama minimal 15 menit. Panaskan oven, set di suhu 160'c. Sementara menunggu oven panas kita akan menyiapkan sausnya. 

Campurkan jahe, saus tomat, saus sambal, madu, kecap asin dan bawang putih, aduk sampai rata. Jika ingin mendapat aroma yang lebih enak, saus ini dipanaskan dahulu di dalam sauspan dengan api kecil sampai mendidih, matikan api. Kalo saya, karena kelupaan jadi langsung saja dioleskan tanpa dipanaskan dulu. Kemudian sisihkan.

Siapkan loyang atau pinggan tahan panas yang agak lebar, alasi dengan alumunium foil. Taruh ayam di atasnya kemudian panggang selama 10 menit. Keluarkan ayam dari oven, kemudian olesi dengan saus yang sudah kita siapkan tadi. Panggang lagi selama kira-kira 5 menit. Lakukan minimal 3 kali atau hingga saus habis dan ayam matang. Keluarkan dari oven,  sajikan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. seksi sekali ayamnyaaa....hehe...

    BalasHapus
  2. cantik ayamnya...(loh?) .. hehehehe..itu pake nasi haianan yah teh? ayamnya dipanggang dulu setelah itu dikeluarkan dioles panggang oles dstnya yah teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixiixix...
      bukan teh itu nasi liwet biasa aja, tadinya mau sekalian ditulis resepnya tapi kabujeng hoream hehehe..

      muhun. Dioles, dilebetkeun deui kana oven, 5 menit kemudian dioles lagi... trs sampe mateng:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^