Arem-arem Mie Isi Ati Ampela

Arem-arem Mie Isi Ati Ampela
Mie telor rebus diisi tumisan ati ampela dan sayuran kemudian dikukus...


Kemarin iseng bikin arem-arem. Dalam bayangan saya, arem-aremnya itu bakalan empuk, lembut dan berminyak. Eh ternyata enggak... arem-aremnya kenyal dan gak berminyak, padahal minyaknya udah saya tambahin agak banyak. Terus mienya juga kurang lama ngerebus kali yah [tapi perasaan udah mateng banget kok ngerebusnya]... Atau mungkin yang namanya arem-arem mie memang jadinya kayak gitu. 

Dulu waktu masih SMA, saya punya temen yang kakaknya suka bikin arem-arem dari mie tapi kalo gak salah, gak semuanya mie, dicampur pake beras juga. Hasilnya enak banget... lembut gitu, kayak arem-aem beras [ya karena memang pake beras...:P]. Dan isiannya berminyak, sampe keluar-luar. Entah kenapa saya lebih suka arem-arem yang banyak minyaknya hihihi... Tadinya saya mau bikin yang dicampur beras juga, cuma saya mau nyoba yang mie nya gak dicampur dulu, pengen tau aja sih, mungkin netar-entar deh bikin yang dicampur beras. Tapi secara keseluruhan sih arem-arem yang ini juga enak, cuma agak "kering" aja, kayak schotel mie kukus deh...

Resep asli arem-arem ini dari sajiansedap. Ada beberapa bahan yang saya skip dan ada juga yang saya tambah. Kayak santannya diganti pake air biasa, entah itu juga mungkin penyebab mie nya gak begitu lembut. Ngaruh gitu ya? terus saya tambahkan kunyit dan jahe di bumbu untuk isiannya, biar mengurangi bau amis dari ati ampelanya aja. Sekiranya mau nyoba resep ini, mau dimodif lagi atau sesuai resep aslinya, itu terserah temen-temen ya saya tulis sesuai resep aslinya kok dibawah. Cuma kalo ada perubahan, saya kasih keterangan lagi... 



Arem-arem Mie Isi Ati Ampela

Arem-arem Mie Isi Ati Ampela


AREM-AREM MIE
Source: Sajiansedap


Arem-arem Mie Isi Ati Ampela






200 gram mie telur, direbus
3 butir telur 
100 ml santan dari 1/4 sendok teh kelapa[saya cuma pakai air kaldu]
1 batang daun bawang, diiris halus
1 sendok teh garam 
1/2 sendok teh merica bubuk 
daun pisang untuk membungkus 



Isi
5 pasang hati ampela, rebus, potong-potong kecil
100 gram wortel, dipotong kotak kecil
50 gram buncis, diiris halus
1 lembar daun salam 
2 cm lengkuas, dimemarkan
3/4 sendok teh garam 
1/4 sendok teh merica bubuk 
1/2 sendok teh gula pasir 
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa [saya cuma pakai air kaldu]
2 sendok makan minyak untuk menumis [saya sekitar 5 sdm]
2 tangkai daun bawang, iris halus [tambahan dari saya]


Bumbu yang dihaluskan
5 butir bawang merah 
3 siung bawang putih 
2 buah cabai merah besar [saya skip]
3 buah cabai merah keriting 
2 cm jahe [resep asli gak pake]
2 cm kunyit [resep asli gak pake]







Isi
Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Masukkan wortel dan buncis. Aduk sampai layu.
Tambahkan ati ampela, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang santan. Masak sampai meresap. Sisihkan. Aduk rata bahan kulit.

Penyelesaian
Ambil sedikit kulit. Beri isi. Bungkus dengan daun bentuk tum. Kukus 40 menit dengan api kecil sampai matang.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. aduuh...ga tahan lihat daun pisangnyaa....

    BalasHapus
  2. Berapaan nie ceu....?


    Qiqiqiqiq....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok sabarahaan we lah ka eceu mah mangga diborong aja..:D

      Hapus
    2. Iya sy borong... tp byrnya ntar ya ...?

      Hapus
    3. ah parah nih kebiasaan nganjuk hehehhe

      Hapus
  3. sukaaaa...sama arem-arem mie. Ibuku sering bikin mba :)
    itu piring cantik sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asyik donk suka dibikinin..heheh...
      itu piring biasa aja, murmer ceria hihihi

      Hapus
  4. Hemmm yummiii kayaknya enaknya dimakan saat siang....Maknyuss..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^