Sosis Solo Isi Ayam Suwir

Sosis Solo Isi Ayam
Dadar tepung  yang diisi tumisan daging, dicelup ke dalam kocokan telur kemudian digoreng....


Dulu.. sekali ketika pertama kali saya liat sosis solo ini diblog salah satu temen MP, saya sampe terbengong-bengong, katanya sosis, kok gak berbentuk sosis sama sekali. Lebih mirip risoles tanpa tepung panir, atau risol kampung yang biasanya diisi bihun. Tapi ya sutrala... suka-suka yang bikin resep, mau dinamai apa, yang penting rasanya mantap, gurih dan sedap lah pokoknya. Dari setengah resep yang saya bikin jadinya ternyata  banyak juga, ada 18 buah, lumayan bikin klenger pemirsah... kekenyangan hihihi...

Resep aslinya pakai daging giling, cuma karena khawatir Daddy gak mau makan, jadi saya ganti pake ayam aja deh. Rasanya nggak kalah kok, apalagi air untuk isiannya saya ganti pakai santan, jadi tumisan ayamnya itu wangi khas banget. Awalnya saya agak males bikin ini, padahal waktu liat penampakannya di blog teh Ricke, udah semangat aja... eh tapi ngebayangin bikin dadarnya itu udah lemes duluan. Sampai akhirnya kemarin saya liat di blognya mbak Ida yang posting ini, langsung membangkitkan selera... semaleman gak bisa tenang pengen makan sosis solo hahahha... 



Sosis Solo Isi Ayam

Sosis Solo Isi Ayam



SOSIS SOLO AYAM SUWIR

Sosis Solo Isi Ayam







300 gr tepung terigu segitiga biru
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
4 bh telur ukuran besar, kocok lepas
700 ml air [saya tambah sekitar 50 ml]
3 sdm margarin, lelehkan


Isian
500 daging sapi giling, [saya pakai daging ayam yang direbus kemudian disuwir lalu diiris kecil-kecil]
5 btr bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang, iris halus
1,5 sdt garam (sesuai selera)
1 sdt gula pasir
1/4 merica bubuk
1/4 ketumbar bubuk
100 ml air [saya pakai santan]
2 sdm minyak utk menumis


Pelapis
1-2 butir telur, kocok lepas [saya tambahkan 30 ml air]






Isian
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging, aduk hingga berubah warna. Tuang air/santan, masukkan garam, gula, merica, ketumbar bubuk. Aduk rata. Masak hingga airnya kering sambil sesekali diaduk. Masukkan daun bawang, masak sebentar, kemudian Cicipi. Pas kan rasanya dengan selera maisng-masing.


Kulit
Campur terigu, garam, gula dan merica bubuk, kemudian aduk hingga rata. Masukkan telur dan tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan hand whisk sampai halus. Saring supaya tidak bergerindil. Panaskan wajan anti lengket, oles dengan sedikit margarin, dadar adonan hingga habis. Ambil selebar kulit, beri isi daging, lipat dan gulung. Celupkan ke kocokan telur, goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan dengan cabai rawit atau saus sambal botolan. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. maauuu.......dah lama ga mbikin ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo bikin lagi, saya juga mau lagi xixiixixi

      Hapus
  2. Teu d paniran eta teh nya? Penasaran euy...

    Pertama dulu dnger nama kue ini jg smpt syok... kirain bentuknya ky sosis eh ternyata kaga sama sekali... ooohh mungkin isinya sosis kali aiiiihhh ternyata bukan juga pemirrssaaaahhh....

    Dan yg lbh mengenaskan... smp detik ini belom pernah ngerasain sosis asli daru solo alias sosis solo itu ky gmn ya.....?

    *ngenes.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak teh versi aslinya emang cuma dicelupin ke telur kocok aja. Tapi kalo mau dimodifikasi dipakein tepung panir jg terserah itu mah suka2 aja, cuma kalo sy sih pengen tau yang originalnya dl sebelum memodifikasi resep ini hehhehe...

      sama ih, aku jg baru pertama bikin, beneran enak dan gurih lho, gak nyesel lah ripuh ngadadar na ge heheheh...*wilujeng ngenes*

      Hapus
  3. akhirnya bikin juga mbak hehehe... aku suka punya mbak diah.lapisan kulitnya tu lho berlapis lapis klo punyaku kebanyakan isi :D. fotonya cantek pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem nih gara2 liat di blognya mbak Ida, langsng pengen..:D
      kenapa yah, padahal digulungnya udah rapat tapi kulitnya gak nempel, mungkin margarin buat ngoles pannya kebanyakan heheh..
      makasih:)

      Hapus
    2. ak malah gak pake olesan margarin mbak.gak telaten ngolesin soalx :D

      Hapus
    3. oo gt, iya mungkin krn itu soalnya py saya meskipun digulungnya rapat tp tetep saling misah gt..:)

      Hapus
  4. Jadi kangen nongkrong di kedai susu sijack, menikmati susu hangat + sosis solo yang cuman 1500 an

    BalasHapus
    Balasan
    1. haa... murmer juga yah, secara isiannya kan daging gitu..:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^