Pisang Katsu

Pisang Katsu
Pisang yang dibalut tepung, dicelup ke dalam kocokan putih telur dipanir, lalu digoreng... jadi deh...

Saya sebut pisang katsu karena cara bikinya persis kayak bikin chicken katsu. Jadi,  pertama pisang dibelah dua, kemudian dipipihkan, terus dibalut pake tepung pisang goreng, abis itu dicelupin ke kocokan putih telur, diguling-guling lagi ke tepung roti, terus digoreng deh...! 

Pisang katsu ini jadi nya tipis, garing dan enak banget... Tadinya saya mau bikin sendiri tepungnya, tapi berhubung ada tepung pisang goreng siap pakai sisa, ya udin pake yang tersedia aja. Tapi kalo misalnya mau bikin sendiri caranya campurin aja tepung terigu, gula bubuk dan vanilla bubuk, kemudian aduk rata. Takarannya? kira-kira aja lah... misalnya untuk 3 sdm tepung terigu, tambahkan 1 sdt gula bubuk dan 1/4 sdt vanilla bubuk. Simple aja kan..? yukk mareee...


Pisang Katsu


PISANG KATSU

Pisang Katsu






4 buah pisang kepok matang, belah dua, kemudian pipihkan
3 sdm tepung pisang goreng siap pakai [tambahkan jika kurang]
1 putih telur, kocok lepas
Tepung roti kasar, secukupnya
Minyak untuk menggoreng





Panaskan minyak. Baluri pisang dengan tepung, hingga semua permukaannya tertutup rata. Celupkan ke dalam kocokan putih telur. Gulingkan ke dalam tepung roti, sambil agak ditekan untuk membuat pisangnya semakin tipis dan melebar, lalu goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. kela
    jelasin dulu katsu itu apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. moal dibeja2 bisi nurutan.. ngke bikin katsu batubara kan gaswat...:P

      Hapus
  2. aku pernah coba bikin pisang goreng model ini mommy tapi penampakannya gak pernah secantik itu :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang penampakannya jadi kayak gmn teh? coba nanti dipoto kalo bikin lagi...:D

      Hapus
  3. wah mau dong makan ehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkeun.... datang ke tukang gorengan sebelah...

      Hapus
  4. krispi banget kayaknya..jadi pengen..

    BalasHapus
  5. Itu mah pisang goreng pasir kali ceu...
    Wkwkwkwk....

    Hoy... yg d cangkir keliatan oleh kedua bola mataku nan bening ini kok ky sambel kacang yah.... hmmm....

    *ucek ucek cucian.... eh... ucek mata...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaannya adalah, pasirnya mana?

      jadi sambal kacang bikinan teh Lina keruh gitu?:D

      Hapus
  6. biasanya disebut pisang goreng pasir ... karena tekstur kulitnya yang kriuk kasar seperti berpasir :)
    btw kmrn saya mbikin nugget pisang....pas acara makan2 di masjid....sama bapak2 dikirain chicken katsu, mau dimakan bareng nasi biryani :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emh, ya mungkin... tapi seingat saya terakhir kali saya bikin pisang goreng pasir [sekitar 2 thn yg lalu], pisgor pasir dicelupnya ke tepung terigu yang sudah diencerkan dengan air lalu kemudian dipanir dengan tepung roti yang lembut, jadi pas diangkat dari penggorengan tepung panirnya berjatuhan mirip seperti pasir...dan rasanya pun kriuk seperti berpasir. Nah kalo yang ini pisangnya dipipihkan seperti halnya membuat chicken katsu kemudian digulingkan ke dalam tepung pisang goreng, dicelup putih telur baru dipanir, persis seperti pembuatan katsu ayam... penampakannya juga mirip seperti katsu ayam, makanya saya memutuskan untuk menamai nya pisang katsu ketimbang pisang pasir... :)

      nah sama juga kayak suami saya pas liat poto ini di komputer, komentarnya, Kapan mami bikin katuu ayam? kok daddy gak di kasih...? hahahhaha... trs saya bilang, ini pisang, bukan ayam....

      :D
      ketipu juga suami saya...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^