Mie Ayam Bakso Ceker

Mie Ayam Bakso Ceker
Mie yang disajikan bersama dengan sawi, bakso dan ayam serta ceker yang berbumbu... sedap!


Biasanya saya jarang makan mie dengan bakso. Kalo makan bakso biasanya gak pake mie, kecuali mie yamin atau mie ayam di baksoin baru bakso dan mie nya dimakan bersamaan. Kenapa? gak kenapa-kenapa, sukanya aja begitu. Tapi sayangnya, sedikit sekali mie ayam ataupun mie yamin yang saya suka, cuma di beberapa kedai aja bisa makan. Bukan apa-apa tapi karena kebanyakan mie ayam itu pake msg nya banyak banget, bikin kepala puyeng aja. Bisa sih rikues gak dipakein msg tapi rasanya agak-agak hambar gimana gitu... makanya jarang beli, apalagi di abang2 yang dorong itu, wah jarang banget... 

Nah beberapa hari yang lalu akhirnya saya bikin sendiri, dulu mama suka cerita kalo di rumah, adik saya  sering bikin mie ayam dan rasanya enak banget. Sempet juga dikasih resepnya cuma agak-agak lupa, yang keingetan itu, bumbu ayamnya dipakein irisan daun bawang yang banyak katanya, biar enak, yang lain-lainnya lupa. Terus beberapa waktu yang lalu mbak Diah Didi [diahdidi.com] nulis mie ayam ceker di blognya. Langsung deh ngiler... Akhirnya saya pun nyoba bikin sendiri, tapi resepnya tidak persis sama dengan mbak Diah, yang ini mah ala saya aja yah... hasilnya? uenaak pemirsa... Daddy sampe terbengong-bengong... mommy bisa bikin mie ayam? ya... bisa-bisa aja donk*ngikik... 

Anyways, thanks mbak Diah, buat inspirasinya...^^


Mie Ayam Bakso Ceker


MIE AYAM BAKSO CEKER

Mie Ayam Bakso Ceker






250 gr dada ayam fillet, potong kotak kecil
150 gr mie telor kering, rebus hingga matang
1 ikat sawi hijau, rebus sebentar tiriskan
Daun bawang, iris halus, untuk taburan
Sambal cabai untuk pelengkap
Kecap manis untuk pelengkap bila suka
10 buah bakso, kerat atasnya, kemudian rebus sebentar


Kuah kaldu
250 gr ceker ayam
1 liter air, untuk merebus ceker 
2 cm jahe, geprek
2 siung bawang putih, geprek
3 lembar daun dalam


Bumbu ayam 
6 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1/2 sdt ketumbar
3 btr kemiri, goreng/sangrai
1/2 sdt merica bubuk
5-6 sdm kecap manis [atau sesuai selera]
5 tangkai daun bawang, iris halus
Kaldu bubuk bila suka
200 ml air kaldu rebusan ceker ayam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek
1/2 sdt gula
Minyak untuk menumis





Pertama siapkan air dalam panci kemudian rebus ceker yang sudah dibersihkan dengan api kecil selama kira-kira 1 jam. Tambahkan jahe, bawang putih dan daun salam. Sambil menunggu kaldu siap digunakan, kita akan mengerjakan yang lainnya. Misalnya merebus mie, apabila memakai mie kering. Rebus mie sampai matang, kemudian tiriskan. Lalu rebus sawi dan bakso. 

Setelah itu, siapkan bumbu untuk memasak ayam. Haluskan bawang, jahe, ketumbar, kemiri, dan kunyit. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan 3-4 sdm minyak goreng. Masukan daun salam dan lengkus, masak hingga harum dan bumbu matang. Lalu masukan daun bawang yang sudah diiris, aduk rata, tambahkan ayam, masak hingga ayam berubah warna. Selanjutnya, masukan ceker yang sudah di rebus tadi, pastikan ceker sudah cukup empuk, supaya tidak perlu waktu lama lagi untuk memasaknya. Tambahkan 200 ml air kaldu rebusan ceker ayam. Masak hingga menddidih. Tambahkan merica bubuk, gula, kaldu bubuk dan kecap. Aduk hingga rata. Masak hingga mengental, lalu cicipi, tambahkan garam bila dirasa kurang asin. Matikan api.

Sekarang kita sudah mulai bisa meyiapkan mie di mangkuk saji. Pastikan kuah kaldu selalu panas sebelum disajikan. Pertama, masukan mie dan daun sawi yang sudah direbus, tambahkan ayam dan ceker yang sudah dimasak. Tambahkan juga bakso, irisan daun bawang, sambal dan kecap bila suka. Siram dengan kuah kaldu secukupnya, kemudian segera sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. inii c maap sebelumnya ya teh, bagi saya, saya pribadi lho yah... yg blm bs makan ceker, jadi kalo liat makanan ada cekernya begitu tuh asa ngeliat makanan yg di injek2in ceker ayam...

    hahaha....

    maaap yah.....

    *ngumpet di kolong grobak mie....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga apa2 teh, jangankan teteh yg jauh, ini aja anak2 dan si dia, gak pada doyan ngeri katanya sama ceker jadi mereka makan dagingnya aja... :D

      Hapus
    2. ho oh... alhamdulillaah ada temennyah..

      selera orang masing2 pan ya...?

      *bijaksana
      *bijaksini
      *bijaksitu
      *bijaksawah
      *bijaklaut...

      haaaah... uda ah....

      Hapus
    3. hihihi...
      heem teh, orang gak mau mosok dipaksa2..:D

      Hapus
  2. waduuuh cekernyaa...mbikin ngiler....slruuuph...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi yang suka, pastinya menggoda, bagi yang gak doyan, ngeri beraat..:D
      *liri teh Lina*

      Hapus
    2. Aduh tajem amat lirikannya... ampe tergores tablet sayah...

      Hapus
    3. tablet? silet kali bu....xixiix

      Hapus
  3. Gw termasuk doyan banget ceker, apalagi kalo di steam makin mantap. Tiap ke dimsum pasti ngak lupa ama ceker ini :-0 dan ceker juga bagus buat aank2 untuk pertumbuhan tulang kalo ngak salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem, tapi anak2 gak bisa makannya... malah anak sy Kirei [4thn], bilangnya ngeriii, tangan kok dimakan, katanya hihihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^