Lontong Tahu Bumbu Kacang

Lontong Tahu Bumbu Kacang
Lontong dengan tahu goreng, disiram bumbu kacang, kecap, dan ditaburi daun bawang, sajikan bersama dengan krupuk... sedap..!


Kemarin bikin sate ayam pake lontong. Bumbu kacangnya nyisa, lontongnya juga. Karena males nyate lagi jadi puter otak deh buat memanfaatkan kedua bahan sisa ini, dan tiba-tiba cling langsung kepikiran kupat tahu....*lho? iya kan sama aja bedanya itu dari kupat, ini dari lontong, sama-sama karbo kamsutnyah... juga dari segi tekstur atau pun rasanya mirip-miriplah, tinggal ditambahin tahu plus toge, jadi deh kupat lontong tahu!

Untuk takarannya kira-kira aja yah... mau tahunya dibanyakin boleh, atau berimprovisasi ditambahin telor  rebus atau barangkali tahunya digoreng dulu pake telur juga boleh... suka-suka deh yah... Biasanya bikin lontong tahu kayak gini pakenya tahu putih, cuma karena saya kurang suka sama tahu putih, *agak-agak enek gimana gituh... jadi saya pake tahu kuning yang biasa aja. Soalnya rasanya lebih gurih dan sedikit asin... menurut saya sih, tapi kalo ngefans sama tahu putih, silahkeun ganti saja pake tahu putih. 


LONTONG TAHU

Lontong Tahu Bumbu Kacang







2 buah lontong ukuran sedang, potong-potong
2 buah tahu, goreng, potong-potong
Segenggam tauge, buang akarnya, kemudian diblansir
1 tangkai daun bawang, iris halus
1 sdm kecamp manis
Bawang goreng untuk taburan [nggak pake, lupa]
kerupuk untuk pelengkap



Bumbu kacang 
100 gr kacang tanah
2 siung bawang putih
3 btr bawang merah
3 buah cabe kriting
Gula
Garam
2 sdm kecap manis
3 sdm minyak
Air secukupnya
Kaldu bubuk bila suka






Bumbu kacang
Goreng kacang hingga matang, angkat kemudian tiriskan. Kemudian goreng cabai, bawang merah dan bawang putih, angkat. Haluskan kacang, bawang dan cabai. Panaskan minyak, masukan kacang, aduk-aduk. tambahkan air, masak hingga keluar minyaknya, tambahkan kecap, gula dan garam serta kaldu bubuk, cicipi, angkat.

Penyelesaian
Masukan lontong, tahu, tauge, kemudian siram dengan bumbu kacang dan kecap. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Tambahkan kerupuk.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Hadeeeeuuuhhh... gak nolAk dah... suwerrrr.... toge'y ada yg d rebonding ga ceu? Bosen ama yg bengkok mah...

    *sambit ulekan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada bu togenya udeh pada diblow semua....wkwkwkkw...

      Hapus
    2. toge...
      aku juga mauuuu...

      *mulai ngeres

      Hapus
    3. *yang ngeres2, kosrek pake strikaan*
      :P

      Hapus
  2. perasaan itu namanya gado gado...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo disebut gado2 kurang sayurannya mas...

      Hapus
    2. tinggal harganya atuh didiskon kalo ga mau nambahin sayur
      gitu aja kok repost...

      Hapus
    3. kan sepaket mas, mending kalo sayurnya yang didiskon, coba kalo bumbu sama tahunya yg didiskon kanjadinya lontong doang...:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^