Dadar Gulung Motif

Dadar Gulung Motif
Sweet crepes ala Indonesiaah, dengan isian kelapa parut yang dimasak bersama gula merah...

Saya punya pengalaman agak mengerikan dengan dadar guling gulung ini. Dulu, karena kemaruk, sampe mabok berat gak mau lagi makan dargul. Entah ada berapa tahun gak makan lagi. Kalo pun bikin, isiannya saya ganti pake vla. Puyeng sodaraah... Sampai akhirnya saya memukan lagi si dargul ini gentayangan di mana-mana. Bener kata orang, dari mata turun ke hati perut. Dari sering ngeliat, akhirnya timbul lagi selera lama yang dulu udah hampir lenyap sama si dargul. Dan minggu kemarin, akhirnya saya bikin lagi dengan keyakinan, kali ini pasti gak bakalan mabok. Syukurlah pemirsa, saya pun sukses bikinnya, sekaligus sukses makannya, gak enek sama sekali. Anak-anak juga suka...

Baiklah, itu sedikit gambaran soal saya, dargul dan bla bla bla.. gitulah pokoknya. Nah sekarang kita akan membahas mengenai resep ini. Biasanya kulit dadar gulung berwarna hijau, dengan aroma pandan. Tapi kali ini saya justru pake coklat dan dibuat bermotif...Tujuannya untuk meminimalisir penggunaan pewarna sintetis aja. Soalnya kalo mau bikin sendiri pewarna dari daun pandan atau suji, agak susah nyarinya. Makanya pake bahan yang ada aja. Untuk motifnya sendiri, emh... pengennya sih bermotif dalmation tapi hasilnya jadi begindang, ada lope lopenya, ada garisnya, intinya, gak jelas motifnya apa. Kalo temen-temen mau bikin yang bermotif, silahkan berkreasi dengan aneka motif sesuai selera yah, mau motifnya polkadot, garis-garis kayak baju narapidana, zebra, uncal [uncal? what is the kamsud? Bahasa Cidaun, uncal itu artinya Rusa], gajah *emang gajah bermotf? ya pokoknya, suka-suka aja lha ya. Tapi, kira-kira udah kebayangkan gimana cara bikin motifnya... ? belum? oke kita bahas sedikit, karena saya yakin pemirsah udah bisa langsung ngerti. 

Untuk membuat motif seperti nampak di foto itu, pertama ambil 1 sampai 2 sendok sayur adonan kulit, kemudian campur dengan 1 sdt coklat bubuk dan gula. Iya saya tambahkan gula juga untuk meminimalisir rasa pahit dari coklatnya. Kemudian diaduk rata. Cara membentuk motifnya bisa dengan langsung dituang memakai sendok atau di masukan ke dalam plastik segi tiga dan disemprotkan di atas pan. Tergantung motif yang diinginkan. Untuk motif garis, dan polkadot, sebaiknya memakai plastik segi tiga, tapi kalo cuma mau bikin motif abstrak [baca: ga jelas] kayak penampakan di foto ini, cukup memakai sendok pun sudah bisa. Perlu diingat, setelah adonan motif di semprot ke atas pan, diamkan dulu hingga kering, sebelum dituang adonan kulitnya. Supaya warnanya tidak bercampur. Udah gitu aja. Simple kan? 

Nah satu tips lagi khusus buat amatiran dan para pemula*kayak saya yang masih bingung dengan tekstur si dargul. Misalnya, bagaimana caranya bikin kulit dargul dengan permukaan yang bopeng-bopeng dan berjerawat seperti nampak di foto? atau, barangkali ada yang lebih suka dengan dargul dengan permukaan kulit licin dan mulus? itu juga ada tipsnya. Untuk membentuk kulit dargul yang bopeng, maka pada pan yang kita pakai harus dioles dengan minyak agak banyak, dan tuang adonan kulit hanya ketika pan sudah benar-benar panas. Hasilnya, kulit dargul akan jadi bopeng-bopeng. Sebaliknya kalo pengen mulus, sebaiknya pan gak usah dioles minyak, dengan catatan, pan yang kita pakai tentu yang anti lengket yah. Atau kalo pun mau tetep dioles minyak, maka sebaiknya tuang adonan kulit saat pan dalam kondisi belum begitu panas. Pastilah hasil kulitnya jadi halus. 

Well... udah pada  kebayang kan? daripada bengong, yuk mareee kita ke dapur...



Dadar Gulung Motif


Dadar Gulung Motif


DADAR GULUNG MOTIF


Dadar Gulung Motif








Adonan Kulit
200 gr tepung terigu
350 ml santan
sejumput garam
1 btr telur
3/4 sdt tepung kanji
Minyak untuk mengoles pan


Motif [aduk rata]
2 sendok sayur adonan kulit
1 sdt coklat bubuk
1 sdm air
1 sdt gula


Isian
75 gr kelapa parut
100 ml air
1 lembar daun pandan [saya pakai 1/2 sdt vanilli bubuk]
50 gr gula merah
1-2 sdm gula pasir atau sesuai selera.







Adonan Kulit
Campurkan semua bahan kecuali minyak, kemudian aduk hingga rata dengan whisk, sampai lembut dan licin. Panaskan pan, oles dengan minyak sayur, tuang adonan motif. Bentuk motif sesuai selera. Biarkan hingga adonan motif mengering, kemudian tuang adonan kulit. Goyang-goyangkan hingga rata, lalu balik, untuk memastikan setiap sisi matang. Angkat, beri isian lalu bentuk seperti melipat amplop. Lakukan sampai habis.


Isian
Rebus gula dengan air dan daun pandan, kemudian saring. Campurkan air gula dengan kelapa parut, masak hingga air mengering. Cicipi, paskan manis nya dengan selera masing-masing.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Dari dulu pengen nyoba bikin si darlung ini kok maju mundur terus mba aku, takut bopeng-bopeng ga mulus. Lia postingan Mba Ayu jadi makin pengen bikin deh, tapi sayang lagi ga punya pisang, kurang suka enten kelapa itu mba.

    Makasih ya Mba Ayu tips-nya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo iya, isi pisang juga enak ya, apalagi pisangnya dikasih meises sama keju hm.. yammi...

      sama2^^

      Hapus
  2. cakeep fotonyaa...klo saya suka yang mulus...hehe...entah kenapa kalau liat yang kulitnya lubang2 jadi kurang berselera....:( tapi pernah juga sih klo mbikin, beberapa saya buat lubang2....tapi tetep suka yang muluuuus ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      saya kalo bikin crepes, suka yang mulus kalo dargul harus bopeng, lebih seksi, padahal rasanya sam aaja yah xixixi

      Hapus
  3. sungguh anggun kuih dadar tu ya ayu...rajinnya mommy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ummi...
      emang kurang kerjaan yah hehehhe...

      Hapus
  4. di kasi kanji supaya apa mbak?...
    thanks resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tuh sebenernya iseng, tapi lama2 setelah baca sana sini ternyata kebiasaan masukin kanji ke adonan dargul itu, bikin kulitnya lebih tahan, gak cepet sobek mbak:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^