Shimeji Goreng Tepung

 Shimeji Goreng Tepung
Shimeji goreng ini terasa renyah, dengan aroma bumbu kari yang sedap...


Niat awalnya pengen bikin Enoki goreng tepung, kayak yang dibikin mbak Elly Salman beberapa hari yang lalu. Cuma... saya salah ambil jamur waktu belanja di supermarket, ternyata setelah dibaca itu shimeji bukan enoki. Emang beda ya? hehehe perasaan mirip-mirip deh... eh tapi kalo diliat-liat enoki lebih langsing sih... Sebenernya udah beli dari hari sabtu, cuma kelupaan, untunglah jamurnya masih bagus. Sayang aja udah mahal-mahal [jika dibandingkan sama jamur tiram], kebuang... bisa nangis bombay...

Jamur goreng ini enak banget. Jamurnya renyah, dan aromanya sedap, karena saya tambahin bumbu kari bubuk dan pala bubuk di adonan tepungnya. Beneran beda banget rasanya, lebih beraroma dan gurih pastinya. apalagi pas dicocol sama sausnya yang manis, pedas dan agak asam... enak banget. Nggak bakalan tau, kalo gak ngebuktiin sendiri...*ngeracunnn... ^^

________
*Tips: agar jamur goreng renyah 
Untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan bisa lebih tahan lama, sebenarnya bisa ditambahkan baking powder di adonan tepungnya. Tapi bagi yang lebih suka memakai bahan yang lebih alami, cukup ditambah dengan campuran tepung beras/tepung ketan dan tepung maizena atau tapioka saja, teksturnya sudah bisa renyah dan bisa tahan beberapa jam. Tepung ketan? iya tepung ketan... saya sudah pernah mencobanya sewaktu kehabisan tepung beras, hasilnya sama seperti yang memakai tepun beras. Dulu saya dapat informasi ini dari mama nya Jang Kasep :D*nuhun teh...* Meski begitu, penambahan tepung ketan atau tepung berasnya jangan kebanyakan, karena alih-alih jadi renyah, yang ada malah jadi keras...


Shimeji Goreng Tepung



SHIMEJI GORENG TEPUNG


Shimeji Goreng Tepung






150 gr jamur shimeji, buang akarnya, cuci kemudan tiriskan
300 ml minyak goreng [atau hingga jamur terendam semua saat digoreng]

Adonan Tepung [aduk rata]
120 gr tepung terigu
25 gr tepung beras/tepung ketan
15 gr tepung maizena/tepung tapioka
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt bumbu kari bubuk, saya biasa pake yang merk "cap pohon mangga" 
1/4 sdt kunyit bubuk




Celupan
1 putih telur, kocok lepas
1/3 sdt garam halus



Saus, [aduk rata]
2 sdm saus sambal
1 sdm mayones
1/4 sdt merica
sejumput garam




Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Sementara menunggu minyak panas, campurkan semua adonan tepung, aduk hingga rata. Ambil jamur, masukan ke dalam campuran tepung, aduk-aduk. Angkat semua jamur, kemudian celupkan ke dalam kocokan putih telur, angkat, masukan lagi ke dalam tepung terigu, aduk rata hingga semua tepung menempel. Langsung goreng ke dalam minyak panas, hingga terendam semua. Aduk sesekali. Goreng hingga kekuningan. Angkat, tiriskan. Sajikan dengan saus pelengkapnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. shimeji???bingung dan penasaran,owalah ternyata jamur hehehe.....

    BalasHapus
  2. hee enoki dimasak tepung enak ya teh?
    jamurna nu paranjang tea sanes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih enak... kemarin liat2 justru enoki yang banyak dibikin goreng tepung krispi...
      ada yang dicelup dengan adonan basah atau yang di tempelin adonan kering kayak gini...

      muhun enoki mah anu panjang babarodas, aralit.. mirip sareng shimeji, mung shimeji mah langkung pendek teras payungna rada ageung...:D

      Hapus
  3. purin tinggi ini mah...
    Skip!
    Inget asamurat...

    *nangis d pojok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. *kaish permen*
      mamam sama garem aja ya bu gulu...:D

      Hapus
    2. darah tggi dooonng...!

      *banting panciiii

      Hapus
    3. ya sudah makan mie sedap aja sanah.....
      :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^