Nugget Pisang

Nugget Pisang
Pisang dibikin nugget? iya.. dan gak aneh kok, rasanya jadi mirip-mirip kayak pisang pasir, enak deh...

Kesampaian juga pengen nyobain enaknya nugget pisang, setelah beberapa waktu yang lalu beberapa teman-teman foodblog heboh nayangin nugget pisang ini. Salah satunya, Ummu Fathima, ih beneran saya langsung pengen. Kebetulan lagi punya stok pisang yang agak banyak di rumah. Jadi gak ada alasan untuk gak nyoba. Rasanya enak banget, kayaknya lain kali harus juga nyoba nugget yang pake isian coklat atau keju juga nih, udah kebayang aja, rasanya pasti lebih enak. 

Saya pake pisang kepok buat nugget ini, dan cara bikinnya persis kayak nugget biasa. Pisangnya dihancurkan, dicampur dengan bahan-bahan yang lain kemudian dikukus, dibalut tepung roti baru digoreng. Cuma karena stok putih telur dan tepung roti lagi abis, saya ganti tepung rotinya dengan roti tawar yang di blender kasar. Dan pengganti putih telurnya pake terigu yang diencerkan dengan sedikit air. Hasilnya lumayan lah... meski keliatan kurang keriting tapi tetap enak. Selalu ada seribu satu cara untuk mensiasati segala kekurangan kita di dapur... yang penting tetap kreatif kan ya...^^



Nugget Pisang


NUGGET PISANG


Nugget Pisang








450 gr pisang kepok/ambon matang, hancurkan pakai garpu
75 gr tepung terigu
30 gr keju parut
25 gr susu bubuk
50 gr gula pasir
35 ml santan kental [mis, kara]
2 btr telur
1/2 sdt vanilla bubuk


Tepung roti kasar
1 putih telur, kocok dengan garpu






Campurkan semua bahan, kecuali tepung roti dan putih telur, aduk hingga rata kemudian kukus 25 menit. Jangan lupa mengalasi loyang dengan plastik atau kalo ngeri,- kayak saya-, pakai alumunium foil saja. Angkat, dinginkan, potong-potong sesuai selera. Celupkan ke putih telur (saya kehabisan telur,  jadi pakai terigu yang dicairkan dengan sedikit air) gulingkan ke tepung roti. Diamkan selama minimal satu jam di lemari es supaya tepung rotinya menempel baru kemudian  digoreng, sisanya bisa dibekukan saja di freezer seperti hal nya nugget biasa. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



15 comments :

  1. rasanya pasti kayak pisang hehehe....wah kapan2 nyoba ah,makasih mbk resepnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa..heheh kalo rasa duren aneh donk:D
      heem, silahkan dicoba ya mbak..:)

      Hapus
    2. bentuk'y ky nugget pisang yah...?

      Hapus
    3. nggak, ini kayak helikopter bu gulu...:D

      Hapus
    4. qiqiqiqiq...

      Kok ga maen2 ke rumahku c....

      Aku menantimu cllu...

      *nyengirrr....

      Hapus
    5. banyak proyekan bu gulu aku gak bs maen kemana2:P

      Hapus
    6. untung bukan piringku....:P

      Hapus
  2. pisang kepok juara rasanyaa.....biasanya saya mbikin pake pisang cavendish ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pisang kepok memang sedap ya um, kalo saya rasa-rasanya jarang banget ngolah pisang cavendish, paling2 pake pisang ambon lumut..:), cavendish cm ada di supermarket jarang ada di tukang sayur..:D

      Hapus
  3. teh,,pisang kepok sejenis cau jimluk nes??
    Klo pke pisang sunfress bisa g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhun cau jimluk...
      duka tah tapi jiga na mah tiasa ngaggo sunfress oge, cobian we..:D

      Hapus
  4. Mb,kalo g pake santan apa bs?pengganti santan apa bs susu cair?thx y.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emh belum pernanh nyoba sih yang pake susu cair, tapi kayaknya sih bisa mbak, susunya dikentelin lagi aja ditambahin pake susu bubuk:)

      Hapus
  5. Dari kemaren pengen nyobain bikin ini tp belum ke eksekusi juga, hehe, mumpung lagi banyak stok pisang (yg udah kematengan) saya contek resepnya ya teteh

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^