Marble Cheddar Cheese Cake

Marble Cheddar Cheese Cake
Cheddar cheese cake dengan motif marble... terlihat lebih menarik, sayang saya kurang suka...

Karena Cheddar Cheese Cake saya yang pertama agak turun, jadi saya bikin lagi percobaan kedua, beberapa hari setelah bikin yang pertama itu. Jadi ini cake yang udah lama banget ya dibikinnya. Baru ke posting sekarang... Nah, yang ini saya kasih motif marble dengan tambahan coklat bubuk yang dicairkan dengan sedikit air. Harapannya marble cheedar cheese cake ini jadi lebih kaya rasa karena penambahan coklatnya itu. Sayang, ternyata harapan tak sesuai kenyataan. Rasa coklatnya justru sangat mengganggu. Jadi, aroma keju, lemon dan coklat itu kalo disatuin, bukannya sedap malah jadi musuhan... Setidaknya, begitulah menurut saya...

Lain kali kalo mau bikin cheese cake lagi, gak lagi-lagi deh dikasih motif marble. Cukup yang original saja. Soalnya aroma lemon dan keju nya enak banget... ditambah teksturnya yang halus dan lembut. Tapi ini sih menurut selera saya sih yah, kalo ada yang suka dengan yang dikasih motif marble ya mangga, terserah.. tiap orang kan punya selera masing-masing...^^


*Tambahan, buat mereka yang bertanya-tanya, itu yang di background poto, yang kerlap kerlip apaan sih? silahkan simak di mari yah....


Marble Cheddar Cheese Cake

Marble Cheddar Cheese Cake


CHEDDAR CHEESE CAKE


Marble Cheddar Cheese Cake







Bahan I
130 gr susu cair
40 gr butter
125 gr keju cheddar, parut halus



Bahan II [campur & ayak]
20 gr tepung terigu
15 gr tepung maizena



Bahan III
3 kuning telur
1 sdt parutan kulit jeruk lemon



Bahan IV
3 putih telur
90 gr gula pasir
1 sdt air jeruk lemon


1/4 sdt coklat bubuk, cairkan dengan 1 sdt air


Toping 
Selai atau glaze, sesuai selera [saya nggak pake]








Siapkan loyang berdiameter 18 cm, olesi dengan margarin, alasi kertas roti, oles lagi dengan margarin [tapi seperti teh Ricke, saya pakai loyang oval], sisihkan.

Tim bahan I sampai larut, jika masih ada yang bergerindil sedikit, tidak apa-apa.  Kemudian masukan bahan II selagi bahan I masih hangat,[hangat ya, bukan panas]. Aduk hingga rata dan lembut, tidak ada yang menggumpal terigunya. Masukan bahan III, kemudian sisihkan.

Kocok putih telur sampai berbusa, masukan air jeruk lemon dan gula apasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga soft peak [tandanya, creamy tidak kaku, dan masih mengkilap]. Ambil sedikit adonan putih telur, masukan ke dalam campuran keju, aduk rata. Masukan campuran ini ke sisa putih telur, aduk balik perlahan sampai merata. Ambil kira-kira 2 sendok sayur adonan, campur dengan coklat bubuk yang sudah dicairkan, aduk rata. Tuang adonan cheddasr cheese ke dalam loyang, lalu masukan adonan coklat ke atas nya, kemudian buat motif marble dengan memakai tusuk sate.

Panggang dengan cara au bain marie selama 50 menit dengan suhu 150-160'C, atau gunakan api kecil hingga matang dengan permukaan yang berwarna keemasan. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dan bagian pinggirnya terlihat agak menjauh dari sisi loyang. Gunakan pisau tipis untuk menyisit bagian pinggirnya. Balikan perlahan di atas serbet kering dan balikan kembali ke piring saji. Biarkan dingin. Jika suka, oles permukaannya dengan glaze atau buah-buahan.

____________

*Catatan!
kunci utama dari pembuatan cake ini adalah di pengocokan putih telurnya. Jangan sampai terlalu kering, karena hasilnya nanti cake akan menjadi berpori besar, kering, dan akan nampak seperti cake biasa. Karena normalnya cake ini berpori halus dan lembut, lumer di mulut. Selain itu, pengocokan berlebihan juga mengakibatkan cake amblas ketika dikeluarkan dari oven. Chese cake yang normal, memang akan turun tapi tidak lebih dari 1 cm saja.
Au Bain Marie, memanggang dengan cara steam bake yaitu loyang adonan diletakan di atas loyang lain yang berisi air panas. Ketinggian air maksimal 1/3 tinggi loyang adonan. Lebik baik jika memakai loyang tanpa sambungan, kalo tidak ada, bungkus terlebih dahulu loyang adonan dengan alumunium foil yang tebal, tujuannya supaya air tidak merembes ke dalam adonan saat proses peng-oven-an. Satu lagi, please handling with carefully, pada saat membalik cake, kalo nggak cakenya bisa rusak.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^