Banana, Raisin & Oat Muffin

Banana, Raisin & Oat Muffin
Muffin pisang dengan campuran oat dan kismis... lezatnya...


Sejujurnya, dalam beberapa minggu terakhir saya sedang tergila-gila dengan muffin, dan itu mulai tampak mengerikan, mengingat muffin selalu memakai baking powder dalam adonannya. Padahal saya selalu ogah-ogahan pakai bahan itu, tapi apa mau dikata muffin tidak akan pernah jadi muffin kalo ga dipakein pengembang... kalo teteup keukeuh gak dipakein pengembang, sudah bisa ditebak, jadinya cupcake bantet... heheh... 

Jalan tengahnya supaya saya bisa berdamai dengan diri saya sendiri, akhirnya diputuskan untuk mengurangi jumlah baking powdernya sebanyak mungkin. Misalnya kalo di resep asli ditulis satu setengah sendok teh baking powder, maka itu berarti saya cuma menambahkan 1/2 sdt saja. Hasilnya cukup memuaskan, muffinnya tetap menggunung ria... dan tentu saja bagi pemirsa yang tidak begitu paranoid dan tidak begitu mengagap serius apa itu baking powder dan semacamnya, tidak perlu bersikap sepelit itu dalam hal mengurangi takaran bahannya,  tambahkan saja sesuai dengan kebutuhan. Pada akhirnya... pilihan di tangan masing-masing ya...



Banana, Raisin & Oat Muffin


BANANA RAISIN & OAT MUFFIN
Source: Vivian Pang Kitchen resep aslinya memakai blueberry, tanpa kismis dan pisang


Banana, Raisin & Oat Muffin






Bahan Kering
150g tepung terigu
1/2 sdt baking powder [aslinya 1 1/2 sdt]
20gr quick cooking oats
100gr gula
Sejumput garam
50 gr kismis



2 btr telur
110gr non-fat plain yogurt
1/2 sdt vanilla bubuk
60ml minyak jagung
2 buah pisang, hancurkan dengan garpu 







Panaskan oven, set di suhu 200'C. Ayak tepung terigu dengan baking powder, tambahkan oat,  kismis, gula dan garam, aduk rata, sisihkan.

Kocok telur dengan garpu kemudian campurkan bersama yoghurt, vanilla, pisang, dan minyak. Aduk hingga rata. Masukan campuran ini ke dalam bahan kering, kemudian aduk asal rata. Tidak perlu diaduk berlebihan. Siapkan paper cup, lalu masukan adonan dengan sendok sebanyak 3/4 cup. Lalu panggang selama 20-25 menit di suhu 180'C.

Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. aslinya 1 1/2 mbk bp nya??uwih banyk bangett hehehe....muffin,saya suka^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem, makanya serem... jaid dikurnagin aja deh:D

      Hapus
  2. smpe hr ni aku br sekali bikin muffin... Hasil'y sumpe deh, bagus banget, tp pas dimaem... Aiiiiihhhh getir ceu... Pdhal aku nurutin takaran BP'y... Hyah sktr 1,5 sdt... Smp skrg blm prnah bikin lg... Lupa dulu teh pake resep dr manah... Pake oat juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake vanilli bubuk ga?
      bisa jadi kurang ngaduk... makanya harus di ayak teh, biasanya ada Bp atau vanilli yang menggumpal gitu teh..

      Hapus
  3. teu ngalarti apa itu muffin backing powder dan teman temannya
    pokona mah ikuta pasukan tinggal lep ajah lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      teu kedah ngartos pasukan mah tugasnya tempur, urusan masak kasih ke ibu dapur:D

      Hapus
    2. bongan pake istilah yang aneh aneh
      coba pake bahasa yang baik dan benar atuh...

      Hapus
    3. emh... berarti baking powder harus diganti jadi bubuk panggang hahhahaha...

      Hapus
  4. ga pernah mbikin muffin....krn pasti di resep2 ada bp atau baking sodanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem,
      kirain ummu punya resep muffin yang gak pake BP dan BS :D

      Hapus
    2. kalo cup cakes sih bisa ga pake bp dan bs....klo muffin....teorinya cuma diaduk2....memisahkan bahan kering dan bahan basah....klo dikocok sampe kaku, ntar namanya bukan muffin lg :D

      Hapus
    3. heem itu dia makanya bingung hihi amannya sih ya jangan bikin muffin:)
      kadang kepikiran apa ganti aja pake ragi yah, tapi ntar jadinya apem donk hihihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^