Ayam Goreng ala KFC [wanna be..]

Ayam Goreng Krispi ala KFC
Ayam goreng dengan aneka bumbu yang membuat cita rasanya mirip dengan yang di fastfood terkenal itu, bahkan mungkin lebih enak...


Ayam goreng KFC, pastilah semua  tau, kalo pun belum pernah icip-icip, minimal pernah liat iklannya di tipi. Dengan klaim bahwa produknya memiliki 11 bumbu rahasia, siapa yang tidak tergiur kala iklannya mucul dengan tampilannya yang menggoda. Berapa kali pernah makan ayam goreng di sana? entahlah... tapi setiap kali makan, rasa-rasanya biasa-biasa saja... cuma ayam goreng. Kecuali harganya, yang jauh banget dengan yang di pinggir-pinggir jalan... lebih mahal... Saya bahkan lebih senang dengan salah satu produk ayam goreng lokal  yang harganya cuma 6 ribuan [terakhir saya beli] dan sudah bersertifikat halal, Sabana nama produknya. Pernah denger? *itu produk lokal Bandung bukan sih? saya suka banget... aromanya enak dan lebih gurih. Tapi entah kadang mungkin karena masalah gengsi atau gimana, kalo sedang berakhir pekan kadang lebih sering parkir ke KFC ketimbang beli Sabana. Nanti pas kondisi keuangan mefet, baru deh beli ayam goreng Sabana... heheheh...

Nah pemirsa, kadang tidak selamanya saya beli ayam goreng yang udah tinggal lep. Ada saatnya harus bikin sendiri ayam goreng tepung ini. Karena sepertinya sudah menjadi impian setiap emak-emak untuk bisa bikin ayam goreng tepungnya sekriting seperti ayam goreng di KFC. Tapi sudahakah impian tersebut jadi kenyataan? nah saran saya, cobalah resep ayam goreng dari Bu Fatmah NCC ini, hasilnya tidak mengecewakan. Selain rasanya enak, garing, gurih, daaaaan keriting! meskipun kritingannya belum segila punya amang-amang ayam goreng di pinggir jalan [menurut saya punya si amang lebih kriting ketimbang yang di KFC, kritingannya edan berat sampe panjang-panjang gitu... iya pan?], tapi sejujurnya saya cukup puas dengan yang saya bikin ini. Selebihnya kalo pengen kritingannya lebih menggila, tinggal sering-sering praktek aja, biar hasilnya tambah bagus. 


Ayam Goreng Krispi ala KFC


AYAM GORENG KRISPI ALA KFC
Source: Fatmah Bahalwan


Ayam Goreng Krispi ala KFC





1 ekor ayam negeri, potong 8 ( berat ayam lk. 1 Kg )
1 sdt garam
1 sdm chicken powder
½ sdt lada halus
½ sdt vetsin [skip]



Tepung Bumbu
1 kg tepung terigu protein sedang [atau sesuaikan dengan kebutuhan]
2 sdm tepung sagu
6 gr soda kue [saya ganti dengan 2 sdm tepung beras]
1 sdt garam
1 sdt chicken powder
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala bubuk [tambahan dari saya]



Bumbu celupan
1 btr putih telur
1 sdm chicken powder
500 ml air








Taruh ayam dalam baskom, taburi bumbunya, sisihkan. Biarkan 15 menit hingga bumbu meresap.

Bumbu Celup
kocok putih telur hingga encer dengan garpu atau whisk, beri chicken powder, aduk rata, tuangi air. Sisihkan.

Tepung bumbu
campur semua bahan menjadi satu, aduk rata.

Penyelesaian 
Ambil 1 potong ayam, gulingkan pada tepung bumbu sebentar, lalu celupkan dalam bumbu celupan sebentar saja, angkat dan gulingkan lagi dalam tepung bumbu sambil tepungnya dipadatkan pada ayam sambil dicubit-cubit tepungnya. Lakukan untuk semua ayam.
Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



13 comments :

  1. cakeeeuuup... Olweys....

    Kl aku mah ga brani pk paha ayam teh... Palingan baGian sayap atau dada tp diiris tipis... Takut ga mateng say...
    Heee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. paha nya dikerat-kerat teh, udah gitu gorengnya lama2 apinya dikecilin...
      atau kalo maish takut, kukus aja dl ayamnya hhihi.. serius dlu temenku gitu lho masaknya:)

      Hapus
  2. Wah ini sudah pernah saya coba buat di rumah. Bahan bahan sudah lenhgkap. Bumbu Ayak Krispi nya juga sudah ada. Banyak di Supermarket atau Mall. Begitu di coba ternyata hasilnya tidak memuaskan. Tidak keliatan Krispi nya, Apa yang salah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salahnya kurnag jam terbang aja kayaknya kang... heheh lambat laun kalo sering bikin ntar tau sendiri dimana salahnya...
      *lho?
      *maaf jawabannya gak ngebantu samsek..:D

      Hapus
  3. Ada yg bilang klo rendem pke air es buat lebih crispy gitu,, bener ga tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko jawabnya bgtu, mba... :) ada yg tanya..

      Hapus
    2. heu heu maap sebenarnya saya sendiri kurang mengerti dengan apa yang dimaksud oleh anonymous dengan "rendem pake air es buat lbih krispi", yang membuat saya bingung, apanya yg direndem, ayamnya? terigunya atau minyaknya barangkali?
      memang sempet denger konon katanya kalo membuat adonan menjadi krispi salah satunya dengan memakai air es dalam tepungnya... misalnya seperti dalam pembuatan adonan tempura. tapi entah kalo yang dimaksud oleh anonimous seperti itu apa bukan?

      Hapus
    3. Kalo teorinya sih iya air es bisa bikin lebih krispi karena suhu adonan yang rendah dari air es, ketika ayam di celup ke minyak yang panas buat tepung balur lebih meletup2 dari dalam karena perubahan suhu yang jauh dan drastis. Jadi bisa bikin kulit ayam tepung lebih krispi/kriting.

      Hapus
  4. Hai hai mba :)
    Saya baru banget semalem praktek yang kedua masak ayam goreng krispi kayak gini, tapi masih belum dapat resep untuk tepung yang enak tanpa MSG atau penyedap masakan.
    Btw mau nambahin saran sedikit nih :) Jadi sebenernya kunci supaya ayamnya garing diluar tapi tetep moist & matang di dalam itu adalah menggoreng dengan minyak banyak (deep fry), dengan suhu 160 derajat C, selama 12 menit aja (tergantung banyak ayam yang digoreng dalam 1 wajan atau panci). kayak saya contohnya nih, kemaren cuma goreng 4 potong ayam, supaya hemat minyaknya saya pake panci paling kecil, ternyata waktu yang diperlukan hanya 5-7 menit aja (dengan suhu tetap 160 derajat C). Hasilnya sesuai harapan, krispi banget dan dalamnya matang tapi tetap lembut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippo terima kasih sudah berbagi mbak mbak:) Kendalanya mungkin tidak semua dapur punya alat pengukur suhu apalagi bagi yang masih menggunakan dapur darurat ala kadarnya macam saha heheh....

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^