Seblak Ceker

Seblak Ceker
Ceker ayam yang ditumis dengan bumbu cabe, kencur dan bawang... rasanya manis, asin, puedes bikin seuhah dan gurih...


Sepertinya ini adalah makanan paling mengerikan yang pernah ditampilkan di momylicious... hahah... Saran saya bagi yang ngeri dengan percekeran segera tutup tabnya, lagian ngapain ceklak ceklik ke judul ini kalo ngeri... Tapi bagi suka, dan penggemar berat ceker ayam, mari kita lanjutkan ngocehnya.

Seblak, penah denger makanan ini? belum? baik mari sekilas saya kasih gambaran. Dahulu kala... saat saya masih kuliah dan ngekost di Gegerkalong Bandung, waktu itulah saya pertama kali berkenalan dengan makanan aneh ini. Ya, seblak seperti hal nya gehu hot jeletot, kripik mak Icih, Cilok goreng, cimol, cireng isi, kentang arab, dan berbagai macamnya itu, memang panganan dari Bandung yang kadang terdengar agak aneh. Tapi percayalah, disini, makan-makanan itu, luar biasa digemari... termasuk sama turis-turis domestik yang datang ke Bandung. Waktu itu seblak belum sepopuler sekarang. Seblak masih merupakan camilan iseng bagi orang-orang yang sedang kumpul-kumpul dengan kondisi keuangan yang cekak. Dulu, seblak bukan terbuat dari ceker, seblak ceker hanya merupakan salah satu variannya aja. Tapi aslinya, seblak itu terbuat dari kerupuk aci. Jadi benar-benar panganan yang miskin nutrisi...

Suatu hari, saya bengong di dapur kost-an sewaktu ngeliat teteh-teteh teman sekost-an saya bikin "tumisan kerupuk", dulu saya menyebutnya begitu sebelum dikasih tau kalo ini namanya seblak. Saya harus mikir beberapa kali ketika ditawari seblak, sebelum akhirnya menyerah dan nyicip seblak, itu pun setelah sebelumnya digoda abis-abisan sama temen saya itu. Suprise...! saya langsung suka... ada yang beda dari seblak ini... cita rasanya unik. Perpaduan atara kencur, bawang dan cabe nya itu luar biasa menurut saya... dan kerupuk aci nya terasa kenyal-kenyal enak.. iya, padahal ini cuma tumisan kerupuk kok bisa bikin ngeces-ngeces gini, pikir saya. Jadilah sejak itu saya sering bikin seblak...

Jika ada teman-teman yang kebetulan sedang berada di sekitar Gerlong dan ingin mencoba makanan ini, konon katanya disana ada penjual seblak yang sangat enak dengan berbagai varian rasa. Jangan khawatir, kini seblak bukan lagi panganan yang miskin gizi, berkat tangan-tangan kreatif penjual seblak, kini seblak sudah bisa disebut makanan yang cukup bernutrisi... dan beberapa waktu yang lalu saya sempat liat diliputan tipi lokal Bandung yang menayangkan sebuah restoran khusus seblak, sayang tempatnya jauh, di Rancaekek kalo gak salah, jadi saya belum sempet icip-icip, tapi berkat liputan itulah saya tau kalo seblak kini tidak hanya berbahan dasar kerupuk aci, atau makaroni tapi juga ceker!

Nah karena jauh itu lah.. akhirnya saya harus turun tangan sendiri mencoba seblak ceker. Pengen ngebuktiin aja sih, bener gak ya, seblak ceker ini enak.. soalnya temen-temen saya di FB lagi heboh berat ngomongin seblak ceker, dan yang paling sebel mereka suka ngaplod-ngaplod potonya, makin ngeces lah saya.... saya gak begitu peduli kalo ada teman saya yang suka ngemeng-ngemeng barang-barang mewahnya, shoping-shoping, beli baju baru,  rumah baru, mobil baru, suami baru..*eh... atau jalan-jalan ke luar ke luar negeri misalnya, tapi jangan pernah ngaplod seblak! itu bikin saya snewen berat... hahaha...

Ciri khas dari seblak adalah kencur... jadi kalo gak pake kencur, gagal... bukan seblak namanya, udah harga mati, gak boleh disubstitusi... *galak bener bu:D terus cita rasanya itu, manis, asin, pedas, super-pedas atau pedas kesetan-setanan, jadi gak ada istilah seblak gak pedes... gak sah namanya kya kya kya.... 


Seblak Ceker


Seblak Ceker






Seblak Ceker

SEBLAK CEKER




Seblak Ceker









250 gr ceker ayam, bersihkan kulit luarnya, potong kukunya
2 ruas jari kencur
3 buah cabe rawit setan [tambahkan jika kurang pedas]
1 buah cabe merah besar
3 siung bawang putih
2 buah bawang merah
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam
100 ml air kaldu sisa rebusan ceker
2 sdm minyak







Rebus ceker hingga empuk [kalo saya di rebus di panci presto], sisihkan airnya. Ulek cabe, bawang dan kencur hingga halus. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum dan matang, masukan ceker dan air kaldu. Masukan gula dan garam, masak hingga air nya menyusut tapi tidak sampai kering. Cicipi, paskan rasanya dengan selera masing-masing. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



20 comments :

  1. pantesan hate asa seseblakan, teu puguh raraosan...sihoreng teh disuguhan seblak ceker, kaleresan nuju teu dibumi....ningali seblak ceker, abdi janten hoyong buru-buru uih euy....kangen ulekan jeung racikan ibuna yeuh....;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabayang kumaha ulekan na si ambu duuuh..
      nuju dimana atuh, meni seseblakan kitu:D

      Hapus
    2. si mamang bohong ah
      bilang aja hayang diseblak ema na geo...

      Hapus
  2. memang ngeri!!!! terkejut sy tgk ceker depan mata!!!! hahahha...anyway i luv to eat kaki ayam...esp bila dah lembut cam tu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahhahahah...
      untung gak langsung tutup tab ya umi...:)
      me toooo...

      Hapus
  3. hihihi...memang paling enak krokot2 ceker :D

    BalasHapus
  4. wah kudu d coba nimah,,,tp saya klo makan ceker slain d bumbu kuning mah(di ungkeb)g makan geli hehee,,,
    Tp yg nimah ada rasa pedes+kencur nya yaa,,jd kpengen nyoba,,, ^_^
    Tp klo d taroin kunyit kaci g teh?,,biar wrna nya g putih gtuu,,

    BalasHapus
  5. banyakin makan ceker
    biar pinter kokoreh nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tah bener kang leres pisan..
      tapi kalo cuma kokoreh korong mah ke heula ah..:D

      Hapus
  6. oalah..seblak teh pake kencur toh bumbunya..biasanya di rumah cuma pake duo bawang aja sama cabe...kenyal kenyal aneh tapi enak kok..
    dan sekarang abru tahu ceker juga bisa dibikin seblak..
    jadi kabita euy..bade ngadamel ah...meser heula cekerna isukannya ..(bahasa sunda kasar nih...) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, pake kencur heheheh...
      cobalah bikin yang cekernya, aduh raos pisan:)

      Hapus
  7. awwww..... sampe sekarang belum bisa makanin ceker teh... serem aja gituh.... hehehe... dasar! tapi penasaran dengan rasa bumbunya, sensasi kencur itu pasti maknyos yah....? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu cobain yang originalnya, seblak krupuk aci aja teh, enak juga kok..:)

      Hapus
  8. Ceker itu nikmat banget, di sebelah sarinah ada soto ceker bu gendut yg selalu rame :-)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^