Schotel Mie Bumbu Gulai

Schotel Mie Bumbu Gulai
Schotel mie, seperti judulnya, terbuat dari mie, telur, dengan campuran ayam dan aneka sayuran, yang dipanggang dengan toping keju dan paprika... aromanya jadi lebih istimewa karena penambahan gulai bubuk di dalamnya...


Ini bukan sekedar lebay... tapi sungguh schotel mie ini lezat pemirsah... penambahan gulai bubuknya itu menyumbang aroma yang enak sekali, menggugah selera, sekaligus segar karena ditambahkan paprika di atasnya. Apalagi coba?

Saya membuat ini sekitar dua hari yang lalu sebelum saya gak enak badan itu... jadi pas besoknya saya bedrest, anak-anak masih bisa makan schotel mie ini meskipun emaknya gak masak. Selain rasanya enak, gizinya lumayan lengkap, ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam satu sajian, atau kalo bahasa kerennya one-dishmeal ceunah... cocok lah disajikan dalam nuansa kepepet, ketika emak lagi males masak yang macem- macem. Cukup satu macem, tapi kenyang, enak dan bergizi, meskipun tentu saja para penganut foodcombining akan mengaggap makanan ini tidaklah cocok untuk tubuh... well yah, itu sih terserah masing-masing, saya bukan tipe orang yang senang berdebat soal menu diet apapun....*wink


Schotel Mie Bumbu Gulai


Schotel Mie Bumbu Gulai


SCHOTEL MIE BUMBU GULAI


Schotel Mie Bumbu Gulai









150 gr mie telor kering, rebus, tiriskan
270 gr dada ayam, rebus, potong kotak kecil, sisihkan air rebusannya
350 ml air rebusan ayam
100 gr wortel, potong kotak kecil
100 gr buncis, iris halus
2 batang daun bawang, iris halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 butir telur rebus, potong memanjang masing-masing menjadi 4 potong
3 butir telur, kocok lepas
2 sdm tepung terigu
1 sdt gula
1/2 sdt garam [tambahkan bila kurang]
1/2 sdt merica bubuk
1 1/2 sdt bumbu gulai bubuk siap pakai
1/2 sdt kunyit bubuk
3 sdm susu bubuk, cairkan dengan 100 ml air
50 gr keju parut, plus ekstra untuk taburan
Paprika kuning dan hijau, cincang, untuk toping
Minyak untuk menumis








Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, tambahkan bumbu gulai bubuk dan kunyit bubuk, masukan wortel, masak hingga layu, tambahkan buncis dan daun bawang aduk rata. Masukan air kaldu masak hingga airnya menyusut banyak, bubuhi gula, garam dan merica lalu masukan tepung terigu, aduk rata. Masukan keju parut, ayam rebus dan susu yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian masukan mie, aduk rata, cicipi. Tambahkan telur aduk rata. 

Siapkan pinggan tahan panas, loyang atau ramekin, yang sudah dioles margarin kemudian masukan setengah bagian mie, ratakan. Tata telur rebus yang sudah dipotong di atasnya, kemudian tutup dengan setengah adonan sisa [ternyata pinggan punya saya kepenuhan, jadi sisanya saya masukan ke dalam muffin cup satuan]. Taburi atasnya dengan paprika dan keju parut, lalu panggang dalam suhu 150'C selama kurang lebih 25 menit. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. kayaknya mau nyoba ah Yu :) pengen melulu tapi gak dikerja2in hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyaaa... rempong ya jeng.. lagian cm berdua gt mah sy aja males masak mending beli:D

      Hapus
  2. saya bbrp kali mbikin skotel mi n spageti...klo yg pakai bumbu gulai blm pernah sih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam rangka ngabisin sisa bumbu gulai, bekas bikin gulai daging um, hihi..
      aromanya kayak mie instan yg rasa soto itu, tapi kalo itu kan aromanya sangat artifisial, kalo ini beneran..:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^