Rendang Ayam

Rendang Ayam
Ayam yang dimasak dengan santan, cabai dan aneka rempah, Indonesia banget lah pokoknya...


Selamat tahun baru hijriah temans.... masih edisi liburan ceria donk ya... masak apa nih? 
kalo saya sebenernya gak masak apa-apa cuma goreng nugget aja hari ini.. lha terus itu rendangnya? heheh itu mah masakan kapan hari gituu udah ada dua minggu yang lalu kali. Seperti biasalah resep pun harus nganti... jadi sebenrnya rada-rada lupa juga sih bahan-bahan yang dimasukinnya apaan LOL...*pembaca jadi mulai merasa ragu....:D

Rendang ini, tentunya sudah sangat menyesuaikan dengan lidah orang Priangan yang agak manis gimana gituuu.. tapi teteup pedes kok... dan enak pastinya, minimal menurut suami saya dan saya juga... anak-anak mah gak ada yang makan, karena kepedesan. Eh Kirei makan dink... dia kan pecinta pedes juga... cuma bumbu-bumbunya rada dikepinggir-pinggirin sih, nyemil-nyemil dagingnya aja, mungkin maksudnya biar gak terlalu pedes. 

Eh yah... sekalian deh, saya mau promo, beberapa hari ini selain baca-baca novel saya juga sibuk bikin-bikin sesuatu... Hasilnya liat di blog saya yang baru ya, Keikolicious... iya bangettttt... kehadiran blog saya yang baru ini semakin membuktikan kalo saya ini jelas kekurangan kerjaan hihi... 
Sebenernya blog ini gak baru-baru banget sih, blog saya yang udah lama juga, cuma di-keep aja, masih nyari-nyari ide mau diisi apaan. Sampai akhirnya... diisi itu tuh... Tengok aja lah, biar penasaran ya^^


Rendang Ayam



RENDANG AYAM


Rendang Ayam








500 gr dada dan paha ayam
Santan dari 1 btr kelapa [Berapa banyak? errr lupa gak ditakar]
5 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 biji asam kandis [saya pakai 1 buah tomat]
Minyak goreng untuk menumis
Gula
Garam




Bumbu yang dihaluskan
1/2 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt jinten, sangrai
1/4 sdt adas, sangrai
1/2 sdt merica butiran
100 gr cabai keriting
6 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit







Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, tambahkan lengkuas, asam [kalo saya pake tomat] daun salam dan daun jeruk, masak hingga wangi. Biasa kalo pakai daging sapi, ditahap ini dagingnya saya masukan, tapi karena ayam cenderung lebih cepat matang, jadi saya masukin ayamnya belakangan biar gak terlalu empuk. 

Tambahkan santan, masak terus hingga airnya menyusut dan santan nampak menggumpal, baru tambahkan ayam. Masak hingga ayam matang, tambahkan gula dan garam. Masak hingga kuah tampak berminyak, dan airnya hampir menyut semua, maksud saya yang kayak di gambar itu... nah kemudian cicipi, tambahkan bumbu-bumbu yang kurang, [maksudnya gula garam] kalo sudah pas, matikan api, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. wah....udah lama pgn mbikin ini........hr ini mbikin ayam kecap aja buat krucil.....hehe masak yg gampang2 ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. emhhh ayam kecap enak jg kayaknya....:)

      Hapus
    2. kalo taun baru, kurbannya hayam nya..?

      Hapus
    3. gak usah nunggu taun baru.. tiap minggu jg bisa:D

      Hapus
  2. teteh,,bumbu nya sama kaya rendang daging yaa,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhun, pami abdi mah sami wae sapertos ngadamel rendang daging sapi..mung pami daging sapi mah langkung raos nganggo serundeng anu diulek heula janten warna na langkung hideung:)

      Hapus
  3. panginten teh beda,,, serundeng th kalapa nu d sangrai trus d tumbuk nes sampai k kluar minyak na?

    BalasHapus
    Balasan
    1. henteu teh sami wae..
      muhun kalapa disangrai dugika coklat, teras diulek dugi ka lembut:)

      Hapus
  4. owh,, iya sami brarti,,d sni mah nmina gonseng klpa,,,

    BalasHapus
  5. walaupun saya ga suka pedas tapi melihat gambar ini bikin saya laparrr mba :)

    itu lho paha ayamnya pake nasi panas...mantappp hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa aduuh dingin2 begini makan rendang, sedapnyaaa:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^