Lapis Kukus Ubi Coklat Keju

Lapis Kukus Ubi Coklat Keju
Kue khas dari Sulawesi Selatan yang memiliki citarasa yang manis namun gurih...


Pertama kali bikin kue tradisional dari Sulsel dan langsung suka. Enaaaaaak....! Apalagi yang lapisan kuningnya itu saya tambahin keju parut  jadi tambah gurih gitu...manis ada asin-asinnya. Kirei juga suka yang lapisan keju ini dibanding yang lapisan coklatnya. Next time kalo bikin lagi mau selapis aja deh, terus dikejuin... 
eh di resep aslinya gak pake keju yah, ini mah iseng aja tambahan dari saya. Begitu juga lapisan coklatnya, resep aslinya pake coklat pasta, cuma saya gak suka sama aroma coklat artifisial yang aneh sih menurut saya mah, gak berbau coklat sama sekali... jadi saya pake coklat bubuk aja, lagian kalo ada coklat aslinya ngapain pake yang tiruan ya... kecuali vanilla bubuk, saya gak pernah punya vanilla asli, jadi pake tiruannya heheheh...*maharani bokk... 

Rada lupa-lupa ingat saya sama kue ini. Maksudnya, cara ngukusnya. Di resep aslinya ditulis sebelum dimasukan ke dalam loyang, loyangnya dioles minyak lalu dialasi plastik. Nah karena saya ngeri sama plastik yang dipanasin, jadi waktu itu saya gak pake plastik. Tapi saya gak yakin, terus diapain dong loyangnya... apa cuma dikasih minyak aja terus dituang adonan lalu dikukus? atau dioles margarin, ditaburi tepung terigu, dimasukin adonan baru dikukus? maap permirsa saya gak inget, yang jelas gak pake plastik aja. Syukurlah, kue nya gampang dikeluarin dari loyang. Bikinnya udah lama sih udah lebih dari 3 minggu yang lalu makanya...lupa. Sekali lagi maap. Tapi dibawah saya tulis yang dioles margarin aja...atau kalo mau sesuai sama resep aslinya, setelah dioles minyak, dialasi plastik baru dituang adonan, terserah ya..


Lapis Kukus Ubi Coklat Keju

LAPIS KUKUS UBI COKELAT
Source: Sajiansedap


Lapis Kukus Ubi Coklat Keju










2 butir telur 
75 gram gula pasir 
50 ml santan kental 
2 sendok teh ragi instan 
200 gram ubi jalar yang sudah direbus dan dihaluskan
50 gram tepung terigu protein sedang 
2 sendok makan tepung maizena 
1/4 sendok teh garam 
1/4 sendok teh vanili 
2 sendok makan susu kental manis 
1/2 sendok teh cokelat bubuk [resep asli pakai 1/8 coklat pasta]
30 gr keju cheddar parut [resep asli gak pake]









Kocok telur dan gula 3 menit dengan kecepatan rendah. Masukkan 25 ml santan dan ragi instan. Aduk rata. Sisihkan.
Aduk rata, ubi dan sisa santan. Tambahkan kocokan telur. Aduk rata. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, garam dan vanili sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan susu kental manis. Aduk rata.
Bagi adonan 2 bagian. Satu bagian ditambahkan cokelat pasta. Aduk rata. Satu bagian dikasih keju parut. Diamkan adonan 15 menit.

Tuang adonan putih di loyang 18 x 10 x 5 cm yang dioles margarin dan ditaburi tepung terigu. Kukus 15 menit dalam pengukus yang sudah dipanaskan. Tuang adonan cokelat di atasnya Kukus 25 menit.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. hadeeeuuhh... bisaan pisan si teteh, alas kertas begitu jadi keliatan keren, coba kalo aku mah malah jadi keliatan kaya buntelan apaaaa gituh... hehehe....

    *ngerayu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bar irit teh gak usah beli properti banyak2 hahahha..

      Hapus
    2. beneran teh, jadi tambah cakep... aku malah gak ngerti-ngerti kalo mau foto harus digimanain stylenya, metode fotonya, hyaaa paling asal jepret ajah... hihihi....
      gak pantes dibilang foodblogger yah...
      hiks.....:(

      Hapus
    3. santaii...sama aja sih teh, ini juga sebenrnya lagi mentok gak punya konsep.. mati gaya gitu hehehhe...kadang mah kira-kira aja pake piling..ah cakep kali.. kalo nggak juga maksa aja..lagian gak bakalan dtilang jg kok kalo potonya amburadul hehehe

      Hapus
  2. eeemmmm,catetttt..simpel ya mbk hehe..yummie bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Hanna.. lumayan lah buat cmailan anak-anak:D
      btw, terima kasih sdh mampir^^

      Hapus
  3. ini lapis terigu ya Mbak....pasti cepet lariis nih....

    BalasHapus
  4. dibanding terigu, lbih banyak ubinya um, terigunya cm 50gr aja...:)

    BalasHapus
  5. dah di eksekusi semalam buat cemilan anak lanang, dah hasilnya habis 2 cup alufoil,, makasihh yaa resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2 seneng deh kalo si kecil suka...^^
      salam kenal ya...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^