Hati Ampela Bumbu Kunyit

Hati Ampela Bumbu Kunyit
Ati ampela yang dibumbui kunyit dan teman-temannya sehingga menghasilkan citarasa manis, agak asam dan gurih...


Saya ragu-ragu mau posting ati ampela ini.... menu yang terlalu biasa gak sih? tapi... ya kali-kali aja ada emak-emak di luar sanah.. yang masih pemula dalam hal masak memasak *kayak saya, kebetulan lagi punya ati ampela terus mati gaya mau dibikin apa... yarpp... ini salah satu menu alternatifnya, dimasak bumbu kunyit! Sebenernya gak pake kunyit juga gak apa-apa sih. Kalo mamah saya biasanya gak dikasih kunyit, jadinya kayak dibacem asem manis gitu, tapi kalo saya mah lebih suka pake kunyit biar aroma amis-amisnya itu bener-bener  ilang ketelen bumbu dan rempah *ketelen apa sih maksudnya...hahahha...

Secara keseluruhan... rasanya itu memang kayak bacem, asem manis gitu... dan biar tambah nendang rasanya saya tambahin juga cabe rawit. Gak usah diapa-apain cabenya, cukup dicemplungin aja beberapa saat sebelum ati-ampelanya mau diangkat dari kompor.. jadi entar masakannya itu ada aroma cabe dan sensasi pedes gitu deh...



Hati Ampela Bumbu Kunyit


HATI AMPELA BUMBU KUNYIT


Hati Ampela Bumbu Kunyit







5 pasang ati ampela, potong kecil-kecil
Air secukupnya
2 sdt Gula [tambahkan/kurangi sesukanya]
3/4 sdt Garam [tambahkan/kurangi sesukanya]
1 biji mata asam jawa [harusnya ditulis apa sih... biji mata? ]
3 lembar daun jeruk, sobek
2 lembar daun salam
2 ruas jari lengkuas, geprek
5 buah cabe rawit [yang pedes], buang tangkainya
Minyak untuk menumis






Bumbu yang dihaluskan
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
3 butir kemiri
1/3 sdt merica butiran







Tumis bumbu yang dihaluskan, masukan lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Masak hingga harum dan bumbu matang. Masukan ampela, tambahkan air. Masak hingga ampela setengah matang kemudian tambahkan ati, tambahkan air jika kurang. Sambil dimasak, masukan gula, garam dan asam, masak hingga air menyusut. Masukan cabe rawit, masak lagi sebentar hingga cabe layu, cicipi. Apabila rasanya sudah pas, angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. barusan ibu kos masak beginian mbk,tapi merah..ini kan kuning hehehe...boleh saya catet ya resepnya mbk,nyoba ah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. merah? pake cabe kali ya heheh..
      mangga silahkan mbak dicoba resepnya, mudah2an suka:)

      Hapus
  2. wah ni mkanan favorit saya,,,rasanya aneh tp enak,,,hehee,,
    kalo ibu saya msak nya suka di pakein kecap,,enak jg,,

    BalasHapus
  3. Ay, kalo hatinya diganti daging atau ayam bisa gak ya? si matt gak mau makan jeroan, aku juga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha..kebayang aja sih, bule2 pasti ngeri berat sama jeroan, eh dirimu juga dink ya...xixiixix...

      emh, aku sihh gak pernah masak pake yg laen, tapi KAYAKNYA, lebih cocok kalo diganti pake beef ketimbang ayam, say...:)

      Hapus
  4. haduuh...*tutup mata*
    sejak disini jarang makan ini Mbak..langka dan mahal soalnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ati ayam juga? mihil?
      jadi bertanya2 di jepun apa donk yang murmer:D

      Hapus
  5. wa, teteh, ini mah paporitku banget, tapi sayang disayang, setelah tau asam uratnya diambang batas maximal, terpaksa aku bercerai dengannyah!!!
    hiks....hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo gt? weleh...
      aku kalo makan ini ga kerasa sih, justru kalo makan jengkol atau kacang ijo, tangan suka pegel:(

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^