Gulai Daging

Gulai Daging
Daging sapi dimasak bersama santan dengan aneka bumbu dan rempah, gurih dan pedas...!


Ini menu makan kami hari ini. Berat banget ya...daging bersantan gitu lho...
Daging yang agak berlemak dan berotot dimasak dengan santan dan bumbu pedas... dimakannya pas anget-anget di cuaca dingin kayak gini...cocok banget! Endonesiah sekalee cita rasanya... perpaduan antara santan, jintan, ketumbar, adas, cengkih, lada, kemiri... dan karena keisengan saya, yang memang pecinta berat masakan pedas, saya tambahkan pula cabe rawit di kuahnya... sedaaaap! 

Nggak niat juga sih bikin gule. Tadinya saya malah mau bikin beef teriyaki. Soalnya waktu ke  pasar kemarin [iya, tumben-tumbenan ke pasar, biasanya cuma belanja di tukang sayur aja], saya beli paprika. Beef teriyaki yang dipakein paprika itu nendang banget deh aromanya... udah kebayang-bayang gitu.. eh sayang, daging yang di tukang sayur, kurang bagus, ada lemaknya. Biasanya saya gak suka masak daging berlemak, cuma tadi pagi saya gak teliti, saya pikir daging yang kayak biasa aja yang gak ada lemaknya. Sebenernya bukan lemak sih apa itu yah namanya, kalo di kampung saya disebutnya kekerewed hahaha... sayang susah nyari padanan katanya. Nah karena dagingnya yang demikian itu, maka niat awal yang asalnya pengen beef teriyaki, berubah haluan jadi gulai...but yeah... no regret, tetep enak kok...^^


Gulai Daging


GULAI DAGING 


Gulai Daging






250 gr daging sapi, potong kecil, rebus sampai empuk, jangan dibuang air rebusannya 
3 lembar daun jeruk, sobek
2 lembar daun salam
2 ruas jari lengkuas, geprek
3 butir bawang merah, iris tipis
1 bungkus santan instan [65 ml kara]
1 sdt garam [tambahkan jika kurang]
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula
1 1/2 sdt bumbu gulai bubuk siap pakai
Air rebusan daging, kira-kira 700 ml, atau jika kurang tambahkan air biasa saja
7 buah cabe rawit besar yang super pedas, buang tangkainya, [skip jika tak suka pedas]
Minyak untuk menumis




Bumbu yang dihaluskan
3 siung bawang putih
5 btr bawang merah
3 buah cabe merah besar
2 ruas jari jahe
2 ruas jari kunyit, bakar
1 sdt ketumbar, sangrai
1/4 sdt adas, sangrai
3 btr kemiri, sangrai
1/2 sdt jintan, sangrai
3 btr cengkih






Panaskan minyak, tumis bawang merah sampai agak kecoklatan, masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan bumbu gulai bubuk. Masak hingga harum dan matang, tambahkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Masak lagi sebentar. Masukan air sisa rebusan daging dan santan. Masak terus hingga menyusut dan kuah mengental, kemudian masukan daging, gula, garam, kaldu bubuk, cabe rawit dan merica. Masak selama kurang lebih 10 menit dengan api kecil. Cicipi, pas kan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. duuh...pengen ngangku semua props nya...hehe....
    kabarnya sendok gitu di ace hardware mahal yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo gt?
      saya belinya di Borma [Borobudur Market, nama salah satu supermarket di Bandung], harganya gak mahal kok, gak lebih dari 3rb deh perbiji, beneran:)

      Hapus
    2. aih....murah banget itu....kata temen di ace hardware perbiji 30 rb *geleng2*
      Mbak, minta infonya donk toko2 perkakas, food dll yang murah di Bandung....ada temen yang nanya soalnya.....via inbox jg gpp....makasiiih ^^

      Hapus
    3. weleehhh mahal bokkk...
      mungkin kualitasnya lebih bagus kali ya um..
      udah saya kirim ke mesage Fb um...:)

      Hapus
  2. ayuuu, boleh gak pinjem fotonya? mau buat list food blogger favorite, boleh yaaa :) makasih hehe

    BalasHapus
  3. waduh....gulai daging mmg feberet saya....boleh makan sampai jilat pinggan gitu!

    BalasHapus
  4. Teteh... Numpang nanya, di resep bumbu dihaluskan ada 3butir bwg Merah sama 5siung bwg merah. Itu bener? Maksudnya bawang putih kah yg 3butir itu??

    Trus di cara pembuatan, pertama ditumis bwg merah. Ini bwg merah yg mana ya? Soalnya diresep gak ada bwg merah yg di iris?

    Nuhun teh nanya2nya sotoy hehe. Makasih teh ayu :)

    -ichay-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo teh Icha... punten itu salah tulis. Bener harusnya yang 3 siung itu bawang putih trs kalo yg 5 btr itu br bawang merah heheh..
      nah kalo itu yang ditulis di atas bawangnya di tumis dl, soalnya ada dua, ada bawang merah yang dihaluskan sama bumbu2 yg lain, ada juga yg diiris tipis trs digoreng sebelum dimasukin bumbu. Ini mah kebiasaan saya aja kalo masak bawangnya suka dobel, ada yg dihaluskan sama diiris, biar lebih mantep gitu.. tapi kalopun gak pake bawang merah iris juga ga apa2...:)
      langsung aja dihaluskan sama bumbu yg lain.

      nuhun ya koreksinya teh Icha:)

      Hapus
  5. hadehhh kaga nahan liart makanan nya ,,, memang makanan indonesia paling juara lah pokok nya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheu... selamat liatin gambar aja deh:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^