Sambal Teri & Pete

Sambal Teri & Pete
Sambal cabai hijau dengan tambahan pete dan teri goreng...Sedaaaap...!



Saran saya, siapkan sebakul penuh nasi hangat, sebelum memasak sambal teri ini...serius!
Saya nggak suka pete, dan gak makan pete, tapi kalo masak, seneng banget yang pake pete, cuma buat ngambil aromanya aja. Karena masakan yang pakai pete itu, aromanya lebih sedap, iya pan, emak-emak?

Nah, ini tuh sebenernya iseng aja, punya teri tapi cuma dikit. Biasanya suka digoreng kering pake bawang dan cabe terus ditaburi kacang goreng. Tapi kalo jumlahnya cuma 100gr, nanggung banget. Akhirnya saya harus cari cara biar terinya bisa awet. Dipakein cabe yang banyak kayaknya enak juga, dan kebetulan ada pete, jadi cemplungin aja semuanya... jadinya, beneran asli enak banget.. dan gak ada bau petenya di mulut. Kenapa? karena saya makannya sama semur jengkol... jadi bau pete nya hilang...*ngikik 

Saya tidak bisa memastikan seberapa banyak takaran garam dalam resep ini. Teri yang saya pakai, teri nasi kering yang rasanya sudah sangat asin. Jadi untuk mengurangi tingkat keasinannya, terinya dicuci terlebih dahulu dibawah air mengalir beberapa saat. Makanya, silahkan gunakan indra pengecap masing-masing untuk mengepaskan tingkat keasinannya, dengan cara diicip-icip dahulu sebelum disajikan.


Sambal Teri & Pete


SAMBAL TERI & PETE


Sambal Teri & Pete









100 gr teri asin, goreng kering
1 papan petai
1 buah tomat, potong-potong
5 buah bawang merah, iris tipis
1 sdt gula pasir
50ml air
Garam
Minyak goreng




Bumbu yang dihaluskan
10 buah cabe hijau 
10 buah cabai rawit hijau [tambahkan jika ingin lebih pedas]
3 buah bawang putih









Goreng teri hingga kering, tiriskan. Panaskan 3 sdm minyak goreng, masukan bawang merah, tumis hingga harum. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan, masak hingga harum dan matang. Tambahkan tomat dan petai, masak hingga tomat hancur, tambahkan teri, aduk rata. Masukan air, gula dan garam, aduk-aduk, cicipi. Masak hingga airnya menyusut dan rasanya pas di lidah.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. aiihh,,,kbetulan saya pnya pete ,,oleh'' dri banten,,, tp teri nya teri belahan pala buntung,,,,gpp kali yaa,,,
    Aduh baca nya z saya dah ngeces,,,dah kbayang rasa nya enak,,soalna sya pling ska yg pedes'',,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kayak belahan pala buntung teh yang jiga kumaha teh? hihihi...
      kayaknya enak2 aja sih... yang penting terinya bisa digoreng kering, nggak keasianan, cabenya banyak, dan ada petenya... pasti mantap apalagi kalo teh Heny yang masak:D...

      Hapus
    2. huhuyy,,, teri nu tos d belahan nte aya kepala na,,rada ageng teri na teh,,semacam teri jengki,pling enak d goreng garing,,anak ku doyan banget,,kdang mah sok d tambulan,,
      Hihii,,klo saya yg masak kdang ska g nyadar naroin cabe nya,,tau'' mertua protes ktanya pdes banget,,hehee ;-)

      Hapus
    3. oo kitu? hihiih...nembe terang, muhun yang penting mah ulah kaasinan aja teri mah da teri mah tos gurih saleresnamah pami teu dinanaonan ge:D

      wah mantu minculak ieu mah...xixixiix..

      Hapus
    4. hihii,,minculak teh aun,,,nme nguping,,,

      Hapus
    5. naun yah bahasa jermannya..ah kitu welah pokonya hehehe

      Hapus
  2. saya ga pernah masak pete...hehe...tapi kalo ibu yang masakin ga bakal nolak :)

    BalasHapus
  3. Nyaan hayang, ceu...
    Menu yang bagus untuk masa pertumbuhan tah...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^