Bakpao Ubi Jalar Isi Kacang Hijau

Bakpao Ubi Jalar Isi Kacang Hijau
Bakpao ini memiliki campuran ubi jalar di bahan adonannya sehingga teksturnya menjadi lembut bahkan setelah bakpaonya dingin...seru kan?


Postingan iseng sambil ngisi weekend...
Jadi ceritanya... saya dapet kiriman satu karung penuh ubi Cilembu dari tante saya yang baru pulang dari Cilembu. Seneng sekaligus shock!
Sekaruuung bo!

Untunglah si tente masih bisa dilobi... akhirnya saya cuma ngambil sebaskom ubi, dan sisanya saya masukin lagi ke dalam karung dan minta tante saya itu untuk membawa ubinya buat oleh-oleh ke Sukabumi aja hehehhe... bukannya nolak rejeki ya cinn.. tapi bayangin aja apa jadinya kalo orang rumah dikasih ubi terus bisa perang merecon tiap hari...*ngikik...

Inilah kreasi pertama dari ubi cilembu hibahan dari tante saya... bakpao!
Inspirasinya dari ummu fathima yang kemarin posting bakpao coklat. Saya jadi langsung keingetan sama ubi, kayaknya lucu juga kalo dijadiin campuran bakpao. Ternyata bener aja sodaraa... bakpaonya tambah enak, lebih lembut dan tetep lembut meski udah dingin. Kali ini isiannya saya pake yang standar aja, kacang hijau.. ntar deh kalo bikin lagi, mau nyoba isian yang asin... kayak ayam gitu...

Well yah...untuk postingan selanjutnya, siap-siap aja liat ubi cilembu ini gentayangan ya pemirsa hehehe...



Bakpao Ubi Jalar Isi Kacang Hijau


BAKPAO UBI JALAR ISI KACANG HIJAU


 
Bakpao Ubi Jalar Isi Kacang Hijau








200 gr tepung terigu protein rendah
50 gr tepung terigu protein tinggi [saya kehabisan tepung terigu protein rendah]
150 gr ubi jalar yang sudah direbus dan dihaluskan [saya pakai ubi cilembu]
1 1/2 sdt ragi instan
1 sdm susu bubuk
1 1/2 sdm margarin
150 ml air dingin
1/2 sdt garam
30 gr gula pasir







Isi kacang hijau
150 gr kacang hijau, rendam semalaman
120 gr gula pasir
30 ml santan kental
1/2 sdt vanilla bubuk
2 sdm minyak goreng





Isi
Kukus kacang hijau sampai lembut, kemudian haluskan. Masak bersama dengan gula dan santan sampai kalis. Tambahkan minyak, aduk rata. Dinginkan. Bentuk bulat pipih.


Bakpao
Campurkan tepung terigu, ubi, ragi, air dan gula. Uleni hingga kalis, kemudian masukan margarin dan garam. Uleni terus hingga kalis elastis. Bulatkan adonan, kemudian istirahatkan selama 30-40 menit, atau hingga mengembang 2 kali lipat. Ambil adonan, kemudian beri isian, bentuk sesuai selera. Lakukan sampai habis. Biarkan selama kurang lebih 10 mneit lalu kukus selama 10-15 menit. Jangan lupa menutup tutup panci dengan serbet bersih.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat..


Salam,



16 comments :

  1. Ga suka bakpao
    Nunggu edisi Cilembu aja deh
    Dapat dana sponsorship berapa dari si mamang..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh...
      sayangnya mang lembu belum konfirmasi buat mendanai nih...:D

      Hapus
    2. Ooo pantesan jadi masak tempe
      Tar aku kasih tau dia

      Hapus
    3. hehehe...
      ya belom aja ntar jg tayang:D

      Hapus
  2. luama ga maen dimari...makin keceh aja blognya mba :)
    lagi pada demam bapao nih kayaknya ya...aku pernah bikin yang dari ubi ungu mba, lembuuut ya, jadi pengen bikin lagi deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kemana ajaaa...:(
      makasih mbakyu..

      he'em bakpao lagi ngetren kayaknya, gara2 ada event di group :D
      tapi beneran saya jg pengen bikin lagi...enyaaakkk^^

      Hapus
  3. Salam kenal teteh....
    Ubi diganti kentang bisa g ya?
    Anita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo salam kenal juga...

      kayaknya bisa2 aja deh...
      meskipun belom pernah nyoba sih...hihi...
      makasih udah mampir:)

      Hapus
  4. Ok ntar saya coba. Sama2 teteh....

    BalasHapus
  5. aduh kalo masuk disni jadi laper deh

    BalasHapus
  6. baru iseng azh udah insiratif, apalagi kalau diseriusin tuh bakpau nya.....cuman mau di jual berapa kiranya kalau di jualin di deptstore ya?
    bahan mentah ubi cilembunya bisa pake yang grade 3 tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. gocengan juga laku kayaknya mang hehehhe....
      dan mag lembu pasti siap jadi penyuplai ubi nya xixixixi...

      Hapus
  7. hehehe....kena demam bakpao jg nih Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa nih gara2 ummu, sy dua hari berturut2 ngebakpao hahahha...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^