Tumis Bokchoi Shiitake

Tumis Bokchoi Shiitake
Tumisan dengan aroma unik dari shiitake... kenyal-kenyal gurih...


Dulu pernah makan shiitake waktu di restoran apa gitu.... langsung suka sama teksturnya yang kenyal. Tapi baru kali ini nyoba masak sendiri, pengen tau aja sih, sama apa nggak kayak masak jamur yang lain. Ternyata masaknya gak usah lama-lama juga biar aroma dan teksturnya gak terlalu banyak berubah. Soal aroma ini yah, mungkin ada beberapa orang gak suka, karena aromanya itu samar-samar kayak mirip jengkol lho, cuma jengkolnya kenyal hehehe. 

Saya sih suka banget sama shiitake. Kalo suami saya gak begitu suka, aneh katanya, masih lebih enak jamur merang, jamur tiram atau jamur kuping. Kalo temen-temen gimana? suka gak?....



Tumis Bokchoi Shiitake
Penampakan shiitake nya.. tinggal haaapp..lalu ditangkap...*eeehh


TUMIS BOKCHOI SHIITAKE



Tumis Bokchoi Shiitake










2 ikat bokchoi, potong ujungnya, cuci bersih
4 buah jamur shiitake, iris agak tebal
1 sdt maizena, larutkan dnegan 2 sdm air
3 buah bawang putih, cincang halus
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
1/2 sdm kecap inggris
Sujumput gula garam
1-2 sdm minyak untuk menumis
Merica secukupnya




Rebus air sampai mendidih, masukan bokchoi dan shiitake, matikan api. Biarkan selama 2-3 menit kemudian angkat sayurannya, langsung siram dengan air dingin, tiriskan.

Panaskan minyak, masukan bawang putih, tumis sampai harum, masukan jamur, aduk-aduk, tambahkan kecap asin, minyak wijen, kecap inggris, gula dan garam. Masukan bokchoi, taburi merica bubuk. Masukan maizena, aduk rata, cicipi, paskan rasanya. Angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. amit amit eta bahasanya meuni edun
    oseng jamur weh kituh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahahhaha...
      *sok keren pisan nya kang*

      Hapus
    2. besok posting oseng jamur kulit nya...
      tar cakep...

      Hapus
  2. Ayu, foto2nya keren2 banget sih. buatin tutorialnya dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiiih masa sih...
      aku malah suka ngerasa potonya dodols bangeed, kayaknya belum nyampe deh ilmunya kalo bikin tutorialmah :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^