Kastengels


Kastangel... kukis yang asin-asin gurih yang hadir di antara aneka macam kukis manis. Mungkin ini jualah yang menjadi salah satu alasan kenapa kukis ini begitu digemari banyak orang, kecuali saya*nyengir



Kayaknya semua orang suka sama kastengels, kecuali saya. Entahlah, masih rada aneh aja makannya. Masih bau ketek rasanya kalo makan kukis keju ini LOL, dan ini pertama kalinya saya bikin kastengel. Niatnya bukan buat saya, tapi buat bapak. Soalnya mama suka cerita kalo bapak kesukaannya kastengels, karena beliau gak doyang kukis yang manis-manis. Makanya biar pun bau ketek, dibela-belain deh. Saya cuma makan beberapa biji, buat icip-icip aja, untuk memastikan kalo rasanya nggak begitu keasinan. Hasilnya? yaa... better lha dibanding yang dapet beli...*dulu pernah dikasih dari tetangga katanya dapet beli... rasanya ngeek banget deh...

Selain saya, Kirei dan Aiko juga nggak begitu ngefans. Biasa aja, masih lebih suka semprit kayaknya. Tapi gak  apa-apa sih, kan bikinnya juga bukan buat saya atau pun anak-anak, tapi buat bapak. Pokoknya, yang penting bapak senang. Untunglah, bapak suka, enak katanya. Jadi meskipun bikinnya rada rempong, ya terbayar donk...


Kastengels


KASTENGELS
Source:  ResepCampur
[resep sudah saya modifikasi]


Kastengels










300 gr mix mentega dan margarin
3 btr kuning telur [saya pakai 2 btr]
50 ml whipped cream [skip]
1 sdt perenyah cookies [skip]
½ sdt garam
300 gr keju parut (edam, Gouda)
50 gr susu bubuk  [saya pakai 25 gr]
450 gr tepung terigu
100 gr keju cheddar parut, untuk taburan





Olesan [campur rata]:
2 btr kuning telur kocok
1 sdt air
sedikit minyak







Kocok mentega, margarine, dan garam hingga creamy kira-kira 15 menit, kemudian tambahkan kuning telur, kocok lagi hingga mengembang selama 2 menit. Masukan kejunya, aduk sampai rata, lalu matikan mixer.
Dengan menggunakan tangan, masukan tepung sedikit demi sedikit dan susu bubuk, aduk hingga merata sampai tepungnya habis. Diamkan adonan selama 30 menit di dalam kulkas*kalo saya langsung dicetak*

Ambil sekepal adonan, ratakan, lalu cetak sesuai selera. Olesi permukaannya dengan kuning telur lalu taburi keju parut, kemudian panggang dalam oven hingga kecoklatan selama 20 menit. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. kalo ini aku suka
    enak tuh ditemenin teh poci...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ditemenin bu Pipit kurang enak tah?:P

      Hapus
    2. ibue biar ngasuk anak anak di halaman. kalo ngopi ada anak-anak, dijamin kenyang sebelum mulai ngahuap.. :D

      Hapus
    3. kenyang ngomel ya pak e?:D

      Hapus
  2. bau ketek???? hahahaha...baru denger ini ada kue bau ketek hihihi...enak kali mba kuker ini..one of my favorit cookies ^_^

    BalasHapus
  3. itu mah namanya buukan kaastengel, tapi :

    Kastiak...!!!

    BalasHapus
  4. mauuu bangeet....saya ga sempat ngukis >.<

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^