Manisan Kolang Kaling

Manisan Kolang Kaling
Manis, dingin dan kenyal.... sajian yang cocok banget untuk dinikmati di cuaca panas seperti sekarang...


Holaaa....
Panas-panas gini bawa yang seger-seger nih.... manisan dingin, ada kuahnya lagi... seger banget deh...
eh tapi, sebenernya ini postingan yang udah disimpen di draft lama banget. Cuma karena masih males jadi baru diposting.

Manisan ini pesenannya daddy. Kalo biasanya kan manisan kolang kaling itu cenderung kering gak pake kuah, kalopun berkuah, gak sebanyak ini. Cuma daddy sukanya yang berkuah kayak gini, jadi sengaja deh memang dibikin banjir manisannya. Syegeer deh... dulu bikin ini buat ifthar, pas banget. Sayang kalo bukan bulan puasa kolang kalingnya jarang ada di tukang sayur...

Kalo bikin manisan kolang kaling, yang paling penting itu ngebuang aroma bau asem dari kolang kalingnya. Ada banyak cara sih sebenernya, ada yang direndem dulu pake air cucian beras, ada yang direbus beberapa kali, terus kalo kata mama saya, katanya dicuci pake daun bambu atau daun alang-alang, jadinya keset dan gak bau asem. Kalo saya, pake yang cara direbus aja sebanyak tiga kali, abis itu baru deh direbus pake air gula dan direndem pake sirup. Dan, karena saya gak pake pewarna makanan tambahan, jadinya warnanya nggak begitu gojreng... ijonya asal aja, ini pun hasil rekayasa photosop, aslinya lebih gak keliatan lagi ijonya heheh...


Manisan Kolang Kaling


Manisan Kolang Kaling


MANISAN KOLANG KALING












500 gr kolang kaling, cuci bersih
750 ml air
250 gr gula pasir
2 lembar daun pandan
3 lembar daun jeruk
Sirup rasa melon secukupnya [atau rasa apa saja sesuai selera]
Air secukupnya, untuk merebus kolang kaling










Didihkan air dalam panci, kemudian masukan kolang kaling, masak sebentar sambil diaduk-aduk. Matikan api, angkat kolang kaling dari air, langsung siram dengan air dingin. Lakukan proses tersebut sebanyak dua kali lagi. Tiriskan.

Masukan 750 ml air, masak dengan gula, dan jeruk dan daun pandan. Masak hingga airnya agak menyusut, masukan kolang kaling, rebus sebentar. Angkat kolang kaling, rebus kembali airnya, hingga mendidih, angkat.

Kolang kaling yang sudah dipisahkan dari kuahnya kemudian direndam dengan sirup. Dinginkan. Tambahkan air rebusan tadi jika ingin dinikmati bersama dengan kuahnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



19 comments :

  1. Wah udah lama gak singgah ke mari foto2 nya udah makin keren aja Teh Ayu :D kamera baru yaa.. Hehe..
    Oya mohon maaf lahir bathin ya Teh ^_^
    OOT nih, eta red smoothie perbandingan buahna sabaraha Teh? #soknyunda :p hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... tau aja nih teh ayu:D
      sama2 teh mohon maaf juga, ngerasa banget kalo ngeblog suka ngoceh nggak jelas...:D

      kalo buat smoothie, saya mah asal cemplung aja, tapi untuk smoothie kemarin jumlah buahnya untuk strawberry 5 buah, pisang 1 buah, mentimun 1 buah, bit 1 buah, terus 1/2 potong jeruk nipis... :)

      Hapus
    2. eh ketinggalan, wortelnya 1/2 potong...

      Hapus
  2. ngiler liat manisannya (serius mbak)... coba ad yg jual kolang kaling skr pasti langsung ku bikin hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaaaa.... saya juga pengen lageee... kenyal2 manis, dingin... gleekkksss...

      Hapus
  3. dingin dingin begini makan manisan..?
    dodol ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Bnadung mah puanaas om?
      emang om lagi di mana? di swis?

      Hapus
    2. di kamar...
      *ngeukeupan ac

      Hapus
    3. *lirik mak encit*
      kasian dikacangin...:P

      Hapus
    4. hahahahah hiehiehiee
      untung aja saya nda doyan kacang :P

      Hapus
  4. waaaaa.... kalo nyang ini ane doyan bu....
    *bawa gelas gede....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa gelas buat apaan?
      jualan manisan?xixixi

      Hapus
    2. gak, mau d banting aja!?! Praaaaangggg!!

      Hapus
    3. jangan..sayang atuh ceu...
      :D

      Hapus
  5. warnanya sejuuk....btw udah 1,5 th ni ga makan kolang kaling #melas

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu kebayang gmn rasanya Ramadhan tanpa kolang kaling....
      xixixixi....

      Hapus
  6. dulu saya ngemil kolang kaling. dan bahkan sampai bulan Ramadhan pun yang namanya manisan Kolang kaling akan tetap tersaji dan terbina dengan baik sampai sekarang

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^