Cookies Manado

Cookies Manado
Cookies yang unik, luarnya biskuit marie, dalemnya abon... teksturnya renyaaah banget...


Lebaran kemarin bikin macem-macem kukis ampe jadinya 16 toples lho..*bangga... tapi semua diangkut buat mama, jadilah pas pulang mudik kemarin di rumah gak punya camilan. Padahal Aiko dan kakaknya, lagi hobi-hobinya ngemil, emaknya apalagi, udah bawaan dari orok itu mah...hohoho...
Nah, kebetulan dulu pernah liat kukis Manado di postingannya mbak Ana, dari pas pertama liat aja langsung penasaran. Cuma karena kelupaan terus buat beli abonnya akhirnya gak jadi-jadi deh bikin kukis ini. Pas lebaran kemarin juga gak kepikiran buat bikin kukis ini, bikinnya yang biasa aja kukis-kukis sejuta umat, semacam nastar, sagu keju, kaastengel, semprit, lidah kucing, yah...yang gitu-gitu lah... Baru kemarin lagi waktu mampir ke blognya mbak Ana, langsung inget lagi sama kukis ini.

Bahan pembuatannya simple aja sodara... cuma terdiri dari terigu, gula, minyak, abon dan biskuit marie yang dihaluskan. Bikinnya juga relatif mudah, nggak pelu dikocok-kocok, tinggal diaduk pake sendok kayu, dibentuk, dikasih isian terus dipanggang... udah gitu, balut pake kue marie bubuk. Beres deh...
Rasanya? endyang markonah pokoknya...renyaaah banget, perpaduan kue marie, sama abon itu ternyata gak bikin rasanya jadi aneh lho...pokoknya cobain aja deh, kalo saya sih suka banget^^


Cookies Manado


Cookies Manado


COOKIES MANADO
[saya hanya membuat setengah dari resep aslinya, dan yang saya tulis ini hasil terjemahan suka-suka saya]


Cookies Manado









200 gr gula bubuk
400 ml minyak sayur [saya pakai minyak kedelai]
600 gr tepung terigu
Abon/ Bawang goreng secukupnya untuk isian
Marie biskuit, secukupnya,  haluskan dengan blender








Campurkan gula dan tepung terigu, aduk rata. Tuang minyak sedikit-sedikit ke dalam adonan. Gunakan garpu atau sendok kayu untuk mencampurkan adonan, jangan memakai tangan, supaya adonan tidak menjadi keras. Aduk terus, hentikan penambahan minyak apabila adonan sudah pas teksturnya dan sudah dapat dipulung. Apabila adonan terlalu basah, simpan ke dalam lemari es, supaya lebih gampang dibentuk.


Ambil sedikit adonan, beri isian, kemudian bulatkan. Panggang dengan suhu 150'C sampai matang. Angkat, angin-anginkan sebentar di atas rak kawat, kemudian gulingkan ke dalam biskuit marie. Tunggu sampai benar-benar dingin sebelum dimasukan ke dalam toples.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



13 comments :

  1. jauh amat bikin kukis aja sampe manado
    kukis sukabumi weh atuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi pengen yang impor nih, bosen ama yang lokalan..heheh

      Hapus
    2. eh jangan salah...
      produk lokal sukabumi kan bisa mendunia juga
      mak erot misalnya, haha

      Hapus
    3. *bekep yang ngakak*
      jangan keras2 ih maluuu...:P

      Hapus
    4. mak erot itu sebenarnya bukan produk lokal indonesia loh...tapi impor dari negeri minyak....makanya ramuannya pake embel2 minyak mak erot..... :-)

      Hapus
    5. tau nya minyak jlantrah aja aku mah:P

      Hapus
    6. komennya mas riwins aku hapus karena semakin saru wkwkkwkwk...:P

      Hapus
  2. kuenya unik...abon dan bawang goreng di bungkus biskuit marie.....penampilannya membuat ingin segera menggigitnya......maknyus....salam :-)

    BalasHapus
  3. gak jadi komen ach..... geli.....sekaligus sakit mulutnya dibekep!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar lalat gak masuk, makanya dibekep, abisnya mangap mulu xixixiix

      Hapus
  4. wah...kapan yaa bisa nyoba yang inih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. krucil pasti suka um, enaaaak....
      mari, dicoba :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^