Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam
Bubur ketan hitam yang manis legit, berpadu dengan santan yang gurih...


Punya ketan hitam, udah lama tapi baru diberdayakan sekarang. Hikmahnya ketika sering bongkar-bongkar barang itu, selalu nemu  bahan makanan yang nyempil kelupaan naro, kayak ketan hitam ini. Saya sendiri udah lupa kapan belinya, yang jelas ketan ini bawaan  pas mudik ke bumer. Untunglah ketannya masih bagus, jadi masih bisa diolah.

Awalnya saya beli ketan ini buat dibikin tape ketan. Cuma belakangan setelah saya baca-baca beberapa artikel di myhalalkitchen, ternyata tape itu meragukan kehalal-annya, karena kandungan alkoholnya tinggi. Meskipun kalo diperhatikan di pasaran, ada beberapa produsen tape ketan yang sudah mendapatkan sertifikat halal MUI. Jadi, boleh dibilang tape ketan ini masih kontroversi. yah...pokoknya ceritanya panjanglah kalo harus diurai satu-satu, yang jelas akhirnya saya mengambil sikap untuk menghindarinya. Sampai kapan? sampai batas waktu yang tidak ditentukan.....toh tape ketan bukan makanan pokok, jadi selagi masih bisa dihindari dan masih banyak makanan lain yang sudah jelas halal haramnya, lebih baik dihindari saja dulu... tentunya banyak dari para pembaca yang tidak setuju, dan lebih cenderung berpendapat kalau tape ketan ini halal, yah, tidak apa-apa, hal itu berpulang pada keyakinan masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai status tape ketan ini, tentu seperti biasa, saya sarankan untuk gugling saja heheh...khawatirnya, salah tulis, yang akan membuat pembaca salah menyimpulkan, sedangkan saya bukan orang yang berkompeten untuk menjelaskan perihal halal haram. 

Cieeee...serius banget ya bacanya hihihi... santai saja pemirsa... topik sekarang kita tidak sedang membahas resep tape, tapi bubur, jadi sejenak mari kita tinggalkan bahasan mengenai tape. 
Ketan hitam itu cenderung lebih sulit hancur yah, dibanding tepung ketan putih misalnya. Makanya ngerebusnya agak lama, tapi tetap saja, kulit ari nya masih kerasa, tapi justru itu, unik menurut saya... dan yang paling saya suka itu aromanya, khas banget ketan hitam. Pokoknya bubur ini cocok buat disajikan untuk balita ataupun orang tua, dengan penyajian hangat dan dingin.


Bubur Ketan Hitam


Bubur Ketan Hitam


BUBUR KETAN HITAM



Bubur Ketan Hitam







200 gr beras ketan hitam, cuci bersih, rendam selama 2-3 jam
250 gr gula merah
200 gr kelapa parut, peras dengan 2 gelas air
1/2 sdt garam
3 sdm gula pasir [tambahkan atau kurangi, sesuaikan dengan selera masing-masing]
1 lembar daun pandan
1 batang kayu manis [skip jika tidak suka]
Air secukupnya untuk merebus 






Rebus ketan dengan air dan daun pandan, sampai lunak. Tambahkan air dan aduk sesekali supaya bawahnya tidak gosong. Sementara menunggu ketan menjadi empuk kita kerjakan yang lain. Didihkan santan tambahkan 1/2 sdt garam, matikan api. Tambahkan 1 1/2 gelas santan ke dalam bubur, sisakan 1/2 gelasnya lagi untuk dituang saat penyajian. Potong-potong gula merah, rebus dengan sedikit air, terus rebus hingga semua gulanya larut. Saring, tuang ke dalam bubur, tambahkan gula pasir dan kayu manis. Masak bubur sambil terus diaduk hingga lembut dan mengental. Cicipi, apabila rasanya sudah pas, matikan kompor. Sajikan bubur dengan sisa santan tadi.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. wah, kok bisa yah, kebetulan aku lagi ngerendem ketan item untuk dibikin tape ketan, suweeerrrr, kumaha atuh nya, terlanjur doyan ama tape... bukannya kalo over fermentasi baru menyebabkan kadar alkoholnya jadi tinggi ya teh, jadi kalo matangnya pas mah atuh oke2 saja? wah, meuni keder iyemah nya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah sehati kita yah, menunya ketan ketanan.. hehhe..
      wallohua'lam teh, itu mah berpulang pada keyakinan masing2..*jawaban diplomatis..:D

      Hapus
  2. dah ah masak mah masak saja gausah bahas mui segala macem, moal balegh...
    mereka selalu bilang yang banyaknya memabukan, sedikitnya pun haram. ci kopi oge mun saember mah matak mabok atuh, gan...

    coba saja tanya ke ustadz, sapi itu tidak mengandung alkohol. padahal lebih memabukan ketimbang tape. sapina amat patonah tapina, haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahan halal dan haram merupakan topik yang sensitif dan sangat penting buat kami mas... mulai dari nyari duitnya sampe apa yang kemudian dibelanjakan, kemudian diolahnya jadi apa. justru sebagai seorang ibu yang memasak untuk semua anggota keluarga saya lah yang harus memastikan betul, bahwa semua yang dimsak dan disajikan buat keluarga kami itu pangan yang halal dikonsumsi.

      selain kepada ulama kemana lagi harus mengacu? dan memang betul ketika sesuatu itu haram, sedikit ataupun banyak sama saja, hukumnya haram. permasalahan ci kopi yang kemudian menjadi haram, itu bukan ci kopinya tapi perbuatannya yang berlebih lebihan. Karena sesuatu itu haram ada dua macam, ada karena zatnya yang memang haram seperti babi, misalnya ada juga karena perilakuknya yang berlebih2an sehingga menjadi haram. Tapi cai kopinya tidak haram.


      Sekalai lagi, ini ranah yang sensitif, jadi kalo harus diperdebatkan bisa panjang ceritanya, yang jelas, sebagai seorang istri dan seorang ibu saya bertanggung jawab besar terhadap apa-apa yang disajikan untuk keluarga saya, begitulah ceritanya mas.... hehehhe

      Hapus
  3. panjang banget itu riplaynyah yah... Ck ck ck, kasihaaaan keyboardnyah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. keyboardnya udah jinak teh, gak malah mau dipencet seberapa lama ge hehehheh..

      Hapus
  4. cakeep potonya...ketan hitam favorit banget, Mbak...diolah apa aja enak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih um,
      setujuuu..... emang udah enak dr sononya hehe..

      Hapus
  5. kalau saya sering beli nih mba buat sarapan pagi. satu gelas enam ribu hehehe bikin sendiri beluuumm pernah :(

    BalasHapus
  6. wuiihh,,,enak nih,,jadi ngeces saya,,hihiii,,
    Di bikin es mambo juga enak,,Tp saya paling doyan bubur nya,,,
    Kalo ibu mertua hobi bikin tape ketan d campur ma uli,,
    Makasih ya bund info nya,, saya baru tau kalo tape ketan di ragukan kehalalan nya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya yah, jadi keingetan dibikin es mambo duhhh enak jg kayaknya...


      mengenai tape itu, untuk lebih lengkapnya silahkan disimak disni mbak:
      https://www.facebook.com/groups/myhalalkitchen/doc/10150886976919698/
      ^^

      Hapus
  7. Ήм̣̣̥̇̊мм̣̣̥̇̊‘♌⌣ .̮ ⌣♌Ήм̣̣̥̇̊мм̣̣̥̇̊” ada item kirain ketan item ternyata beras merah mba,sing penting anak2 suka,ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮

    BalasHapus
  8. Suka resep2nya,kue kerang udah aku coba enak sekali tapi dibentuk cheese stick n keripik bawang,pagi2 pdnya kirain ketan item ternyata beras merah,ƗƗϱƗƗϱƗƗϱ"̮(.̮)‎​​"̮ ƗƗϱƗƗϱƗƗϱ "̮ ,sing penting anak2 lahap

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo gt? alhmdllh kalo suka...
      hehhe bener banget ga apa2 beras merah jg, sama aja kok krenyes2 gt enak..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^