Sale Pisang

Sale Pisang
Pisang yang sudah dijemur hingga berwarna kehitaman, digoreng dengan aneka tepung dan gula. Tekstur luarnya krunchy sedangkan dalamnya agak kenyal. 


Kunci dalam pembuatan sale pisang ini, harus sabar. Soalnya gak bisa langsung digoreng dalam waktu satu dua hari. Minimal, pisangnya harus dijemur selama satu minggu jika cuacanya cerah ceria, sedangkan jika mendung, maka akan lebih lama lagi jemurnya. Proses pengeringan pisang ini cukup penting karena akan berpengaruh pada rasa, aroma, tingkat kekenyalan dan masa tahan setelah sale ini diolah. Meskipun ada juga cara pengeringan lain, misalnya dengan cara diasap dengan asap belerang, asap kayu atau cara basah dengan direndam natrium bisulfit. Pengasapan dengan belerang berfungsi untuk membunuh mikroba, memucatkan pisang, serta mencegah perubahan warnanya*

Saya sendiri kurang tau aslinya sale pisang ini berasal dari daerah mana, karena rasa-rasanya hampir tiap daerah mengenal sale ini kan?, namun yang jelas, sekarang sale sudah menjadi salah satu komoditi eksport. Bentuk serta rasa nya pun sudah memiliki berbagai varian. Ada yang berbentuk kipas, sale gulung, dan sale lidah. Sedangkan varian rasanya, ada yang rasa keju, coklat dan lain-lain lah... 

Sale pisang yang saya buat, termasuk model klasik. Pisangnya cuma dipotong dua, lalu dijemur, kemudian digoreng. Alesanya karena lebih simple dibanding jenis sale kipas misalnya, yang harus diiris tipis sekali sebelum di jemur. Tingkat ketebalan sale juga sepertinya berpengaruh pada keknyalannya. Karena sale yang saya buat ini agak tebal, jadinya lebih kenyal, meskipun luarnya sangat kering. 

Saran dari saya, sebaiknya memakai pisang yang sangat matang supaya gak ada sepet-sepetnya. Saya kurang tau jenis pisang apa saja yang cocok untuk dibuat sale, hanya saja, pisang yang manis yang paling bagus sepertinya. Saya sendiri memakai jenis pisang uli [cau Bangka kalo di lembur saya mah disebutnya]. Pisang uli ini dikupas, dibelah dua [atau tiga, atau empat, terserah maunya seberapa tebal], kemudian di  tata di atas wadah lebar, lalu di jemur selama minimal 1 minggu. Tunggu 3 hari pertama sebelum pisang dibalik, lalu jemur lagi, selama 3-4 hari kemudian. Mudah-mudahan bisa kebayang yah... 

O yah, sale yang saya buat ini lumayan memuaskan dari segi rasa, aroma dan kekenyalannya, begitu juga dengan masa simpannya, tahan beberapa hari, justru yang gak tahan itu buat makannya... ^^

______
*Source: Wikipedia





SALE PISANG


Sale Pisang










20 potong pisang yang sudah di jemur
1 sdm tepung pisang goreng siap pakai
2 sdm tepung beras
1 sdm tepung terigu
1 sdm gula tepung
80-100 ml air es
Minyak untuk menggoreng







Campurkan semua tepung-tepungan, tambahkan gula, aduk rata. Tuangi air es, aduk hingga rata. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Ambil satu potong pisang, celupkan ke dalam adonan terigu lalu goreng dalam minyak panas, lakukan sampai habis. Goreng hingga pisang terlihat kecoklatan dan kering. Angkat, tiriskan. Setelah dingin, masukan ke dalam toples.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. semoga setelah makan ini bisa jadi :

    "ANAK YANG SALE"

    ataupun bisa belanja di mall karena ada :

    "BIG SALE"

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai teh, bentar lagi lebaran dimana2 pasti ada SALE..:D

      Hapus
  2. dulu sih yg aku tau dari aceh :) tapi pisang sale dari aceh beda ama pisang2 sale yg dari jawa. jadi bingung hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'em mbak, tadinya kupikir sale itu asli dr JawaBarat, setelah gugling malah nemu sale dari ACeh, jadi bingung akuh hehehhe

      Hapus
  3. jadi inget dulu tetangga ibu saya ada yg jual sale, suka sebel saya liatnya, luamaaa bener jemurnya...bolak balik hampir tiap hari saya nanyain sudah siap belom? he he...*pembeli ga sabaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhehe sama kayak misuaku, nanya terus kapan nih digorengnya... sebel juga jawabnya tiap hari ditanya itu mlulu :D

      Hapus
  4. Kemarin wktu ibu mertua dtg ke jawa aq dibawain beginian
    Bikinnya juga sma cuma diiris n digoreng
    Manisnya asli dr si pisang, enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.. kare dibikinnya dari pisnag yang mateng trs dijemur, kadar airnya turun makanya manisss bangte...^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^