Pumpkin Bread

Pumpmkin Bread
Modifikasi dari adonan donat kentang, jadi deh roti labu, supeeeer lembut...!


Sepulang mudik kemarin, langsung nyetok labu. Niatnya mau dibikin macem-macem hidangan buat ifthor, dan yang pertama kepikiran malah roti, padahal tadinya pengen bikin candil, gara-gara beberapa waktu lalu teh Lina bu Azraf mosting itu. Tapi karena penasaran pengen nyoba roti dari labu, ya gak apa-apa deh dibikin ini duluan, sekalian buat sarapannya anak-anak kan kalo shaum pagi-pagi males masak, jadi anak-anak bisa ngemil roti dulu sebelum makan berat siang harinya.

Hasilnya roti ini beneran lembut banget, kayak yang pake metode water roux gitu...Padahal ini aslinya pake resep donat NCC. karena saya lagi males ngerebus tepung, jadi rotinya saya pakai resep adonan donat kentang ala bu Fatmah, cuma kentangnya diganti pake labu, tapi jumlah airnya dikurangi karena labu menurut saya lebih basah dibandingkan kentang. Untuk isiannya saya pakai yang semua orang suka, coklat! biasanya saya pakai meises coklat, tapi karena stoknya cuma dikit, saya pake DCC aja, sama enaknya kok, apalagi kalo pas dimakan masih anget, meleleh-leleh gitu isiannya... *pheeewww... malah ngemeng-ngemeng yang lagi shaum...

Pada saat menguleni adonan roti labu ini, meskipun jumlah airnya sudah dikurangi tapi adonannya masih sangat lengket di tangan. Tapi gak apa-apa, biarin aja gak usah ditambahin tepung terigu lagi.. ntar pas waktu ngebentuknya  tangan kita di celup dulu ke tepung terigu, begitu juga dengan meja kerja nya, jangan lupa ditaburi dulu. Dengan begitu adonan tidak lengket di tangan, dan menjadi lebih gampang dibentuk. 

Pumpmkin Bread
Kirei chan..abis mandi, gak mau sisiran gak mau bedakan, langsung ngembat rotinya...

Pumpmkin Bread
Yang atas itu tangan imutnya Aiko chan, minta dipotoin, rotinya disodor-sodorin gitu... 


____
Karena lagi mati gaya, potonya cuma ngendelin model-model cilik aja, kecuali dua gambar telapak tangan gajah itu, itu tangan saya hehhe...gede yah?


PUMPKIN BREAD



Pumpmkin Bread









500 gr terigu protein tinggi
75 gr mentega
11 gr ragi instan
200 gr Labu, kukus, haluskan
100 gr gula pasir
4 btr kuing telur
200 ml air dingin
1/2 sdt garam [skip]
25 gr susu bubuk




Isian dan topping:
100 gr DCC cincang halus
1 sdt susu bubuk yang dicairkan dengan sedikit air
Wijen untuk taburan [optional]






Roti:
Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, kemudian masukkan labu, telur dan air dingin, uleni hingga adonan rata dan setengah kalis. Setelah itu, masukan mentega dan garam, uleni terus hingga adonan menjadi kalis elastis, lalu istirahatkan adonan hingga mengembang permukaan adonan tampak licin. Bentuk adoanan sesuai selera. Jangan lupa memasukan isiannya. Diamkan hingga adonan kembali mengembang, kurang lebih selama 10 menit. Selanjutnya oles permukaan adonan dengan kuning telur/susu bubuk yang telah dicairkan. Taburi wijen. Panggang adonan roti di dalam oven dengan suhu 200'C selama 10-15 menit. Keluarkan dari oven, kemudian oles permukaannya dengan mentega.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



22 comments :

  1. tu menteganya di ganti margarin aja gmn mbak?bisa kah?

    BalasHapus
  2. aiko jangan ketawa ah, matanya ilang tuh...

    *lari ah, takut disambit sama tangan gajah....!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ketawa Kirei bukan Aiko tanteeee......
      eh tadi maap smsnya blm dibales pulsanya abis teh..tapi itu bukan nomerku, tapi nomer nya Daddy , kalo nomerku mirip jg sih sm yang nomer itu tapi yang beda belakangnya angka 5 bukan tujuh...^^

      Hapus
    2. padahal waktu ngetik yang ada di otak mau nulis Kirei, ngapa jadinya Aiko yah? (ngeles bahasa Inglis)
      lagian si mamih juga sih, Aikonya gak diajak poto bareng ama ruti!!!

      oh, nomernya sama cuma terakhirnya aja yang beda kitu teh?

      masya Allah, jadi di Bandung gak ada yg jual pulsa yah, ya sudah, kalo kapan2 aku ke Bandung gak bakalan bawa hape!!!

      *merengut...

      Hapus
    3. rutinya malu kalo potoan sm Aiko hehehhe
      iya beda terakhirnya doang...

      xixixi jangan salahin aku donk, salahin daddy knp hapenya gak ada pulsa-an:P

      Hapus
  3. jurnal terakhir teh muncul 4 bulan lalu
    di readerlist masih nyantol di blogspot
    padahal dulu pake web.id nya..?
    udah diganti ke dotkom barusan cobain nya nongol teu..

    BalasHapus
  4. Kebetulan lagi mao ngeroti tapi bingung roti apa...
    ini aja deh ya...

    BalasHapus
  5. Kok jadi kepengen ya? Hehe sepertinya enak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mangga dicobian kang..:)
      tapi icipnya kalo udah azdan ya..^^

      Hapus
  6. waah..modelnya cantiik dan imut...kayak anak jepang Mbak....hehe...oya rotinya keliatan empuuuk bangeet Mbak...warnanya cantiik ya...tapi itu ngovennya suhunya kq tinggi ya Mbak, 200 deg C, permukaan atasnya jd cepet gosong....klo suhunya 180 deg C, gimana Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh iya sepertinya memang suhu nya kepanasan, tapi emamng kalo saya ngoven roti selalu dengan suhu tinggi supaya cepet mekarnya, dan rotinya empuk...jadi lebih banyak pake api atas, api bawahnya dinyalain sebentar aja..makanya gosong hheheh..

      Hapus
  7. Saking seriusnya merhatiin si roti :D bibirnya bisa gitu yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah bawaan dari orok mbak yu, manyun mulu:D

      Hapus
  8. Teeh, aku pertama kali bikin roti hasilnya bantet, wakakakak
    Bagi tips dong biar roti nggak bantet :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama An, aku jg gt dulu... hehe tenang aja kl sering latihan pasti bisa bikin roti empuk, ikuti aja step by stepnya... makin sering latihan, makin terasah ntar gimana rasanya megang adonan yang kira2 udah pas nguleninya..:)

      Hapus
  9. weeeeeeeh baru liat langsung ngences. Gambarnnya beneran menggoda. Apalagi modelnya imut ^^ cantik cantik mbak foto foto blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaa ada mbak Hesti, makasih udah mampir...
      aku gak ada apa2nya dibanding karya2 mbak Hes...:)
      blognya inspiring bgt...kalo lg mentok punya bahan gak tau resep, aku pasti mampir ke blogmu mbak^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^