Kolak Ronde

Kolak Ronde
Perpaduan antara kolak dan ronde yang biasa dibikin wedang, ternyata enak juga...


Apa? ronde dibikin kolak? kenapa nggak...
Perpaduan keduanya ternyata enak banget pemirsa. Serasa makan mochi berkuah deh... kenyal-kenyal, manis, terus ada kejutan kacang di dalemnya. Seruuuu banget... cocok untuk menjadi alternatif sajian berbuka, selain kolak pisang atau candil gitu.... cuma sayang kata Daddy bola-bola rondenya kedegan jadi gak bisa sekali langsung makan. Soalnya bikinnya rada rempong kalo kecil-kecil hehehe...kebayang kan yah, masukin isian kacangnya itu harus agak telaten biar gak nongol keluar pas direbus. 

Resep kolak ronde ini terinspirasi dari Sajiansedap. Cuma seperti biasa saya modifikasi lagi, sesuai kebutuhan dan ketersediaan bahan yang saya punya. Saran saya bikin kolaknya jangan kebanyakan, soalnya kalo disimpen buat besoknya, rondenya itu jadi ada keras-kerasnya. Barangkali karena saya nggak pake kapur sirih di adonannya. Karena resep aslinya sih harusnya pakai itu. Mau gimana lagi, saya nggak begitu doyan masukin kapur sirih, selain gak ada juga sih, atau lebih tepatnya gak pernah nyetok kapur sirih. Entah yah, kalo dipakein kapur sirih apa teksturnya jadi ada keras-kerasnya apa nggak, yang jelas kalo pake resep yang saya cantumin di bawah, bikinnya harus habis hari itu juga, jangan diinepin sampe besok. otre?  


Kolak Ronde

Kolak Ronde

Kolak Ronde


KOLAK RONDE


Kolak Ronde








Ronde:
180 gr tepung ketan
20 gr tepung tapioka/sagu/kanji
1/4 sdt garam
1/2 sdt pasta pandan
Air secukupnya, hingga adonan dapat dipulung



Isi Ronde [campurkan, blender sampai halus]
50 gr kacang tanah, sangrai, buang kulitnya
20 gr gula pasir




Kuah:
1000 ml santan [kira-kira]
100 gr gula merah
4 sdm gula pasir [kurangi atau tambahkan sesuai selera masing-masing]
2 lembar daun pandan








Ronde, campurkan semua bahan hingga rata. Ambil sedikit adonan kemudian beri isian kacang, bulatkan. Langsung rebus ke dalam air mendidih hingga mengapung. Lakukan sampai habis. Sisihkan.

Kuah, rebus semua bahan kuah hingga mendidih, cicipi, paskan manisnya dengan selera masing-masing. Masukan ronde, rebus lagi sebentar, matikan api. Sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. hahhh??? Ronde kok d mangkok? Kl ronde mah keliling kampung nyonyaaaa!!! Ati2 ada maling!!! Begithu....!!!

    *tangan d pinggang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih salah ronde itu adanya di tempat tinju teh, ronde satu, ronde 2, ronde tiga gituuu..:D

      Hapus
    2. teet!!! Salah!
      Ronde itu sanggulnya emak2!!!

      Hapus
  2. kalo makan kolak itu jadi kuat berapa ronde, ceu..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung mau ngapain, mau mikul buto ijo apa mau mikul karung beras:D

      Hapus
    2. balap karung sama panjat pinang, heheh

      Hapus
    3. jigana kamari bapak'e ncip jadi juara tujuh belasan nih..panjat pinang dapet panci berapa lusin om?:D

      Hapus
    4. lomba joged dangdut, dapat ubi sakilo
      hitutna weh semalem suntuk..

      Hapus
    5. se-Rt nu pingsan na ge xiixix

      Hapus
  3. waah....makin inspiratif menu2nya Mbak...sugoi ne ^^

    BalasHapus
  4. mauuuuu.....slurp...slurp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di slurrp kondenya bikin keselek mbak:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^