Caramel Custard [Puding karamel]

Caramel Custard
Dengan hanya memakai 3 bahan  ternyata bisa bikin puding yang super lembut, yummy krimmiii....

Caramel custard, atau kalo di kita populernya puding karamel, sering banget disebut-sebut sebagai puding yang guampang banget dibikin. Apa iya? dulu saya pertama kali praktek bikin ini langsung gatot, alias gagal total. Boro-boro jadi puding yummy bertekstur selembut sutra yang ada malah puding nya mekaaarrr dikukusan kayak balon ditiup. Pas dikeluarin, pudingnya lep turun, ancur dehh... sejak saat itu kapok banget bikin puding ini...

Sampai akhirnya koneksi internet dapat kuota ampir 11 giga dengan kecepatan aduhaaaii*hubungannya apa ya mak, puding sama kuota internet, perasaan gak nyambung deh... ?*sabar pemirsa... nah gara-gara koneksi yang super sekali ini saya jadi rajin buka youtube dan ngintip-ngintip gimana caranya bikin puding karamel yang konon katanya super gampang. Setelah berguru ke beberapa master puding, ternyata bener juga yah, bikin puding ini gak semengerikan yang saya bayangkan sebelumnya. So simple, yang penting kuncinya adalah dipengaturan panasnya itu. Suhunya jangan terlalu panas supaya tekstur pudingnya gak banyak berongga. 

Akhirnya setelah uji coba sekali lagi... you see.... I did it... meskipun pinggirannya masih belum mulus, mungkin karena cetakannya, kayaknya mending pake cetakan dari bahan kaca atau ramekin aja gitu biar gak begitu panas. Temen-temen ada yang pernah kapok juga bikin ini? yukss coba lagi, dan sekaligus saya sertakan foto step by  stepnya juga, biar temen-temen yang fakir bandwith*ngikik minta ditampol* terus gak bisa ngintip ke youtube, cukup liat dimari aja...^^ 


Caramel Custard

CARAMEL CUSTARD









Caramel:
3 sdm gula pasir
2 sdm air


Puding custard:
2 butir telur
250 ml susu cair
25 gr gula
1/2 sdt vanilla bubuk [saya gak pake, keabisan]







Pertama siapkan dulu cetakannya, saya memakai 7 buah cetakan muffin satuan. Sebaiknya cetakan dioles dulu dengan minyak sayur, supaya tidak lengket [Saya lupa cetakannya gak dioles, jadinya lengket] Tapi kalo menurut saya, lebih baik pake ramekin aja deh biar suhunya gak terlalu panas. 
Selanjutnya, panaskan oven, set di suhu 140'C.





Campur gula dengan susu, kemudian masak di atas api, tidak perlu sampai mendidih, cukup sampai panas saja. Sementara itu, kita siapkan bahan yang lain. Kocok telur dengan whisk balon, jangan sampai berbusa, karena tujuannya hanya agar telurnya tercampur rata. Setelah itu tuang susu yang sudah dipanaskan. Aduk rata, jika memakai vanilla bubuk, tambahkan segera. kemudian sisihkan, kita akan menyiapkan karamelnya.




Siapkan panci, masukan gula dan air, aduk hingga tercampur rata. Nyalakan api, kecil saja, dan biarkan gula mendidih, jangan diaduk. Jika khawatir gulanya menjadi gosong, maka cukup digoyang-goyangkan saja pancinya. Seperti terlihat di gambar, permukannya berbusa, lalu warnanya berubah, semakin lama, semakin gelap. Jangan dimasak sampai kehitaman, supaya rasanya tidak pahit, setelah warnanya kuning kecoklatan dan agak mengental, langsung angkat, lalu tuang ke dalam cetakan. Jika menggumpal, tidak perlu khawatir, karena nanti gulanya akan cair sendiri ketika dioven.





Sekarang, ambil campuran susu dan telur yang tadi, lalu saring, supaya hasilnya nanti smooth. Setelah disaring, tuang ke dalam cetakan. 




Setelah itu, tata di atas loyang datar. Masukan air panas. Jadi maksudnya memakai cara tim oven, supaya bawahnya tidak gosong. Panggang selama kurang lebih 35 menit. turunkan suhunya apabila di rasa terlalu panas, karena kunci pembuatan caramel custard yang lembut itu, ada di pengaturan suhunya. Jika terlalu panas, maka hasilnya akan berlubang-lubang. 

Setelah 30-35 menit, keluarkan dari oven. Apabila permukaannya terlihat belum set, atau masih cair, sebenarnya tidak apa-apa sih, saya sendiri juga begitu. Gambar di sebelah kanan atas, contoh yang baru dikeluaran dari oven, kalo digoyang2 permukaannya tampak masih cair. 
Masukan puding ini ke dalam lemari es, dinginkan selama 2-3 jam, baru dibalik. Enjoy!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



30 comments :

  1. aku pernah bikin puding ini mbak.waktu itu cetakannya aku pake yg bahannya kyk punya mbak diah tu tapi alhamdulillah baik2 saja.gak ada bolong2nya hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu'um barangkali emang bukan karena cetakannya tapi yg bikinnya aja kurang ahli xixiixixi...

      Hapus
  2. mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu...... *_^

    nyampe bimoli, alias BIbir MOnyong Lima centi,,,

    woy teh... ada kata-kata yang aneh ya...?
    ari "TEKSTURUYA" teh naon artina nya??? (at 2nd photo)

    *kaboooorrrr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikiiinn...

      itu font nya emang kayak gt teh huruf N nya kayak U jadi pas dibaca kaya terksturuya...:)

      Hapus
  3. Cuma aku yg ga bisa baca atau memang ujung2 kalimatnya pada ilang sih mba... :( Lembut bgt ya mba, jadi pengen...buat buka asyik pasti ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, kemarin ngepostnya pake layar 7inc, karena edisi mudik... dan saya masih belum terbiasa mengoperasikan gadgetnya jadi bingung juga ngeditnya, Alhamdulillah sekarang udah megang leptop kesayangan, jadi udah diedit...

      Ini cocok bgt buat sajian ifthor mbak Anna..:)

      Hapus
  4. eh kunaon iyeu teh
    naha tara muncul di dashoard simkuring
    sugan teh manawi geus tara posting...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkak.. bukan cm mas yang ngeluh kayak gt tmn2 yg lain juga sama gak ada apdetan dr diriku... aku juga bingung mas.. dan bingung lagi aku jg gak dapet apdetan dr dirimu...piye?

      Hapus
    2. biasanya kalo blogger dikasih domain sendiri, otomatis pindah. naha atuh si ayang mah tidak..? blogger tidak merestui kita nya..?
      haha

      Hapus
    3. jiga na mah kang..tapi sebelum ganti domain jg udah gak muncul di dashboard..bingung makanya..

      Hapus
    4. perasaan dulu pake web.id
      tapi barusan dicek di dashboard naha larinya ke blogspot..?

      Hapus
    5. ganti lg mas pke dot.com, yang web.id gak dipake lagi...nah pas masa transisi itu pun sblm dialihkan ke dotcom, sy balik lagi ke blogspot.com tp postingan udah gak muncul di dashboard. Abis itu baru deh ganti ke dotcom. nah ini lebih parah, sekarang kalo posting kadang muncul kadang nggak di dashboardnya:D

      Hapus
  5. Balasan
    1. enggak kok mamih, cuma keselek cabe rawin, aihhhhhhh.... cabe rawit mom....

      ehemmm...ehemmm....

      Hapus
    2. *toel mas cabe rawin...wkwkwk

      Hapus
    3. aaah ini mah pastinya ga baca jurnal anti sambal kemaren haha

      Hapus
    4. aku jd ngebayangin cabe ijo di cobeknya trss...
      *mrinding diskooo...

      Hapus
    5. jurnal anti sambal apaan si mam?

      penaPsaran!!!

      Hapus
    6. mit amit nu kitu diinget inget wae..?

      Hapus
    7. http://blog.rawins.com/2013/07/anti-sambal.html
      ada di blognya mas rawit, tuh yang atas teh... ngerii...>>> mas rawit sotoy...

      Hapus
    8. untung gak doyan ikan...kumaha nya jadina mun keur nyobek... nagabayangkeun nu eta...ERRRGGGHHH...

      Hapus
  6. pengen mbikin dari duluuuu....belum kesampaian jugaa...banyak malesnya hehe ...skrg mbikin yg gampang2 dan praktis...paling2 puding coklat lapis susu aja...buat takjil di masjid, tapi males moto2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagian paling males itu, bikin karamelnya ya um hihihi..kudu telaten:D

      Hapus
  7. Aku pengen bikiiinn
    Tapii...mm... Itu telurnya udah mateng belum ya? Takut makan yang kurang mateng gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mateng kok An, meskipun pas dikelaurin dari oven, keliatan blum set, alias masih goyang-goyang gt kalo diketuk-ketuk tapi setelah disimpan di lemari es, ntar jadi lebih kokoh, meskipun nggak sekokoh agar-agar sih... yang jelas, mateng pokoknya, tp teuteup lembuut...

      Hapus
  8. Aku udah bikin semaleemm, yeaayy
    Enaak Teh, baru icip-icip sewadah, sisanya masih di kulkas buat buka nanti sore :D
    Btw, bedanya sama Creme Brulee apa ini ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah? wah hebat, langsung jadi yah AN..hehhe syukurlah kalo suka:)
      creme brulee? aku malah belom pernah icip xixiix...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^