Candil Ubi Jalar

Candil Ubi Jalar
Terbuat dari ubi jalar kukus yang dihaluskan, dicampur dengan tepung tapioka, jadi deh...candil...


Standar banget nih kolaknya...candil..! kayaknya ebo-ebo juga udah pada pinter bikin candil ini yah hehe... Sebenarnya emang gak niat bikin ini, cuma ada kuah gula merah sisa bikin kolak karamel labu kuning. Kolaknya karamelnya InsyaAlloh deh besok-besok saya posting. Soalnya belum diberes-beresin filenya jadi saya posting yang ini dulu. Sekaligus ngasih jeda sedikit karena beberapa postingan terakhir terus ngebahas labu kuning, barangkali ada pemirsa yang bosen liatnya, jadi kali ini saya bikin postingan kolak candil dulu.

Kolak candil ini agak unik karena ada aroma karamelnya. Soalnya diproses pembuatan kuahnya itu, gula pasirnya dibuat karamel dulu baru disatuin sama gula merah dan santan. Jadi hasilnya aromanya wangi khas karamel, jadi mirip-mirip kayak agar-agar gula merah aromanya. Sedangkan kekenyalan candilnya, pas banget menurut saya. Gak terlalu lembut, gak terlalu alot. Perbandingannya ubi jalar dengan tepung tapiokanya 3:1. Jadi kalo ubinya 300gram, tapiokanya 100 gram. Sebagai tambahan, saya kasih sedikit garam dan gula supaya rasanya tidak terlalu tawar. Selengkapnya, saya tulis di bawah deh ya, tapi kalo untuk kuahnya menyusul...di resep kolak labu^^

CANDIL UBI JALAR


Candil Ubi Jalar







300 gr ubi jalar kuning, kukus, haluskan selagi panas
100 gr tepung tapioka/kanji/sagu
1/4 sdt garam
1 sdm gula

Pelengkap
150 gr kolang kaling, potong-potong [optional]





Campurkan semua bahan, [kecuali kolang kaling] lalu uleni sampai tercampur rata. Ambil sedikit adonan kemudian bentuk sesuai selera, bulat, lonjong atau pipih, terserah. Lakukan sampai habis, kemudian rebus di air mendidih hingga mengapung. Angkat, langsung masukan ke dalam kuah santan dan gula merah bersama dengan kolang-kaling. Masak hingga mendidih, matikan api. Sajikan hangat/ dingin.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...
Salam,



10 comments :

  1. hoyoooong...

    tapi ogah kanu masakna mah...

    BalasHapus
  2. udah lama ga mbikin ini....disini panaass, yg laku es buah atau jus buah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih cocok yang syeger2 ya Um..
      enatah kenapa kalo di Bandung ini, tiba2 jadi sedingin swiss um...brrr..

      Hapus
  3. emang dulu dijual..?
    haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk...
      gak dijual jg udah ada yang nawar trs ke bapak mas...:D

      Hapus
  4. aku mah mau nawar si kirei aja lah
    unyu unyu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap masih cilik blm bisa diloncing ke pasaran mas:p

      Hapus
  5. candil ubi jalar....
    belum pernah nyoba...
    kayaknya enak...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih?
      emang tinggal di negri mana?:D
      xixiixi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^