Cake Pisang Keju

Cake Pisang Keju
Cuma cake pisang biasa aja, tapi soal kesedapan, ehm... 


Pisang emang gak ada matinya, buat dibikin sesuatu. Dibuat cake, es krim, brownies, cookies, macem-macem lah... nah kali ini saya cuma bikin cake pisang yang biasa aja. Nggak pake tambahkan buttermilk, yoghurt atau apalah itu, karena memang gak ada. Tapi soal rasa, gak mau kompromi donk... jadi biar rasanya teuteup nendang, cake nya saya tambahkan keju, dan hasilnya memang ngeju banget, dengan aroma pisang yang masih kerasa juga. Seandainya... BB saya gak naek 2 kilo, pastinya seloyang ini saya habisin sendiri deh... saat itu juga, untunglah masih bisa ngontrol, dan sekarang syukurlah BBnya udah balik lagi ke semula... tapi teuteup makan cake harus diatur sedemikian rupa, supaya gak miring ke kanan lagi timbangannya...*sekalian curhat...

O yah, ada kesalahan tehnis saat bikin cake ini pemirsa. Jadi, ceritanya saya pengen bikin cake pisang ala sponge cake gitu dengan metode pisah telur...pada ngerti kan kamsutnya gimana? itu lho yang kuning telurnya dipisah sama putih telur ituuu... nah ternyata, saya lupa naro baskom isi putih telurnya deket tempat cucian piring, dan udah pastilah baskomnya kecipratin banyak air...*untung bukan sabun yang masuk... jadinya pas dikocok gak mau ngembang.... karena bingung, dan saya sedang tidak minat makan cake bantet, akhirnya saya tambahkan sedikit baking powder dan baking soda ke dalam tepung terigunya. Jadi biarin deh  ntar adonannya dinaikin sama dua bahan kimia tersebut... padahal biasanya saya ogah masukin BP/BS...apa daya, kecelakaan bukan terjadi akibat kesengajaan tapi karena kecerobohan...*catet!


Cake Pisang Keju


CAKE PISANG KEJU


Cake Pisang Keju











100 gr tepung terigu
2 buah pisang ambon, lumatkan
50 gr keju cheddar, parut halus
75 gr minyak [saya pakai minyak kedelai]
90 gr gula pasir
2 butir telur
1/4 sdt Baking soda [optional]
1/4 sdt baking powder[optional]


Sukade untuk taburan









Campurkan tepung terigu dengan baking soda dan baking powder, ayak, sisihkan. Campurkan pisang, keju, kuning telur, gula dan minyak, aduk rata, sisihkan. Kocok putih telur hingga mengembang tapi tidak sampai kaku. Matikan mixer. Masukan tepung terigu ke dalam campuran pisang dan keju, kemudian ambil 1/3 bagian putih telur, masukan ke dalam adonan pisang, aduk, tambahkan sisa kocokan putih telur, aduk hingga rata. Masukan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin. Taburi atasnya dengan sukade, panggang selama 35 menit dengan api 180'C, atau hingga matang, lakukan tes tusuk untuk memastikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. hayo, serahkan kue itu sekarang juga !!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh datang2 udah nodong aja nih..T_T

      Hapus
  2. hayo serahkan! kalo tidak, saya akan bikin sendiri!!!
    hayo pilih mana?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah akan kuserahkan, krtasnya doang tapi yah hehhe kue ya bikin sndr:P

      Hapus
  3. Antri seserahan cake pisang :D

    BalasHapus
  4. seserahan mah mendingan pake roti buayaa...:D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^