Shrimp Ball

Shrimp Ball
Simpe bangeed...udang  yang dicampur putih telur dan sedikit tepung tapioka, digaremin, dikasih parutan bawang putih terus direbus deh, kayak bakso gitu lah...


Masih edisi mudik ceria ke rumah mertua ceritanya....
Pagi-pagi datang bi Desih, penjual ikan keliling yang seperti biasa mangkal depan rumah. Selain bawa ikan pindang, bi Desih  juga bawa udang. Nggak kayak biasanya, udangnya kali ini kecil-kecil jadinya agak rempong buka-buka kulitnya. Kebetulan lagi nggak pengen makan yang berminyak-minyak, jadinya dibikin bola-bola aja deh... simple.. dan, meskipun di kampung, blender mah ada, jadinya untuk bikin bola-bola ini, udangnya bisa diblender halus.

Resepnya mengarang indah ya pemirsa... beberapa hari terakhir saya suseeeh banget buat online karena leptopnya disita Daddy dulu buat ngoding dan entah apalah namanya yang jelas buat kerja ajah... ya sutralaaa... karena saya ini istri yang baik hati dan tidak pelit*ngaku-ngaku... saya harus merelakan leptop dan seperangkat modemnya dibawa Daddy*pasrah dengan sedikit gondok...  Alhasil pas pulang saya minta beli  tab aja deh... buat saya? ya buat belio lah.... kamsutnyah, biar gak minjem leptop saya lagi  kalo ntar-ntar mau kerja ke lapangan*nyengir...


Shrimp Ball


Shrimp Ball


Hasilnya... ternyata cuma jadi beberapa buah aja pemirsa.. jadi dari sekantong plastik kecil itu kebanyakan ekor, kulit dan kepalanya aja dagingnya mah seupil gajah... untuk teksturnya, lumayan kenyal meskipun tidak begitu kenyal sampe bisa dibikin bola bekel misalnya hehehehe...*lagian ini buat dimakan apa buat dimainin mak? rasanya juga lumayan untuk ukuran bahan-bahan yang minimalis. Mungkin kalo masaknya di dapur saya di Bandung, adonan udangnya bisa ditambahi minyak wijen atau kecap asin. Tapi karena *sekali lagi, dapur bumer tertjintah bumbu-bumbunya serba darurat, jadi saya pun masak shrimp ball ini seminimalis mungkin. Tapi sumpee.. kuahnya enakk...^^

SHRIMP BALL






Adonan shrimp ball
150 gr udang kupas tanpa kulit, ekor, dan kepala 
1 sdm munjung tepung tapioka/sagu/kanji
1/4 sdt garam
1/3 sdt merica
1 siung bawang putih, parut halus
1 putih telur


Air untuk merebus shrimp ball
Air es untuk merendam rebusan shrimp ball



Kuah
Air rebusan shrimp ball
1 tangkai seledri
2 buah bawang putih, iris halus
2 buah bawang merah, iris halus
Merica bubuk
Garam





Masukan udang, putih telur dan bawang putih ke dalam blender, kemudian proses hingga halus. Tambahkan tepung tapioka/sagu/kanji, merica bubuk dan garam. Proses lagi sebentar hingga adonan menjadi lebih padat. Keluarkan adonan dari alat. Simpan adonan ini ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit, tujuannya supaya dingin tapi tidak perlu ditambahkan air es. Masak air hingga panas tapi tidak sampai mendidih. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat memakai dua buah sendok. Masukan ke dalam air panas. Lakukan hingga habis. Apabila adonan sudah tampak mengapung, angkat langsung masukan ke dalam air es.

Goreng bawang merah dan bawang putih hingga kering, angkat, tiriskan. Ulek sampai halus. Ambil air bekas rebusan adonan tadi secukupnya saja, lalu didihkan. Tambahkan garam dan merica serta ulekan bawang merah dan bawang putih. Cicipi, apabila rasanya sudah pas, masukan shrimp ball, masak sebentar, angkat, taburi dengan seleri cincang dan tambahkan kecap serta saus bila suka, sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. bagi teh.... suka yang bol bol gini deh... guriiihh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalo digoreng kali yah..lebih gurihhh...:D

      Hapus
  2. salam buat bi desih ya teteh...
    Jgn lupa mampir ke rumahku, bawa pindang yg banyak...
    Hahayyy...
    Bi desih numpang ngetop di blog...
    Kereeeeennn...
    *dilempar bobokona bi desih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah di Bandung lagi teh heheheh salam jauh aja....
      hehhe..

      Hapus
  3. udangnya mahaall Mbak....jadinya ntar juga bbrp bola udang aja...hiks....buat krucil dirumah mah, ga mengenyangkan :D

    oya, setelah direbus, diangkat, direndam di air es, gunanya utk apa ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi emang...jadinya cuma seporsi:D

      itu maksudnya biar lebih kenyal gitu.. ada juga yang direndem dl pake air es baru di rebus...cuma karena saya esnya nggak bgitu dingin...bagusnya airnya dipakein es batu gitu, jadinya direbus dulu baru dimasukin air es.

      Hapus
  4. ya ampuun my itu satu orang dijatahnta cuma satu sendok aja...?.:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya semua isi sendoknya diabisin sendiri aja ndoroo heheh...

      Hapus
  5. rajin amat mba...saya mah didapur sendiri aja jarang masak apalagi di dapur orang...he he. anak2 suka nih bakso udang begini apalagi kalo kuahnya pake rebusan kulit+kepala si udang, top dah ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya kalo pake kepala dan kulitnya katanya lebih gurih...

      masak sendiri karena di rumah bumer, bibi yang biasa masak suka pake MSG gitu..jadinya mending masak sndr aja dee...:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^