Peanut Butter

Peanut Butter
Terbuat dari kacang tanah yang diblender halus bersama dengan gula, minyak dan sedikit garam...

Kalo diliat-liat, ini lebih mirip bumbu pecel daripada selai kacang heheheh... maklum, tiba-tiba oon pas lagi nge-eksekusi bahannya. Harusnya kacangnya dikupas dulu baru diblender biar cantik. Udah gitu, minyak yang dimasukin juga kebanyakan, karena lupa pas di chocolate peanut butter yang saya buat dulu itu, pakenya berapa sendok yah... buka leppie buat ngecheck pun males, alhasil, semua bahan digabres masuk ke blender dengan takaran sesukanya. 

Jadinya... sehari semalem diblender, kacangnya gak halus-halus... serius...beut.. tiap 5 menit kacangnya ditinggalin, ampe ketiduran, kelupaan terus diblender lagi, ditinggalin lagi, lupa deh, tau-tau besoknya pas diliat si kacang masih terkurung manis dalam blender, tobaat pemirsaa..... Karena udah bosen muter-muter tombol blendernya ya sutralah.. biarpun penampakannya terlihat kayak bumbu pecel, saya keluarian aja, dan setelah diicip rasanya teuteup oke, meski tampilannya nggak smooth... kesalahannya, kemungkinan besar karena jumlah minyak yang saya masukan terlalu banyak sehingga mata pisau blendernya keseleo terus tiap kali mau nge-gemek-gemek si kacang.

___________
Moral of the story?
Pastikan untuk selalu menyiapkan catatan jika hendak mengeksekusi resep baru, minimal gugling dulu lah, jangan sok tau deh intinya*ngikik


Peanut Butter

Peanut Butter


PEANUT BUTTER

Peanut Butter





170 gr kacang tanah sangrai [sebaiknya dikupas]
3 sdm gula pasir halus
2 sdm minyak goreng [sebaiknya dikurangi jadi 1/2 sdm saja]
Sedikit garam









Masukan kacang ke dalam blender, kemudian proses hingga halus. Tentunya apabila memiliki food processor, hal ini akan lebih mempermudah pembuatannya. Setelah kacang halus, tambahkan sisa bahan lainnya, proses lagi hingga kacang menjadi lembut, bertekstur halus dan berminyak. Biasanya jika memakai blender, tidak bisa sekaligus jadi. Proses penghalusannya harus dibantu dengan cara diaduk manual memakai sendok, kemudian proses lagi. Lakukan terus menerus hingga memperoleh tekstur seperti yang diinginkan. 


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



2 comments :

  1. Aq g bgt suka kacang tp kalau udah jadi selai apalagi manis, tinggal cari roti bisa deh habisin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama crackers juga enak aku abis setoples sendirian hihihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^