Mendol Tempe

Mendol Tempe
Mendol ini rasanya kayak sambel tempe, ada aroma kencur dan daun jeruknya... dan karena saya penyuka pedas, jadi cabenya pake cabe setan meseki cuma dua biji, mendol ini jadi pedes gak perlu dicocol sambel.. enak deh gurih & kulit luarnya renyah...


Bagi saya, orang Sunda, mendol tempe merupakan salah satu panganan yang agak asing. Kalo misalkan mendol ini tidak digoreng, mungkin jadinya sambel tempe aja. Tapi yang unik, setelah tempenya dihalusin sama bumbu, terus dibentuk bulat lonjong, digoreng deh... jadinya lebih gurih. 

Asalnya saya tertarik bikin ini, karena liat penampakannya di FB NCC, terus jadi penasaran cara bikinya gimana. Akhirnya selidik punya selidik ini gak beda-beda jauh sama sambel tempe, bedanya ya digoreng itu. Langsung penasaran deh sama mendol ini, karena komposisinya pake kencur dan daun jeruk. Saya memang suka banget sama masakan yang ada kencur atau daun jeruknya. Jadi langsung bikin, meskipun kemudian resepnya saya modif sendiri. Disesuaikan lah sama lidah saya.

Khasnya dari mendol tempe ini katanya memakai tempe yang sudah agak berbau, cuma karena saya nggak begitu doyang dengan tempe berbau aneh itu.. saya sih pake tempe yang jamurnya masih oke, belum berbau ketek jin heheh... Tapi kalo temen-temen pengen dapet sensasi "khusus" dari mendol ini, silahkan pake tempe yang sudah diinepin beberapa hari dan sudah beraroma smriwing khas tempe bosok...*kebayang kan tempe yang agak berbau gt?

______
*Membuat mendol ini harus agak berhati-hati karena tempenya gampang banget ambyar, makanya pas dibentuk, sebisa mungkin tempenya dipadatkan dahulu kemudian  digoreng dengan hati-hati. Saya lihat di beberapa resep, sebelum digoreng tempenya dicelup ke dalam larutan tepung bumbu dulu, mungkin supaya tempenya tidak buyar. Pilihan terserah sama temen-temen, kalo khawatir ambyar mengerikan, sebaiknya dicelup dulu, kalo pede bisa bikin mendol mulus ya langsung goreng aja hehehe...


Mendol Tempe


MENDOL TEMPE


Mendol Tempe







250 gr tempe, kukus sebentar
2 buah bawang putih
1 buah bawang merah
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
1 cm kencur
3 lembar daun jeruk, buang tengahnya, iris halus
3 buah cabe rawit [yang puedes yah..]






Haluskan bawang, kencur, gula, garam dan cabe, kemudian masukan kukusan tempe, ulek lagi hingga halus. Cicipi dahulu, apabila rasanya sudah pas, bentuk bulat/ sesuai selera. Cara membentuknya jangan lupa sambil dipadatkan, jadi sebaiknya kepalkan dulu supaya tempenya nyatu, baru dibentuk. Cara ini dilakukan agar tempe tidak ambyar pada saat tempe di goreng.

Panaskan minyak, lalu goreng mendol tempe hingga kekuningan. Pada saat dibalik, lakukan dengan hati-hati. Angkat, sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^