Klepon

Klepon
Klepon merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan dan ubi jalar, diberi isian gula merah kemudian dilapisi kelapa parut. Pasti udah pada tau lah... macam mana rasanya klepon itu...


Tumben, hari ini teriiik banget. Padahal biasanya mendung seharian. Sebenarnya saya gak berniat bikin apa-apa hari ini, mau tiduran aja sambil baca-baca ebook. Tapi karena yang dibacanya buku dan majalah tentang makanan jadi gatel juga pengen bikin sesuatu. Apalagi pas nemu resep klepon, kayaknya gampang. Meskipun sebenarnya saya gak lagi pengen makan klepon, gak ngefans juga sama klepon, cuma karena saya punya ubi jalar kukus yang dibekuin di kulkas, dan khawatir kondisinya keburu kadaluarsa akhirnya setelah nemu resep ini langsung dieksekusi.

Resepnya saya dapat dari majalah sedap, edisi berapa nya mah ntar deh di apdet, pokoknya resep ini dari majalah Sedap aja. Nah resep aslinya klepon ini memakai ubi ungu, tapi karena saya adanya ubi kuning, jadi pake yang ada aja deh. Terus di resep aslinya, harusnya memakai kapur sirih, tapi saya skip dan saya tambahkan tepung kanji untuk membuat teksturnya lebih kenyal. Jadi, resep yang saya tulis dibawah, sudah dimodifikasi dari resep aslinya yah... ^^


Klepon

KLEPON
Source: Majalah Sedap









200 gr ubi jalar, kukus, haluskan
100 gr tepung ketan
25gr tepung kanji
1/8 sdt garam
75 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
75 gr gula merah, sisir halus

[Campurkan, kemudian kukus]:
100 gr kelapa parut
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan




Campurkan ubi jalar, garam dan tepung ketan, tuangi santan lalu uleni hingga rata. Ambil sedikit adonan, buat lubang di tengahnya, kemudian beri 1/2 sdt gula merah. Tutup adonan, kemudian bulatkan. Lakukan sampai semua adonan habis. Rebus adonan ini di dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat, tiriskan sebentar, lalu gulingkan di atas kelapa parut. Sajikan hangat atau dingin.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




14 comments :

  1. yaaaahh... D tanyain labu malah bikin klepon dia...
    Aya budak nu bisulan kitu teh???
    Hehehe...
    Abdi geus ngadamel jebra kek, geuning susssaaaahh d publish na...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kalo bisulan obatnya pake klepon ya teh? kereen ga usah ke dokter dong yah hhehehehe...

      iya teh, barusan di dashboard ada pas dicklick, katanya udah dihapus kenapa yah? lagi lemot kali koneksinya?

      Hapus
    2. hahaha...
      Ya gitu deh, kl udah berobat brrkali-kali blm smbuh2, d saranin shodaqoh etah klepon...
      Hahay... Apa hubungan'y ya klepon ama bisul...? Mungkin jaman dulu yg ngarang'y ga ada kegiatan jd puter otak dan sukses smpe kebawa2 smp skrg... Hmmmm... Atuh d daerah sy sih msh ada aja yg percaya begituan teh... Ky'y sulit ilang'y...

      Hapus
    3. hihihi..kyk di aku kl gondongan hrs nempelin nasi ke gondongannya itu, trs kasih nasi td ke anjing, katanya gondongannya jd pindah..hehe...

      Hapus
    4. ari gondongan = gondok ya teh???
      Nah, ari gondok ada hubungan'y ama amandel gak???

      Trus, peran anjing d kasih nasi itu dr mana sambungan'y ya???
      Memang hebatnya orang jadul tu... Ga nyambung tp tetep aja d lakoni....
      Hmmm...
      Boleh lah kapan2 daku mau ngarang yg begituan... Hehe..

      Hapus
    5. iya penyakit gondok gt mbak...
      wah kurang tau nyambung apa nggaknya...heheh


      nah katanya nanti kalo si anjing makan nasi tadi, penyakit gondoknya pindah ke anjing, jadi orangnya sembuh..

      bener apa nggaknya sih, wallohua'lam:D

      Hapus
  2. eh iya, etah jempol seksoy pisan euy....
    Wkwkwkwkw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi...saking mati gaya nya nih teh, aku dah bingung style-nya kayak gimana ya udin sambil dicemilin dijepretin aja... jadi pas sesi potret memotretnya beres, kleponnya abis..:D

      Hapus
    2. keren kok...
      Selain itu kan gak usah repot bebenah, termasuk bebenah kleponnya juga kan at the same time... Gkgkgkgkgk....

      Hapus
  3. gulanya menggoda, jadi pingin bikin nih teh.... tapi ga punya ubi atuh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ada klepon yang versi kentang nya mbak yu... aku sih belum pernah nyobain, tapi kayaknya seru juga...tadi aku intip di mari,http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/9345/klepon-kentang- jadi pengen..:D

      Hapus
  4. Kemarin aku bikin klepon yg singkong mba, hehe rasanya kayak makan getuk...lebih enak yg ubi gini...apalagi kalo gulanya bisa sebanyak ini, mak nyusss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klepon singkong? belum pernah nyobain...
      soalnya saya suka yang gulanya meleleh2 gt mbak, makanya isiannaya banyak:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^