Veggie Potato Stick [for Kids]

Veggie Potato Stick
Ini tuh mirip-miriplah sama perkedel kentang, bedanya dari segi bahan lebih banyak dimasukin sayuran terus dikukus dulu baru deh digoreng. Cuma digorengnnya gak pake banyak minyak... Jelas lebih sehat donk..



Sebenarnya ini camilan buat KeiKo, tapi habis nya sama emak heheh... 
Ini merupakan salah satu camilan yang sehat karena di dalamnya udah mengandung telur, sayuran, keju, dan cara memasaknya yang lebih kayak dipanggang sih, soalnya pan nya cuma dioles dengan sedikit butter atau minyak goreng. Tapi jangan ragu pemirsa, soal rasa mah endyang pisan. 

Judul asli dari resep ini bukan veggie potato stick tapi homemade veggie frenchfries, yang terinspirasi dari resep di blognya teh Ridha. Cuma karena pada tahap pelapisan tepung sagu, ternyata adonannya terlalu lembek, sampai-sampai nggak bisa dipotong-potong. Mungkin karena saya kelupaan membungkus tutup kukusannya dengan serbet. Jadi uap airnya menetes ke dalam adonan, makanya jadi lembek. Kalo sudah begini, adonan jadi tidak keras, makanya saya harus membentuknya secara manual. Tadinya mau dibentuk ala frenchfries, persegi panjang gitu... tapi ternyata susah juga pemirsa... akhirnya jadi lonjong deh. Ah tapi gak apa-apa lah,  yang penting rasanya teteup lezatoss ya gak?*menghibur diri...



Read more...


Veggie Potato Stick


VEGGIE POTATO STICK


Veggie Potato Stick





300 gr kentang kupas, kemudian kukus, haluskan
1 butir telur
1 putih telur
2 tangkai daun bawang, iris halus
3 tangkai seledri, iris halus
1 buah wortel, serut halus
75 gr keju parut
1/2 sdt merica 
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam


3 butir bawang merah, iris halus
3 butir bawang putih, iris halus
2 sdm minyak goreng.


Tepung sagu/maizena untuk pelapis
sedikit butter/minyak untuk mengoles pan






Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak hingga kecoklatan, angkat. Campurkan semua bahan kecuali tepung sagu dan butter. Aduk hingga rata. Siapkan loyang, oles dengan minyak. Masukan adonan lalu kukus selama kurang lebih 15 menit, jangan lupa membungkus tutup kukusan dengan serbet bersih. Setelah 15 menit keluarkan dari kukusan, dinginkan.


Potong adonan sesuai selera, atau kalau terlalu lembek seperti punya saya, bentuk manual saja. Gulingkan di atas tepung sagu atau tepung maizena, hingga seluruh permukaanya terlapisi dengan rata. Lakukan sampai habis, kemudian bekukan. Apabila hendak dimakan oles pan dengan sedikit minyak atau butter lalu goreng hingga kecoklatan. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. klo yg ini saya jg doyaaann ^^

    BalasHapus
  2. cemilan yang sehat :) sukaaa...

    BalasHapus
  3. Waaah udah dicobain ya teh resepnya.keren ih fotonya.

    Kalo kelembekan berarti kebanyakan telurnya.fungsi telur hanya utk merekatkan.biasanya saya sendokin sambil di lihat adonan tdk terlalu encer teksturnya sebelum dikukus.

    Biar lebih gampang angkat adonan nya.biasanya saya alasi terlebih dulu pake lembaran alufoil di loyangnya. Jadi klo udh mateng bisa diangkat nya gampang dari tempat kukusan/loyang. Biarkan dingin,stlh teksurnya agak padat baru dipotong2. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya kali yah hihihi...
      kayaknya lain kali harus dicoba lagi nih..
      makasih ya teh:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^